alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
172
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc4e255a2d1954dcf519515/cerita-dektetif-kriminal-dan-spionase-sepanjang-usiaku-mana-favoritmu
Cerita detektif yang bagus mengajak pembacanya untuk ikut berpikir dalam memecahkan kasus yang diceritakan. Cerita teka-teki, yang menantang untuk aku baca. Dengan tekad bulat mencoba mengungkap dan menemukan siapa sih penjahat yang sesungguhnya? Apa modusnya?
Lapor Hansip
08-11-2019 10:34

Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?

Past Hot Thread
nick carter



Cerita detektif adalah salah satu karya fiksi yang sangat menarik hati dan menggoda. Cerita yang menyajikan kehebatan tokohnya dalam mengungkap setiap kasus pembunuhan, kasus kejahatan, kasus pencurian, atau pun kasus misteri kriminal yang lain.

Yang paling terpentingan adalah TEKA-TEKI-nya itu yang bikin greget.



jagat


Cerita detektif yang bagus mengajak pembacanya untuk ikut berpikir dalam memecahkan kasus yang diceritakan. 

Kali ini Ki Jagat Alit ngubek cerita dektektif, baik komik, majalah dan novel yang pernah aku baca dari kotak ingatan yang semakin sering lupa.

Cerita teka-teki, yang menantang untuk aku baca. Dengan tekad bulat mencoba mengungkap dan menemukan siapa sih penjahat yang sesungguhnya? Apa modusnya?

Namun sepanjang usiaku, tingkat keberhasilan menebak hanya 10 % lah.

Selalu salah dan selalu memberikan efek kejutan.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Malumaluemoticon-Maluemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
Namun, inilah yang menjadi daya tarik aku dulu menyukainya, membaca yang harus pakai mikir, mikir, mikir dan KLENGER.

Perlu diingatkan, banyak cerita detektif yang lain. Ini hanya sebagian kecil saja YANG PERNAH aku baca.

Sejujurnya ceritanya aku sudah lupa isinya, hanya tinggal judul, pengarang, tokoh, dan genre cerita yang masih kuingat. ( Lama banget ya antara 30 - 40 tahunan yang lalu )

Kalau ada yang masih ingat ya paling 40 % maklum faktor U, dan RAM sudah penuh. Tapi tak berpengaruh dengan niatku untuk berbagi pengalaman.

Jika ada yang lain, silakan ditambahkan di kolom komentar supaya trit ini menjadi lengkap.


Aku memang suka membaca dari kecil tepatnya saat SD sampai sekarang sudah TUWIR. Sumber bacaan aku peroleh, bela-belain jadi anggota perpustakaan di mana-mana baik gratis, maupun tempat sewa komik. Atau cari temen yang punya perpustakaan. Sambil menyelam malah kelelep emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Aku punya referensi bacaan apa pun model dan genrenya lumayan banyak. Semua itu karena jasa temen se-Geng dulu, main banyak-banyakan membaca maka jadilah begini Ki Jagat Alit yang Sok Tahu.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


1. Enid Blyton


lima sekawan


Ini adalah pengarang idolaku dari SD. Om Enid Bylton dengan bukunya LIMA SEKAWAN.

Enid Bylton atau Mary Pollock, penulis cerita anak dari Inggris.

Cerita petualangan, misteri dan dektektif cilik yang memanjakan imajinasiku ke tempat antah berantah.

Terdiri dari 21 jilid buku, kalo ndak salah sudah aku libas habis semua. Kisah 4 anak dengan seekor anjing yaitu Julian, Dick, Anne dan George serta anjing mereka, Timmy.

Salah satunya judulnya adalah
Lima Sekawan di Pulau Harta Karun. Pulau Kirrin yang keren banget.


Judul lainnya :
- Lima Sekawan Beraksi Kembali
- Lima Sekawan Minggat
- Lima Sekawan Sirkus.Misterius
dan masih banyak lagi.


Ini ceritanya seru abis, untuk anak usia SD sampai SMP lah.

Buku lainnya juga aku baca.
Pasukan Mau Tahu 15 buku tentang kisah petualangan 5 anak mengungkap misteri dan Sapta Siaga dengan tujuh anak 15 buku juga.

Seru... ini legend bingit buat aku.


2. Alfred Hitchcock


trio dektetif


Ini adalah kenanganku berikutnya. Aku membaca buku lintas usia. Apa saja aku baca. Buku, koran, majalah, komik, novel, buku ilmiah, pokoknya yang ada hurufnya aku sikat. Maka ndak heran usia aku SD, SMP buku-buku model cerita ini sudah aku baca.

Karya Alfred Hitchcock meskipun sebenarnya yang menulis beberapa pengarang lain, Robert Arthur Jr, William Arden, dan lain-lain.
Nama Alfred Hitchcock adalah nama bayaran dari penerbit supaya novel ini laku?

Kisah tiga detektif remaja, Jupiter Jones si gendut Fatty, Peter Crenshaw dan Roberts Andrews. Serunya mereka mempunyai Markas di dalam Truk Trailler yang tersembunyi tumpukan barang bekas. Keren. Waktu itu aku juga ingin punya markas seperti mereka juga.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Dengan rasa ingin tahu, peduli, keberanian, cerdik dan pinter mereka berhasil mengungkap banyak kasus misteri.

Bukunya antara lain:
- Misteri Rumah Hantu
- Misteri Nuri Gagap
- Misteri Bisikan Mumi dan masih banyak lagi.

Seperti Buku Trio Dektetif juga sudah aku libas habis sebanyak 43 judul.




3. Arswendo Atmowiloto

imung


Ini pengarang legendaris, siapa yang nggak kenal Oom Arswendo adalah wartawan dan pengarang yang sangat produktif.

Selain Imung, banyak bukunya yang jadi Legend seperti Novel Silat Senopati Pamungkas, Dua Ibu, Oskep dan lain-lian.

Untuk kisah Imung Detektif Cilik
awalnya dirilis di majalah HAI. Dektetif Tengil dan Jahil di tahun 1970 berbagai kasus pencurian, penipuan dan penganiayan dapat dipecahkan oleh remaja piatu ini. Padahal kasus-kasus itu membuat Polisi kebingungan. Kasus sederhana yang bukan bombastis bahkan terlalu membumi. Seperti kasus pencurian mangga, kasus balon yang hilang.

Dengan modal mencintai kebenaran, pikiran cerdas, menyukai teka-teki dan kebaikan hati. Semua kasus dapat diselesaikan.

Judulnya antara lain
- Pembajakan Pesawat Terbang
- Matinya Raja Batik
- Operasi Lintah

dan lain-lain.


4. Franklin W Dixon

hardy boys



Cerita dektetif dari Hardy Boys( atau Hardy Bersaudara) menemani imajinasiku akan kisah misteri dan penuh teka-teki kala aku berseragam putih biru dan putih abu-abu awal.

Bacaan top remaja pada jamannya. Karya para Ghostwriter yang mengatasnamakan Franklin W Dixon. Karakter dua remaja itu dibuat oleh penulis kondang Edward Staratemeyer.

Semula adalah permasalah lingkup sekitar hingga menangani kasus pembunuhan, kekerasan dan spionase internasional.

Buku yang menjampai 200 volume sangat terkenal di Amrik sono dari 1925 sampai 2005 meski banyak edisi revisinya, disesuaikan dengan jaman dan pertambahan usia karakter tokohnya menuju dewasa.

Petualangan yang seru memecahkan setiap kasus di dalam petualangan mereka.
Dua bersaudara Frank dan Joe anak dektetif swasta Fenton Hardy.

Dengan bahasa ringan, dan plot yang bagus, mengantarkan pembaca seakan ikut terjun dalam menyusuri setiap petunjuk hingga akhirnya menyelesaikan kasus.

- Harta Karun Rumah Menara
- Sindikat Pencuri Mobii
- Misteri Selat Penyelundup dan lain-lain

Hardy Boys ini separalel dengan tokoh gadis remaja bersaudara juga yaitu Nancy Drew
Masa anak-anak lewat, memasuki masa pradewasa.



5. Intisari


intisari


Ini adalah bacaan yang termasuk asyik menggelitik. Sebenarnya bukan buku saku tapi adalah majalah yang dibuat seukuran buka terbit dari tahun 1963.

Banyak informasi yang ada didalam majalah ini. Artikel, opini, sastra, otomotif, kesehatan, politik dan lain-lain. Enak bawa dan bacanya karena bentuknya hand book.

Tapi yang menjadi tujuan bacaku yang ada dibagian tengahnya dengan Judul Cerita atau Kumpulan Cerita Kriminal.

Aneka cerita kriminal baik dari dalam dan luar negeri tersaji dengan apik.

Pas dilalah tetanggaku ada yang langgangan majalah ini. Joss gandos.

Majalah ini terbilang umurnya sangat panjang dan sangat eksis sampai di jaman sekarang dengan format Intisari Online.

Contohnya
- Cekaka 13 dan Kelihatan Juru Ketik
- Huruf V yang Misterius
- Membunuh Demi Nafsu Berbelanja
dan masih buanyak lagi, karen terbitnya tiap bulan, lho.
-


6. Agatha Cristie


agatha cristie


Aku dari SMA sudah baca novel dektetif kelas dunia ini, dari cetakan resmi sampai yang stensilan juga sudah aku baca,15-an lebihlah.

Yang paling berkesan adalah Sepuluh Anak Negero.

Karya Ratu Dektetif atau Kriminal bin Misteri dari Invgris ini memang selalu keren.

Penjualan bukunya hampir miliyaran ekslempar. Berapa koin tuh ?

Agatha Cristie dengan tokohnya yang terkenal dektetif aneh dan pede Hercule Poirot yang selalu bangga ama kumisnya yang kayak Pak Raden.

Ada juga Miss Marple sebagai tokoh dektetif cewek.

Plotnya keren, detil, penuh teka-teki dan jebakan dan selalu berakhir dengan arah tak terduga. Hamoir sebagian besar novelnya, aku selalu salah menebak pelakunya.

Sekali bisa menebak sedikit ngawur, tapi nggak tau motifnya dan bagaimana melakukannya?

Pokok ndebest lah, susah nyeritainnya, baca aja langsung ya.

- Pembunuhan Di Sungai Nil
- Pembunuhan di Orient Express
- Pembunuhan di Stylies
- Lapangan Golf Maut

dan masih banyak lagi, hampir 100 an novelnya.


Tokoh Poirot juga pernah mati di Tirai sepertinya aku terakhir baca ini.

7. Sir Arthur Conan Doyle

sherlock


Ini juga penulis keren juga. Tapi tidak semaniak aku membacanya. Tokohnya adalah Sherlock Holmesdan Dr Watson.

Karangan seorang dokter dari Skandinavia Sir Arthur Conan Doyle.

Sherlock yanh selalu berciri pakai topi, kaca pembesar menjadi standar khusus ptoperti bagi peran dektektif selanjutnya.

Kemampuan menalar, ketajaman berpikir, menggunakan ilmu forensik serta pandai menyamar menjadi kekuatan karakternya.

- Penelusuran Benang Merah
- Empat Pemburu Harta
- Salam Terakhir dan lain-lainnya.

Yang menjadi unik hampir semua cerita dinarasikan oleh sahabatnya Dr Watson.

Sherlock Holmes tokohnya pernah dimatikan di Kisah Penutup.


Yang suka boleh coba, dan nikmatilah.




8. Erle Stanley Gadner


perry mason


Nah, ini aku sudah di Jakarta akses untuk baca dan beli buku terbuka lebar. Banyak perpustakaan banyak sewa komik dan bisa beli buku bekas di Pasar Senen, Blok M, Jatinegara.

Aku jadi langganan sewa buka di kelima wilayah Jakarta. Anggota Perpustakaan Umum Nasional, Perpustakaan Kuningan, Perpustakaan Lebak Bulus, belum lagi nyolong baca di toko Gramedia tiap minggunya libur kerja.

Baca buku yang kebuka, nggak pernah beli, siap-siap diusir satpam.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Pengacara kriminal Perry Mason adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Erle Stanley Gadner yang menjadi ciri khasnya bahwa hampir sebagian cerita melibatkan percobaan pembunuhan para kliennya. Detektif terkenal asal Amerika.

Tokoh lain yang selalu muncul di cerita dektektif ini adalah Paul Drake sahabatnya dan Della Street sekretaris dan kekasihnya.

Buku-buka hampir 80-an antara lain:
- Kasus Cakar Beludru
- Pembunuhan yang Ditunda
- Kasus Model Berkaki

dan masih banyak lagi.


9. S. Mara GD


mara



Nah, setelah terbang ke Inggris dan Amerika mendaratlah di Indonesia.

Kita tak kalah dengan yang lain ada banyak pengarang dektektif yang kita punya. Ini 3 penulis yang karyanya pernah aku baca.

S Mara Gd, boleh dibikang Agatha Christie-nya Indonesia.

Kapten Polisi Kosasih dan sahabatnya Gozali mantan penjahat. dibuat bingung karena satu pers satu orang yang mereka curigai ternyata mempunyai alibi yang kuat. 

Ramuan petualangan detektif, pemakaian logika dan humor sehari-hari menjadi kekuatannya.

Cirinya munculnya pertanyaan-pertanyan misteri yang menggiring pembaca menjadi penasaran dan ingin tahu. Plot teka-teki pertanyaan itu menjadi jembatan yang memperkenalkan S. Mara Gd dengan pembacanya.

Pada permulaan 1985 sebagi penulis produktif 30-an judul lebih sudah dibukukan dan melambungkan namanya.

Bahkan pada 2013, ketika novel-novel detektif terbaiknya diterbitkan ulang, penerbitnya menyematkan predikat “Penulis Thriller No #1 di Indonesia” di sampulnya.
- Misteri Dian yang Padam, l
- Misteri Gelas Kembar
- Misteri Cinta Segi Lima
- Misteri Gugurnya Sekuntum Dahlia

dan masih ada yang lain. Mulanya seorang perterjemah bukunya Agatha Christie akhirnya tertarik menulis novelnya sendiri.

Selain Kosasih Gozali ia juga membuat tokoh detektif sepasang Kekasih Daut Hakim dan Trista.




10. V Lestari


v lestari


Nggak kalah denga S Mara Gd. Ada penulis namanyaV Lestari tak kalah memukaunya.
Penulis wanita dengan tokoh wanita pula.
Biasanya bukanlah tokoh permanen yang jadi penyelidik. Setiap buku, tokohnya selalu berganti-ganti.

Sudah 30-an lebih buku yang diterbitkan.

- Cinta Seorang Psikopat
- Gazebo
- Pavilliun Maria
dan masih banyak lagi.



naga mas


naga mas


Ini adalah sang Legenda dari Indonesia sempat berjaya dari tahun 1952 sampai tahun 1980 dengan tokohnya Dragonodalam deketetif Naga Mas hampir 13 jilid buku saku. Saya pernah bacanya 1 jilid. Buku kertasnya warna coklat muda, hurufnya masih ejaan lama.
Lagi-lagi sayang koleksi saya lenyap sudah. Ini aku temukan buku ini di pasar kecil dekat Kali Brantas Surabaya.

Ee... ternyata ada terbitan baru dari Gramedia juga.

Tokoh detektifnya bernama Dragono dengan profesi wartawan majalah Kriminologi tadi, segera saja digemari oleh masyarakat luas.

Selanjutnya serial Naga Mas berturut-turut muncul sampai 13 jilid sebagai buku saku.”

Bukunya yang lain :

- Bisikan Maut
- Mr Mafia
- Buronan AIDS
dan ada beberapa lainnya.


Nah, untuk sentuhan terakhir, Novel Kriminal bernuansa agen mata-mata atau spionase. Berkisah aksi petualangan, pembunuhan, sindikat mafia, spion antar negara. atau kejahatan internasional.

Dua yang aku kulik saja, ya.
Kalo ini SMP akhir ke SMA lah, dari sinilah aku jadi maniak nonton Film James Bond 007 tak pernah absen dari semuanya udah aku tonton, juga seperti Renington Steel, Mission Impoasible.


11. Ian Fleming


007


Seri novel James Bond 007diterbitkan dari tahun 1952 sampai sekarang.
Novel besutan Ian Fleming seorang Jurnalis dan mantan intelejen di Angkatan Laut Kerajaan dari Inggris sampai wafatnya tahun 1964.
Nama James Bond terilhami dari nama ahli burung dari AS, setelah wafat dilanjutkan oleh penulis lain antaranya Kingsley Amis, John Gardner, John Pearson dll.

Mengisahkan seorang agen mata-mata Inggris M16 Komander Sir James Bond yang mempunyai lisensi membunuh dengan Kode 007 atau menjadi inisialnya James Bond 007.

Tokoh yang cerdas, pintar, menguasai seni berkelahi, menggunakan senjata, jago berjudi dan handal menjalankan semua alat transportasi dari pesawat komersial, pesawat tempur, helikopter, kapal cepat, mobil dan motor.

Sebagai ciri utamanya 007 selalu dilengkapi peralatan canggih,.senjata canggih, dan mobil canggih. Tak lupa para wanita-wanita cantik nan aduhai sesuai karakternya perayu wanita dan playboy.



Novelnya antara lain:
- Carthe Blance
- Thunder Ball
- Casino Royale
- Live and Let Die
- Moonraker

dan masih banyak lagi


12. Michael Avallone dll.


nick carter


Nick Carter adalah novel jadul banget terbit dari tahun 1890-an sampai tahun 1950.

Tidak jauh beda dengan James Bond.

Nick Carter adalah seorang Agen Rahasia AXE dari Washington USA.
Ahli bertarung, ahli senjata dan perayu wanita ulung. Punya indera keenam jika ada bahaya. Jago bahasa 17 bahasa asing dikuasai, dan sering melakukan penyamaran yang rumit.

Senjata andalannya Pistol Wilhelmina, Luger dan pisau Hugo dan Stiletto. Little Pierre atau granat tangan kecil dan masih banyak yang lain.

Spion yang berpetualang untuk menaklukan para penjahat kelas dunia dalam jaringan peperangan, dan intrik-intrik penjahat Internasional.

Novelnya antara lain:

- Bayangan Maut di Berlin
- Kill Master Saigon
- Doctor DNA
- Tugas Maut
dan masih banyak lagi.

Yang khas pasti ada bumbu-bumbu adegan romantis yang sedikit detil.


Sedikit melenceng ga papa ya. emoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2

Nah, kira-kira koleksi cerita detektif cerita misteri dan cerita kriminal mana yang AganSista baca?


Apa koleksiku termasuk SANGAT JADUL... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak Maafken ya!



Woke, jika ada refernsi yang lain silakan dishare di kolom komentar.

Selamat Week End

JAGAT ALIT
Diubah oleh ndutsetiawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 9
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:31
Quote:Original Posted By profesorlucu
baca sherlock seru,
ceritanya gak panjang tapi cerdas
Untuk Agatha Christie baru beberapa yg udah baca
Benar TS, favorit then there were none


Keren. Joosss. Btw, bisa nebak penjahatnya? Kalo aku selalu salah. emoticon-Malumaluemoticon-Malumalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:32
Quote:Original Posted By tiada.tara
Hercule Poirot is the best..!!
sama Kobra Papageno jg mantep


Setuju si kumis lintah. Kobra? Yang Stallon itukah?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:33
Quote:Original Posted By tzeng
Ane lebih suka nonton film nya


Boleh juga. Tapi, menurut aku casting Poirot nggak ada yang pas ama aslinya. Maafemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:33
Quote:Original Posted By tzeng
Namanya sama bre


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:34
Quote:Original Posted By hqwerty
baca dari atas sampai bawah hehe cuma satu yg sedikit tahu

Sherlock aja ahahahah


Lumayan... bisa dibaca di online kalau tertarik ada pdfnya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:35
Quote:Original Posted By sehau76
Selain enid blyton dan alfred Hitchcock...cerita detektif anak2 lain juga sering ane baca waktu itu. Seperti Amy and Hawkeye..pasangan detektif cilik yang cewek jago di fisik yg cowok jago gambar. Terus ada STOP....singkatan nama dari 4 orang detektif anak asal Jerman, yaitu Sporty, Thomas, Oscar dan Petra (satu2nya cewek di grup tsb). Tapi emang karya Enid Blyton paling banyak sih...mulai dari famous five aka lima sekawan, pasukan mau tahu, 4 sekawan dan masih bnyk lagi. Kalo Alfred Hitchcock paling hanya Trio Detektif.


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol Top keren tambahan sharingnya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:47
Quote:Original Posted By ndutsetiawan
Setuju si kumis lintah. Kobra? Yang Stallon itukah?


Kobra Papageno (Zenon Bairi) dr Marga T..
Dunia spionase Indonesia.. masih keinget story dia pas d Pattaya (inget dikit2.. hehe)
Diubah oleh tiada.tara
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:53
kayaknya dulu juga ada novel 4 serangkai. tentang misteri2 juga kalo gak salah emoticon-Smilie
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
Lapor Hansip
09-11-2019 08:55
Balasan post ndutsetiawan
The patriot game, clear and present danger, the Sum of all fear, executive order, sama the bear and the dragon
Itu aja yg ane baca.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 08:58
cm tau Agatha Cristie dan Sir Arthur Conan Doyle,
itu sj tau krn nonton detective conan (aka closed gate)
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:08
ane sukanya Agen Polisi 212 gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:09
Quote:Original Posted By tiada.tara
Kobra Papageno (Zenon Bairi) dr Marga T..
Dunia spionase Indonesia.. masih keinget story dia pas d Pattaya (inget dikit2.. hehe)


Nah, iya ingat jadinya Marga T.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:09
Quote:Original Posted By Anggadaz
cm tau Agatha Cristie dan Sir Arthur Conan Doyle,
itu sj tau krn nonton detective conan (aka closed gate)


Keren dan top
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:10
Quote:Original Posted By sealand40ft
ane sukanya Agen Polisi 212 gan


Boleh, tapi ini komik. Nanti aku kulik sama Tintin, 4 As dan lain2nyaemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:11
Quote:Original Posted By proto1
The patriot game, clear and present danger, the Sum of all fear, executive order, sama the bear and the dragon
Itu aja yg ane baca.


Wah, ini sih keren. Aku baca dan nonton filmnya juga. Patriot game dan Executive order
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:13
Quote:Original Posted By jokerandbane
kayaknya dulu juga ada novel 4 serangkai. tentang misteri2 juga kalo gak salah emoticon-Smilie


Ada memang karya enid yang lain
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
Lapor Hansip
09-11-2019 09:17
Balasan post jokerandbane
yang seri petualangan kan bray? 4 anak...2 cewek dan 2 cowok plus seekor kakatua yang bernama kiki. Emang bagus tuh ceritanya. Sampe sekarang gw ada koleksi file pdf nya.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:20
Quote:Original Posted By ndutsetiawan
Nah, iya ingat jadinya Marga T.


Setau ane si Marga T banyak nya nulis kisah lope.. tp kisah spionase nya mantul tu gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:21
sekalian serial STOP gan - Stefan Wolf
Diubah oleh tiada.tara
0 0
0
Cerita Dektetif, Kriminal dan Spionase Sepanjang Usiaku. Mana Favoritmu?
09-11-2019 09:47
waaaa jadul sangatt gann emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.