orgasmaxAvatar border
TS
orgasmax
MBTI Personality Type, Anda cenderung kemana?
Viewer Discretion


Warning !!! Tulisan ini jangan terlalu diyakini, ini hanyalah buat hiburan untuk menambah warna saat anda ngobrol ngalor ngidul mengisi waktu luang anda. Kalo memang berguna ya syukur Alhamdullih deh.


What is MBTI  ( Myers_Briggs Type Indicator ) ? Makhluk naon sih ? 
yuk kita bahas dengan cara yang santai dan demokratis.




Jadi ane sendiri sekitar tahun 2005 kalo gak salah pertama ikut MBTI ya lumayan lah pengen melihat cerminan personality diri sendiri gratis juga lumayan ( yang bayarin kantor sih hehe ).

Nah Trit ini sendiri awalnya dari pengamatan ane terhadap ID seseorang....di forwed siapa lagi kalo bukan sista Lazyistj91..ane emang suka perhatiin dan berpikir apa makna dari id itu dan mungkin ane yang pertama menebak makna dari ID sista tsb...dan memang ane pikir sangat relevant dengan posting2nya serta cara ybs merespon posting2 sahabat forwed lainnya.

Jadi kalo bicara sejarah bisa gugel langsung ajalah ya.intinya ini Ibu dan Anak Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers...Awalnya sih si Mommy ini mungkin rada kepo sama calon hubby anaknye yg bernama Clarence Myers si Mommy melihat calon mantunya itu punya cara pandang berbeda terhadap dunia...lalu singkat kata tu ibu anak mengembangkan penelitian terhadap MBTI terutama pada saat perang dunia berlansung maksudnya mereka berpikir dengan mengenali type personality seseorang ( saat itu khususnya ditujukan buat cewek2 yang mau kerja ditengah suasana perang dunia ke-2 dmana segala sumber daya dikerahkan untu memenangi perang ) maka akan lebih mudah pula seseorang tersebut untuk bekerja sama dengan lebih efektif.

Variabel Apa aja yang ada dalam MBTI 

1. Lebih Fokus kemana Kamu : 
  - Extraversion  : Banyak bacot, outgoing, suka dalam lingkungan yang "heboh", suka adu gagasan sama temen2, suka menjadi pusat perhatian.
  - Intraversion  : Rada kalem, lebih suka dalam lingkungan yang "tenang", lebih banyak olah ide2 dikepala sendiri, lebih suka mengamati lingkungan.


2. Gimana kamu menyikapi informasi yang masuk :
 - Sensing : Fokus kepada reality apa yang terjadi, liat fakta dan detail, lebih suka ide yg bisa dipraktekan, menjelaskan sesuatu dg spesifik dan "in a literal way".
 - Intuition : Membayangkan kemungkinan2 apa yang akan terjadi, Melihat gambaran besar dan gimana beberapa hal itu terkait, Menyukai ide2 dan konsep2,  suka menjelaskan dengan "figuratively speaking" / pake kiasan...atau rada2 drakor2 gitu deh.


3. Gimana kamu mengambil keputusan :
 - Thinking : Bikin keputusan dengan alasan logis, bukan karena atau ttg someone, fairness dan berkeadilan, mencermati titik lemah/kesalahan dalam argumentasi, dicap sebagai orang yg masuk akal.
 - Feeling : Bikin keputusan dengan nilai2 pribadi dan melihat efeknya thd orang lain, menyukai harmony dan forgiveness. suka menyenangkan orang dan memuji kelebihan seseorang. dicap sebagai orang yang hangat dan ber-empati.


4. Gimana kamu meyikapi "dunia" luar :
 -  Judging : Lebih suka permasalhan settled, aturan dan deadline diperhatiin bener2 dah, lebih suka  instruksi yg step by step dan detail, membuat rencana2 dan kira2 apa yg akan terjadi.
-  Perceiving : Lebih suka pilihan2 terbuka, rules dan deadline lebih fleksibel, suka improvisasi, suka hal2 spontan, kejutan dan hal2 baru.


Nah dari 4 point diatas teradapat type of personality

E - I - S - N ( intuition ditulis "N") - T - F - J - P

Tentunya masing2 orang bisa jadi memiliki keseluruhan type personality tersebut hanya saja biasanya ada kecenderungan dari masing2 orang lebih dominan pada type tertentu. Jadi dari type of personality tersebut kemudian dikombinasikan menjadi 16 type of personality ala MBTI.



Nah agan sista jika ingin mengetahui kira2 agan sista lebih condong ke type apa tentunya harus mengikuti suatu test MBTI itu sendiri yang dirancang untuk melakukan pendekatan terhadap pengenalan type of personality. Tapi agan sista tentu bisa menebak2 juga keknya dari apa yang ane comot2 dari berbagai sumber diatas...kira2 lebih dekat kemana...Tentu ini bukan untuk menunjukkan yang terbaik atau bukan karena test ini dilakukan lebih kepada mencocokan tipe kepribadian dengan pekerjaan. Tentu akan menyiksa bagi seorang yang hobi gaul hobi jalan banyak bacot bekerja di laboratorium kimia misalnya...mungkin orang model gini akan lebih jos gandos diposisi marketing kali ya.

Oke gitu aja deh...tetap semangat ya gaesss...
Diubah oleh Life In Mono 11-11-2019 23:21
tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.