• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ketika Budaya Mulai Menghilang, Sri Narendra Datang Bak Gelombang: Jawa DNA Nusantara

noviepurwantiAvatar border
TS
noviepurwanti
Ketika Budaya Mulai Menghilang, Sri Narendra Datang Bak Gelombang: Jawa DNA Nusantara




Assalamualaikum Agan Sista semuanya.

Nggak terasa, ya, kita sudah berada di penghujung tahun. Sebentar lagi tahun 2020 akan datang dan memerlukan persiapan baik mental maupun fisik untuk menghadapi tantangan yang akan semakin sulit. Bila tidak bisa beradaptasi dengan cepatnya perkembangan jaman, percayalah kamu pasti akan tersisih dari peradaban. Hanya menjadi serpihan-serpihan manusia yang adanya seperti tidak adanya.

Ngeri, ya, Gan. Jangan sampai itu terjadi. Bagaimana cara supaya tetap eksis dalam menghadapi jaman yang semakin brutal? Salah satunya adalah dengan mencontoh sosok idola yang memberi inspirasi untuk maju tanpa melupakan tempat dari mana berasal.

Ane akan membahas tentang seseorang yang sangat menginspirasi, memberi sebuah kesadaran bahwa hidup di Indonesia, khususnya di tanah Jawa itu adalah sebuah anugerah tak terkira.



Ane lahir dan besar di tanah Jawa tepatnya di kota Surabaya. Lingkungan kota metropolitan membuat ane buta tentang kebudayaan luhur Jawa. Kebetulan orang tua ane dan lingkungan sekitar tidak terlalu memahami adat budaya Jawa. Kami semua hidup dengan 'ala kadarnya'. Bisa dibilang orang Jawa tapi oraNjawani.

Ketika ane ditanya apa itu kebudayaan Jawa, adat istiadat, dan segala sesuatu tentang Jawa, jujur ane juga nggak begitu paham. Suatu ketika saat sedang promo sebuah buku yang kental nuansa Jawa berjudul Rombongan Pengantin Gaib yang menceritakan tragedi sepasang pengantin yang menikah pada bulan Suro, ane baru tahu ada sebuah lagu yang berjudul Kidung Wahyu Kolosebo.

Itulah titik balik kehidupan ane. Sangat luar biasa! MLDSPOTKONTENHUNT pas banget disematkan kepada sosok yang berhasil menciptakan sebuah kidung fenomenal ini.



Syair yang sangat menyentuh dalam Kidung Wahyu Kolosebo membuat ane mencari tahu siapa yang berada di balik karya seni yang begitu indah dan agung. Saat itu ane mengenal sosok yang bernama Sri Narendra Kalaseba. Dan saat itu juga ane mendapuk sosok yang sangat keren ini menjadi orang yang sangat menginspirasi.

Beberapa hal yang membuat INSPIRING PEOPLE/PRODUCTH/PLACE/COMMUNITYyang Bernama Sri Narendra Kalaseba layak dijadikan rujukan adalah:

1. TASTETHELOCAL Melegenda yaitu Kidung Wahyu Kalaseba



Dalam kepercayaan Jawa jaman dahulu sebelum adanya wali songo, kidung adalah susunan sastra yang ditembangkan oleh orang sakti sebagai perantara manusia dengan penciptanya. Kidung dianggap sakral dan mempunyai energi mistik kental. Ketika jaman Wali Songo, kidung tetap dilestarikan dengan menyelaraskan sesuai ajaran Islam dan tidak mengurangi kesakralan dan kemistisan sebagai bagian dari keindahan kidung itu sendiri.

Sri Narendra Kalaseba berhasil menciptakan Kidung Wahyu Kalaseba yang syairnya diambil dari serat Sunan Kali Jaga dan berhasil membuka mata dunia. Sebuah mahakarya yang membuat siapapun yang mendengar berdecak kagum dengan keindahan syair dan keselarasan alat musik khas Jawa.

Ketika pertama kali mendengar Kidung Wahyu Kalaseba, seluruh badan ane bergetar, merinding dan entah kenapa ane teringat kepada Sang Maha Pencipta. Hati terasa tenang dan kecintaan terhadap budaya Jawa semakin bergelora. Jawa adalah DNA Nusantara!


2. Pecinta Seni, Budaya dan Adat Jawa



Dalam keseharian, Sri Narendra Kalaseba menjunjung tinggi kebudayaan Jawa. Tak jarang ia memakai busana yang menunjukkan 'kejawaannya' seperti memakai blangkon dan baju adat Jawa.

Lelaki berbadan kurus ini juga pecinta senjata warisan leluhur Jawa yang sudah diakui oleh dunia yaitu Keris. Lebih dari seribu keris berada dalam perawatan Sri Narendra Kalaseba. Sebagian besar adalah warisan keluarga besarnya dan sebagian lagi diberi orang dan dia beli sendiri.

Ada sesuatu hal yang sangate menarik tentang keris ini. Perkataan Sri Narendra Kalaseba yang berhasil membuka mata ane, Gan. Dulu ane menganggap keris adalah benda klenik dan identik dengan dukun dan hal-hal gaib. Setelah mendengar pernyataan bahwa keris adalah senjata orang Jawa pada masa lalu yang digunakan untuk membela diri dan kedudukannya sama seperti tombak, pedang, parang, celurit dll dan bahwa keris bukanlah benda pusaka yang disembah. Orang Jawa memiliki pusaka berupa keris karena menghormati warisan leluhur.


3. Pendiri Komunitas Militan Santri Gerbang



Jargon Militan Santri Gerbang adalah Tidak ke kanan, tidak ke kiri, tegak lurus ke depan.

Sri Narendra Kalaseba mendirikan sebuah komunitas yang beranggotakan santri Jawa dan orang Jawa yang mempunyai pandangan yang sama untuk melestarikan budaya Jawa juga menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara.


4. Pengusaha Muda



Sri Narendra Kalaseba ternyata seorang pengusaha muda yang sukses. Pria asal Sukoharjo bagian selatan ini mempunyai usaha batik yang omsetnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Batik bermerek Batik Garuda Kalaseba berhasil menjadi salah satu produsen baju batik yang diminati masyarakat.

Selain itu, Sri Narendra Kalaseba juga mempunyai bisnis lain yaitu jual beli moge bermerk Harley Davidson. Omsetnya setiap bulan cukup lumayan. 4-6 unit motor bisa terjual dalam waktu satu bulan.



Itulah tadi beberapa hal yang membuat ane sangat terinspirasi dari sosok keren pakai banget ini. Selain pecinta budaya, dia juga seorang pengusaha sukses. Akhirnya tulisan KASKUSXMLDSPOTini selesai sudah. Semoga Agan dan Sista bisa tetap eksis selalu di manapun berada. Ingat, jangan lupakan dari mana kita berasal. Junjung tinggi adat budaya dan salam bahagia senantiasa.

Wassalamu'alaikum.

Gambar dan Sumber Tulisan

TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT, KASKUSXMLDSPOT

Diubah oleh noviepurwanti 08-11-2019 11:52
sebelahblog
dayoldchick
fastxcrust
fastxcrust dan 18 lainnya memberi reputasi
19
8.8K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.