hardlenAvatar border
TS
hardlen
Tips Atasi Rasa Cemas Jelang Hari Senin

Ilustrasi. (Pixabay)

Terdapat dua suasana hati di hari Minggu, senang dan sedih. Senang karena masih dapat bersantai dan dapat melakukan apa saja yang kita inginkan di hari libur tersebut, namun juga bisa sedih mengetahui bahwa besok sudah Senin.

Banyak orang yang acap kali mengeluh dan cemas lantaran mengetahui waktu bersantai di akhir pekannya akan berakhir di hari Minggu. Pada sebuah studi yang dilakukan The Sleep Judge, sekitar 81 persen dari seribu partisipan mengungkap bahwa mereka menjadi cemas saat akhir pekan selesai.

Sekitar dua dari tiga partisipan bahkan mengaku bahwa mereka mengalami sulit tidur pada Minggu malam. Kondisi ini umumnya diakibatkan oleh rasa cemas yang datang dari beban pekerjaan di hari Senin. Bahkan orang yang mencintai pekerjaan mereka juga dikabarkan ikut cemas terhadap ekspektasi serta beban pekerjaan mereka yang berlebihan.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan guna mengatasi rasa cemas terhadap berakhirnya akhir pekan dan tetap ceria dan semangat dalam menyambut hari Senin.

1.      Olahraga

Olahraga bisa menjadi pilihan tepat untuk atasi rasa cemas. Mengeluarkan keringat telah terbukti dapat mengurangi rasa cemas bahkan depresi, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan banyak hal lain yang bermanfaat untuk mengatasi rasa cemas di hari Minggu.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, melakukan olahraga aerobik hanya dalam lima menit bisa mengurangi kecemasan. Studi lain juga mengungkap bahwa aerobik juga dapat meningkatkan kemampuan memori verbal dan pembelajaran.

2.      Intim dengan alam

Mengutip laman CNNIndonesia.com dari CNN Health, sebuah studi yang dipublikasikan pada bulan April lalu menemukan bahwa dengan berjalan simpel di taman selama 10 menit dapat menurunkan kadar hormon kortisol, hormon yang menyebabkan stres. Bahkan akan lebih baik bila dilakukan tiga kali seminggu.

Pada satu studi tahun 2013 di Inggris juga menjelaskan bahwa hanya dengan berjalan dan menikmati pemandangan tanaman dan pohon hijau di sekitar mampu membantu otak lebih rileks dan tenang.

3.      Hindari konsumsi alkohol

Beberapa orang memilih minum alkohol untuk atasi rasa cemas mereka. Nyatanya, kandungan pada alkohol dapat mengganggu pola tidur dan mengurangi kualitas tidur di malam hari.

“Alkohol dapat membuat mata terus bergerak dengan cepat saat sedang tidur serta bisa menurunkan kualitas tidur. Hal tersebut menyebabkan Anda bangun dalam dengan keadaan yang tak segar” ungkap Rebecca Robbins, peneliti dari Department of Population Health di NYU Langone Health, kepada tim CNN.

4.      Hindari kerjaan di ponsel

Dengan mengurangi pemakaian ponsel di hari Minggu juga dapat membuat rasa cemas semakin menurun. Cobalah hindari email masuk yang terkait dengan pekerjaan juga telepon masuk yang kurang penting. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi rasa rileks di hari Minggu.

Bahkan jika merasa kurang, buatlah ruang tidur atau ruang istirahat menjadi zona bebas teknologi. Jangan biarkan satu gawai pun mengganggu ketenangan. Untuk mengisi daya baterai ponsel, isi dan taruh di luar ruangan dan Anda juga bisa matikan data seluler ponsel.

5.      Suasana tidur yang nyaman

Tidur yang baik adalah tidur dengan durasi antara tujuh sampai sepuluh jam tiap malam. Jika mengalami kondisi sulit tidur, Anda dapar melatih otak untuk menemukan cara serta pola tidur yang lebih baik.

Pertama, atur lingkungan dan suasana tidur menjadi lebih santai dan nyaman. Gunakan kasur, bantal, serta selimut yang bisa membuat Anda merasa tenang. Atur pula suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Hal ini tentu bisa membuat Anda merasa tenang dan tidak cemas untuk hadapi hari Senin.

Diubah oleh hardlen 04-11-2019 08:33
naftalena007
siapika
lina.wh
lina.wh dan 14 lainnya memberi reputasi
15
5.4K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.