• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Udah Pada Tau Belum? Parkir Kendaraan di Depan Rumah Bisa Kena Sanksi Loh!

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Udah Pada Tau Belum? Parkir Kendaraan di Depan Rumah Bisa Kena Sanksi Loh!

Mungkin Agan dan Sista sering lihat orang – orang yang seenaknya markir mobil mereka di depan rumah, entah itu rumahnya sendiri atau rumah orang lain. Mungkin sekilas kita melihat kejadian seperti ini udah biasa, karena emang banyak dilakukan, apalagi di pemukiman yang padat dan jalanya yang gak terlalu besar. Pada kondisi seperti ini biasanya lalu lintas disekitar situ bakalan sedikit keganggu karena adanya mobil yang parkir di depan rumah.


Terima atau gak terima, tindakan parkir di depan rumah yang mengganggu lalu lintas bisa dikenai sanksi loh GanSis. Ane bukannya mengada – ngada, tapi ini emang ada aturannya GanSis. Jadi yang namanya jalan umum, itu gak boleh difungsikan sebagai tempat parkir oleh siapa pun, karena akan mengganggu kelancaran lalu lintas disana.

Aturan ini tuh ada di UU No. 22 tahun 2009 pasal 275 ayat 1, yang bunyinya:

Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000, 00. Tuh GanSis, aturannya udah jelas loh. Walaupun kurungannya cuman 1 bulan, tapi itu lumayan mencoreng kelakuan baik loh...hehe

Nah buat Agan dan Sista yang pengen beli mobil, alangkah baiknya garasinya atau tempat naro mobil di dalam pekarangan rumah disiapin dulu, jangan sampai parkir di depan rumah dan menggangu orang lain. Atau mungkin yang ga ada garasi, bisa naro mobilnya di parkiran umum atau nyewa tempat parkir di dekat rumah.

O iyah GanSis, selain melanggar aturan, parkir mobil di pinggir jalan juga dapat diperkarakan secara perdata loh, itu pun jika terbukti melanggar hukum dan merugikan orang lain. Ini sesuai dengan pasal 1365 KUHP perdata, perbuatan melawan hukum dan menimbulkan kerugian. Jadi, jika warga sekitar merasa keberatan dan dirugikan dengan adanya mobil yang parkir di depan rumah, mereka bisa melakukan gugatan perwakilan kelompok.

Tuh GanSis, cukup jelas lah ya, jadi mulai sekarang jangan parkir mobil di depan rumah ya, takut ganggu pengguna jalan lainnya.

decepticon2301
decepticon2301 memberi reputasi
1
3.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.