Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Jakban805Avatar border
TS
Jakban805
Burung Pengisap Madu yang Dinamai Iriana Jadi Ikon Satwa Nasional 2019
Burung Pengisap Madu yang Dinamai Iriana Jadi Ikon Satwa Nasional 2019
Spesies burung baru ditemukan di Pulau Rote yang dinamai Iriana (dok KLHK)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2019. Burung pengisap madu asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang nama ilmiahnya memakai nama Ibu Negara, Iriana, diumumkan sebagai Ikon Satwa Nasional 2019.

"Telah terpilih sebagai Ikon Puspa Nasional Tahun 2019 adalah Saninten (Castanopsis argentea) dan sebagai Ikon Satwa Nasional yaitu Burung Isap Madu Rote (Myzomela irianawidodoae)," demikian sambutan Menteri LHK Siti Nurbaya yang dibacakan Kabiro Humas KLHK Djati Witjaksono Hadi, Sabttu (9/11/2019).

Baca juga: Ini Ciri-ciri Burung di Pulau Rote yang akan Dinamai Iriana

Acara ini digelar di Area Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dengan mengangkat tema 'Membangun Generasi Milenial Cinta Puspa dan Satwa Nasional untuk Indonesia Unggul'. Penetapan Ikon Puspa dan Satwa ini untuk memperkenalkan serta mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati sebagai aset yang harus dijaga dari kepunahan di habitat aslinya di alam Indonesia.

Burung Isap Madu Rote ditemukan peneliti biologi LIPI pada Okober 2017 lalu. Habitat burung kecil berukuran panjang tubuh 11,8 cm ini berada di hutan, semak-semak, kebun, dan pohon yang sedang berbuah. Ia juga menyukai serangga kecil seperti laba-laba.

Burung Pengisap Madu yang Dinamai Iriana Jadi Ikon Satwa Nasional 2019
Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2019 (Foto: Dok. KLHK)

"Pemberian nama Ibu Negara atas burung ini sebagai wujud penghargaan kepada Ibu Iriana Joko Widodo, yang dinilai sangat memperhatikan kehidupan burung. Burung Iriana ini masuk dalam keluarga Meliphagidae di mana semua jenisnya merupakan burung dilindungi. Ancaman burung ini cukup tinggi, karenanya para peneliti merekomendasikan agar IUCN (Badan Konservasi Dunia) agar memasukkannya dalam kategori rentan/vurnerable," bebernya.

Sementara pohon saninten ialah pohon yang tumbuh di hutan campuran tajuknya lebat dengan buah mirip rambutan. Namun rambut pada buah Saninten sangat keras.

"Untuk membukanya diperlukan alat pemukul. Buah Saninten sangat disukai monyet dan aman dikonsumsi oleh manusia. Buah Saninten yang matang akan pecah dengan sendirinya. Di masa lampau, anak-anak di Jawa Barat mencari buah Saninten di hutan sambil bermain," demikian kata KLHK seperti diunggah dalam Instagram-nya.

Pameran Kehati Nusantara Expo 2019 diselenggarakan pada 8 November-8 Desember. Selain pameran, serangkaian kegiatan juga akan diselenggarakan di antaranya meliputi pementasan seni, lomba melukis dan mewarnai, lomba desain filateli/perangko, lomba fotografi dan lain sebagainya.


Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-4778600/burung-pengisap-madu-yang-dinamai-iriana-jadi-ikon-satwa-nasional-2019?single=1

Quote:


Waah Ternyata Bu Iriana Sangat Memperhatikan Kehidupan Burung yaa..emoticon-Malu
Diubah oleh Jakban805 09-11-2019 19:02
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.4K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.