Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

YumnaAzaleaAvatar border
TS
YumnaAzalea
Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Begini Cara Mencegahnya

Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Begini Cara Mencegahnya

Pada Selasa, 5/11, warga Cakung, Jakarta Timur dikejutkan dengan adanya suara ledakan dari salah satu rumah warga. Suara ledakan tersebut ternyata berasal dari septic tank yang baru saja disedot oleh petugas. Untuk meyakinkan pemilik rumah bahwa penyedotan septic tank telah selesai, petugas penyedot WC membakar selembar koran kemudian memasukkannnya ke dalam lubang septic tank. Nahas, usai koran yang terbakar dimasukkan, ledakan terjadi hingga membuat petugas terperosok ke dalam lubang septic tank dan meninggal dunia.


 
Mengapa bisa terjadi ledakan?

Septic tank merupakan tempat penampungan kotoran manusia yang di dalamnya terkandung gas metana. Proses pembentukan gas ini disebut sebagai proses anaerobik yang terjadi karena adanya aktivitas mikroba alami. Dalam proses ini, mikroba mengonsumsi, menguraikan kotoran manusia dsn menghasilkan gas metana. Sifat dari gas metana ini ialah mudah terbakar.

Dalam proses anaerobik ini, tidak boleh ada oksigen yang masuk karena akan menyebabkan bakteri anaerob mati dan proses penguraian kotoran manusia gagal. Hal ini pulalah yang menyebabkan septic tank dibuat di kedalaman tertentu, kedap udara, dan ada pipa saluran gasnya. Pipa saluran gas ini berfungsi untuk mengeluarkan gas metana yang telah dihasilkan. Apabila tidak dibuat saluran gas ini, maka gas metana akan mencari jalan keluarnya sendiri, sebagaimana sifat gas: memenuhi ruang yang kosong. Sumber

Kasus meledaknya septic tank bukan hanya sekali ini terjadi. Ledakan juga bisa dipicu apabila tidak terdapat pipa pembuangan gas sebagaimana gambar di bawah.

Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Begini Cara Mencegahnya


Upaya Pencegahan

Belajar dari kejadian meledaknya septic tank di Cakung, Jakarta Timur yang menyebabkan 1 orang tewas, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kejadian yang sama tidak terulang:

1.      Penyedotan
Idealnya, penyedotan dilakukan setiap setahun sekali. Hal ini untuk mencegah penggumpalan sisa feses. Feses yang menggumpal karena lama tidak disedot ini akan menjadi lumpur yang nantinya akan menyulitkan ketika melakukan penyedotan.  Namun, untuk septic tank yang baru dibangun penyedotan bisa dilakukan setelah tiga tahun.


2.      Pipa pembuangan gas
Sediakan pipa pembuangan gas agar gas metana yang dihasilkan keluar sempurna. Selain itu, jauhkan pula pipa pembuangan gas ini dari sumber api atau panas untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu pula ketika melakukan penyedotan, upayakan tidak merokok dan tidak menyalakan sumber api.

 
Itulah beberapa hal sepele tapi penting untuk diperhatikan. Bila Agan Sista mengetahui hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk mencegah ledakan septic tank silakan bagikan di bawah, ya. Yuk, sharing!

 


anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.2K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.