alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
375
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc386c78d9b1779d52ef2bf/anies-baswedan-gagal-paham-fungsi-atap-jpo
Rabu (6/11/2019) siang, jagat media sosial dihebohkan dengan hilangnya atap salah satu jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. JPO itu persisnya berada di antara Menara Astra, Gedung Bumiputera, Gedung Sudirman Plaza/Indofood Tower, dan Wisma Nugra Santana.
Lapor Hansip
07-11-2019 09:51

Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

Past Hot Thread
07 November 2019

Quote:Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

Pemprov DKI bilang atap JPO dicopot agar masyarakat bisa swafoto. Tapi ini aneh mengingat fungsi atap untuk menahan dari panas dan hujan.


Quote:Rabu (6/11/2019) siang, jagat media sosial dihebohkan dengan hilangnya atap salah satu jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. JPO itu persisnya berada di antara Menara Astra, Gedung Bumiputera, Gedung Sudirman Plaza/Indofood Tower, dan Wisma Nugra Santana.

Hanya JPO itu yang 'plontos'. JPO sebelum dan sesudahnya masih beratap.

Dinda Denita (23), salah satu pekerja yang kantornya tak jauh dari lokasi, merasa "aneh" dengan keadaan JPO tersebut. "Kalau menyeberang terus enggak ada atapnya, kalau kepanasan atau kehujanan, bagaimana?" katanya kepada reporter Tirto.

Dinda sempat mencari tahu perkara ini di internet. Dia lantas menemukan alasan "agar orang bisa melihat pemandangan." Tapi rasa heran Dinda tidak hilang.

"Pemandangan apa maksudnya? Mobil-mobil yang berderet dan macet? Itu katanya mengikuti Hong Kong dan negara lain, tapi, kan, di sana cuacanya enggak separah ini."

Agar Masyarakat Bisa Swafoto

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan tak hanya JPO itu yang atapnya dicopot. JPO yang ada di Jalan Sudirman-Thamrin memang akan dikonsep beratap terbuka.

Tujuannya seperti yang Dinda bilang tadi: agar yang menyeberang bisa melihat pemandangan.

"Jadi terbuka itu bisa melihat view dari Thamrin-Sudirman, trotoar yang sudah besar, lebar, dan bagus. Kemudian view ke gedung-gedung tinggi, menambahkan suasana dan pengalaman lain," katanya saat dihubungi Rabu siang.

Pencopotan atap JPO juga bertujuan agar masyarakat bisa swafoto dengan pemandangan itu.

"Pengalaman lain lagi nih. Selain untuk pejalan kaki, juga untuk swafoto, ber-selfie ria. Instagrammable-lah," katanya.

Hari menjawab kritik yang mengatakan atap JPO dicopot hanya akan merugikan pejalan kaki karena rentan kehujanan dan kepanasan. Menurutnya, JPO-JPO tersebut memang didesain menyatu dengan trotoar yang tak beratap.

"Jadi fungsi JPO itu adalah bangunan pelengkap jalan yang menghubungkan dari trotoar ke trotoar. Yang dikhawatirkan orang-orang, kan, kehujanan dan kepanasan. Lah, kan, trotoar kita memang sudah terbuka? Kalau kehujanan otomatis orang enggak menyeberang dong? Wong hujan," kata Hari.

"Kecuali kalau trotoar ditutup semuanya. Nah, JPO-nya terbuka itu baru aneh. Trotoar tertutup, kok, JPO terbuka. Ya kehujanan. Ini kan trotoar terbuka semua."

Menurutnya pencopotan atap hanya berlaku pada JPO yang tak menyatu dengan halte Trans Jakarta.

"Konsep kedua, kalau memang dari awal tertutup seperti sebelahnya (JPO setelahnya yang terhubung dengan halte Trans Jakarta), menghubungkan ke halte, itu tetap kanopinya ditutup, bukan dibuka. Mosok orang mau naik TJ basah kuyup?"

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menginstruksikan kepada Hari agar seluruh JPO dicopot atapnya. Itu ia katakan saat rapat dengan para kepala dinas, 23 Oktober silam.

"Saya sudah minta bapak kepala dinas, nanti bapak ulangi. Ini semua penyeberangan-penyeberangan yang ada di sini, di sisi sini, kan ada JPO-JPO, pak, atapnya dicopot, pak. Jadi tanpa atap. Tidak usah pakai atap. Karena memang dari tempat panas ke tempat panas lagi," katanya saat rapat.

Ucapan Hari mengenai swafoto juga dibenarkan oleh Anies dalam rapat tersebut.

"Itu tempat selfie paling sering pak nanti. Karena pemandangan gedung di malam hari, bagus sekali. Sore, siang. Jadi atapnya copot, itu langsung jadi space terbuka. Ini tidak perlu pakai kerumitan, tinggal copot atap saja," lanjutnya.

"Tapi JPO kita itu atapnya ada, supaya tidak kena hujan dan panas. Itu benar bila dari indoor ke indoor. Tapi kalau dia dari ruang terbuka ke ruang terbuka, sebetulnya tidak perlu ada penutup."

Alternatif

Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan sangat tidak tepat atap JPO dicopot dengan alasan pengguna bisa leluasa melihat pemandangan.

"Bukan tidak tepat, tapi sangat tidak tepat [copot atap JPO]," kata Gembong, Rabu siang.

Gembong mengatakan Anies dan jajaran pemprov gagal paham karena bila tujuan Pemprov DKI melepas atap JPO ini untuk melihat keindahan Jakarta, semestinya itu dilakukan dengan cara membangun atap JPO yang terbuat dari bahan transparan.

Keputusan Dinas Bina Marga melepas JPO itu juga dinilai tidak memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki. Mereka akan kepanasan kalau panas, dan kehujanan bila hujan. "Padahal tugas kita adalah memberikan kenyamanan bagi pengguna."

Siska Oktami (27), salah satu pekerja di Gedung AIA Central Sudirman yang kebetulan siang itu melewati JPO, mengatakan jika memang tujuannya adalah memanjakan mata pengguna, maka caranya bukan dengan mencopot atap, tapi memasang pembatas di kanan dan kiri JPO yang lebih rendah.

"Jangan terlalu tinggi," katanya, lalu mengatakan jika ini diteruskan dan hujan tiba, "turun tangga, kehalangan, bisa-bisa kepleset."
TKP


"Pengalaman lain lagi nih. Selain untuk pejalan kaki, juga untuk swafoto, ber-selfie ria. Instagrammable-lah," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI.


Instagrammableemoticon-Motret

#REemoticon-coffee
Diubah oleh nadaramadhan20
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jembloengjava dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 19
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 14:12
Quote:Original Posted By jenggotjemboet
Sekarang dicopot dengan alasan biar bisa poto2, nanti pas musim hujan, banyak warga yang komplain karena basah kehujanan, pemprov beli lagi atap jpo dengan alasan mendengarkan warganya. Pada akhirnya memang biar bisa otak atik anggaran. Otaknya anies cuma duit doank, buat modal nyapres 2024 emoticon-No Hope


Kalo anies nyapres ,kayaknya sh bakal menang,wong orang luar jkt tau nya anies ni bedebest
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 14:18
melihat perdebatan kasus JPO ini saya jadi ingat waktu dulu kuliah arsitek dengan 2 dosen pembimbing yang beda filosofi.
yang satu menyuruh agar design mengikuti module, sedangkan yang satu lagi pinginnya module mengikuti design. Dan yang pusing? saya sebagai mahasiswa tentunya emoticon-Big Grin
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Lapor Hansip
07-11-2019 14:27
Balasan post valkyr7
Quote:Original Posted By valkyr7
Wan abud tolol.. kalo elo cuma mau liat gedung2.. ngapain pake naik JPO ??.. dari bawah/trotoar juga keliatan itu gedung2.. tolol.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)


yoi satu lagi ide tolol dari one jembud
sekalian ajah tinggiin jponya 100 meter kalo mao liat gedung

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 14:37
suruh liat jpo nya semarang di jalan pandanaran. keyen!
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 14:40
sosmed > safety & kenyamanan emoticon-Big Grin
memang gabener sejati...
profile-picture
profile-picture
simsol... dan gikogaza memberi reputasi
2 0
2
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Lapor Hansip
07-11-2019 14:45
Balasan post unwell
biar jakarta berbeda dengan kota lain ya gan hehehe
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 14:45
ternyata memang nggak masuk akal alasan pencopotannya.
cuman karena untuk 'selfie' ??? emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
simsol... dan gikogaza memberi reputasi
2 0
2
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Lapor Hansip
07-11-2019 14:46
Balasan post gunaivi
dibilang instagramable juga ngga bro, bentuknya biasa banget kayak jembatan penyebrangan diatas tol wkwkwkwk
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 14:46
anak buahny udah ketularan kata2 ngawur wan jembud
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Lapor Hansip
07-11-2019 14:47
Balasan post unwell
Quote:Original Posted By unwell
gw tunggu terobosan JPO lainnya yang lantainya dibuka atasanya ditutup


cocok ide mu gan, bisa dipake untuk tempat latihan para atlit ninja warrior
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alter dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 14:57
yg ngejelikin anies biasanya si nastak emoticon-Wow
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:09
dinda denita ya ?????

udah siap bangkeknya gali kuburan sendiri ????

emoticon-Marah
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Lapor Hansip
07-11-2019 15:11
Balasan post bl0job
Quote:Original Posted By bl0job
ketika fungsi dikalahkan estetikaemoticon-Ngakak


Ketika nafsu mengalahkan rasionalitas emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
simsol... dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:15
emoticon-Bingung ...
Kalau hujan khan bisa dipake untuk berteduh ...


Instagramable ?
emoticon-Wakaka
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:22
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
ga usah pake jpo..
terbang aja naik awan kinton bray..
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:26
Kalo mau dibikin atep transparan dari kaca misalnya dobel panasnya njir... Kalo semua dijadiin instragamable repot juga copot sana sini korbankan kepentingan umum demi "instagramable" . Sesuaikanlah kebutuhan utama bukan kebutuhan hura hura.. Rasanya pejabat2 itu gk bakal merasakan sengsaranya nanti karena mereka pakai mobil, jalan kaki paling2 kampanye atau kunjungan ke proyek doang.. Bukan angkutan umum yg musti melewati JPO tanpa atap itu
Diubah oleh aliensia
profile-picture
profile-picture
simsol... dan n.y.a memberi reputasi
2 0
2
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:30
JPO itu utk apa?
Seharusnya : "Sebagai sarana penyeberangan orang, khususnya jalanan raya yang lebar dan ramai, biasanya diberi naungan/kanopi biar penyeberang jalan tidak kepanasan"
Pak Anies : "Fungsi utama sebagai tempat selfie, fungsi tambahan untuk sarana penyeberangan orang"
profile-picture
profile-picture
simsol... dan gikogaza memberi reputasi
2 0
2
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:32
BETUL ITU ,,, KALIAN MASA NDAK FAHAM MAGSUD GUBERNUR ANE ...
KELIAN APA MAU LUBANG MAKAM ENTE GA PAKE PENUTUP??? HEH,,,
BIAR INSTAGRAMMABLE JUGA SEKALIANNN,,, emoticon-Rusia emoticon-Rusia emoticon-Rusia
profile-picture
profile-picture
simsol... dan gikogaza memberi reputasi
2 0
2
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:33
yuk kit wefi bareng bareng di jpo

emoticon-Angel
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
07-11-2019 15:33
Sejujurnya, secara estetika ane setuju sama jpo tanpa atap. Banyak contoh di kota - kota dunia jpo tanpa atap, yang dengan atap juga banyak.
Tapi, yang ane sayangkan itu 'pembongkaran'. Padahal saat ini ada isu yang lebih penting & krusial buat dki imo dibanding jpo.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.