flooooooAvatar border
TS
floooooo
5 Tips Hemat Tanpa Menderita
             

Sebagian besar masyarakat hidup dari gaji ke gaji. Gaji tetap namun kenaikan biaya hidup semakin meningkat. Jangankan untuk menabung terkadang sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun masih sulit. Ditambah lagi jika besar pasak daripada tiang. Maka kesulitan akan berlipat ganda. Itulah sebabnya perlu adanya perencanaan keuangan yang baik. Salah satunya dengan berhemat. Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan:


1. Beli karena Butuh, bukan karena Ingin.

Jika biasanya kita membeli barang dengan spontanitas atau berfikir selama setengah jam, cobalah untuk memikirkan pertimbangannya selama satu hari. Apakah barang tersebut benar-benar anda butuhkan atau hanya sekedar keinginan. Atau dengan kata lain anda harus disiplin terhadap pengeluaran.


2. Jauhi Godaan Penyebab Boros

Mengikuti ajakan teman-teman nongkrong atau shoping di tempat mahal, membelikan pasangan barang-barang mahal, game online berbayar merupakan beberapa godaan-godaan yang bisa menyebabkan kita kesulitan untuk mengontrol keuangan. Jika memang itu yang menyebabkan kita boros, maka penting untuk kita mengubah cara dan mencari solusi untuk menghindari hal-hal tersebut. salah satunya dengan mengisi waktu luang kita dengan nongkrong di tempat-tempat seperti taman kota, kedai kopi sederhana, atau jelajah alam yang tentunya kegiatan-kegiatan tersebut dapat lebih bermanfaat dan membantu kita dalam berhemat.

3. Beli Barang Multiguna

Sebagai contoh jilbab. kita bisa membeli jilbab dengan warna netral dan bahan fleksible. Sehingga kita bisa menggunakannya dipasangkan dengan berbagai macam pakaian serta bisa dipakai dibanyak acara. Misal jilbab warna hitam dengan bahan katun/sifon. Bisa kita pakai bekerja, kondangan, pengajian, nongkrong, takziah, atau bahkan belanja ke pasar. Jilbab yang sama dengan gaya model dan cara pakai yang bervariasi. 

4. Miliki Tujuan Besar

Membeli rumah, membeli lahan, punya bisnis baru atau menjadi donatur sosial. Jika kita punya tujuan yang besar maka kita akan berusaha bagaimanapun caranya untuk mencapainya termasuk dengan cara berhemat. 

5. Punya Tabungan

Bagi keuangan menjadi beberapa bagian. Pertama, uang konsumsi yang kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Kedua, uang talangan yang kita pakai untuk jaga-jaga apabila ada pengeluaran tidak terduga. Ketiga, uang tabungan yang kita simpan yang tidak boleh kita gunakan untuk hal-hal lain. Hanya murni untuk kita tabung. Keempat, uang usaha yang kita gunakan untuk mengembangkan usaha atau bisnis kita.


Demikian 5 tips hemat ala saya, intinya agan dan sista semua mesti pinter-pinter memilah dan memilih mana yang worth dalam pengeluaran. barangkalin agan dan sista ada tips-tips atau pengalaman dalam berhemat dan mengatur keuangan, boleh di drop di kolom komen. semoga bermanfaat yaaa emoticon-Cendol Gan
siapika
ridaus48
lina.wh
lina.wh dan 30 lainnya memberi reputasi
31
11.1K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.