Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

crazyideaAvatar border
TS
crazyidea
Asia Tenggara Mulai Beralih ke Energi Surya
Quote:


Tenaga surya ini sudah dibangun di negara maju seperti Tiongkok, Jepang, Amerika. Tak sedikit juga negara Asia dan Eropa menerapkan sistem energi terbarukan ini. Indonesia sendiri juga telah membangun Pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) di Desa Oelpuah, Kupang Tengah, NTT dengan kapasitas produksi 5 Megawatt.
Asia Tenggara Mulai Beralih ke Energi Surya
Dalam perjalanannya, Indonesia mengeluarkan peraturan baru pasal 9/2018 yang membatalkan peraturan terkait energi terbarukan ini. Akhirnya investor semula tertarik untuk berinvestasi di Indonesia berubah haluan ke Vietnam yang sudah siap segala regulasi kebijakannya.
Memang biaya yang dikeluarkan masih lebih mahal dibandingkan dengan energi fossil, tetapi energi ini cepat atau lambat akan habis. Sedangkan energi surya ini nyata gratis. Hanya saja peralatan dan perawatan yang masih belum terjangkau. Indonesia kan negara yang mempunyai musim kemarau. Dengan pemanfaatan terik matahari ini, bisa kita hasilkan listrik memadai untuk daerah belum teraliri listrik.
Asia Tenggara Mulai Beralih ke Energi Surya
Jepang sudah banyak melakukan inovasi terkait hal ini. Bahkan mereka sudah menerapkan ke perumahan dan perkantoran.
Asia Tenggara Mulai Beralih ke Energi Surya
Indonesia kapan ? Pertanyaan yang sangat terlihat pesimis diterapkan.
Walaupun masih sebatas untuk lampu jalan utama, penggunaan panel surya bisa saja akan melejit dalam 5 tahun kemudian. Pasalnya produksi massal sudah dimulai, jadi bisa mengurangi biaya. Masyarakat juga sudah bosan dengan PLN yang memadamkan listrik secara bergilir. Sedangkan kita sendiri menggantung. Otomatis menghambat pekerjaan dan produktivitas. Mau beli genset mahal, belum bahan bakarnya.
Tinggal kita mau atau tidak untuk terus bergantung. Belajar sekarang adalah tindakan nyata untuk mengatasi keluhan itu semua. Mulai dari instalasi hingga perawatan. Kelak ketika ini viral, kita siap dan dapat dijadikan peluang usaha baru. Ts yakin warga Indonesia sangat kreatif dan mampu mewujudkannya.

Salam setrum

Sumber pict google
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.2K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.