• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Impian Besar 'Orang Desa' Jujun Junaedi Si Tukang Bubut Pembuat Helikopter

iskrim
TS
iskrim
Impian Besar 'Orang Desa' Jujun Junaedi Si Tukang Bubut Pembuat Helikopter

[ HT# 560 ]

Macet, menjadi persoalan yang semakin meresahkan terutama di kota-kota besar. Tak pelak lagi di jam-jam sibuk semua jalan protokol hingga ke pemukiman banyak berbagai jenis kendaraan antri bergerak, semakin lengkap sebuah penderitaan manakala pkl turun serta berjejer di tempat yang tidak semestinya dan angkot yang berhenti sembarangan membuat kondisi kian pelik.

Kemacetan, bagi seorang Jujun Junaedi (42th) menjadi hal yang menantang baginya. Dengan latar belakang keahlian sebagai seorang tukang bubut beliau membuat sebuah 'helikopter' sungguhan berpenumpang tiga orang sebagai cara untuk menghindari kemacetan.

Ditengah keterbatasan pengetahuan dan kesederhanannya menurut saya pak Jujun Junaedi adalah kisah contoh inspiratif sejati yang mewakili TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT, sebuah cita-cita mulia, pemikir besar, dan pemilik impian besar bagi kemaslahatan orang banyak.



img source: tkp

Ide dan pekerjaan seorang Jujun Junaedi membuat sebuah helikopter ini seperti menyadarkan, membuka mata dan fikiran kita bahwa siapapun kita, seorang insinyur bahkan seorang tukang bubut asal kampung sekalipun ternyata bisa membuat sebuah helikopter sungguhan.


img source : tkp

Jujun Junaedi, asli Sukabumi bertinggal di Kampung Cibubuay, Desa Damareja, Kecamatan Nagrak, Jawa Barat bukanlah seorang insinyur penerbangan atau orang bermodal besar, dia hanya seorang bapak lulusan STM (SMK) Siliwangi 1996.  Helikopter buatannya terlihat begitu sederhana, jok nya pun hanya terbuat dari bangku plastik anak-anak, rangkaian dan mesin juga dibuat sebisa dan semampu dia dengan team yang pak Jujun Junaedi percayai.



img source metrotv

Pak Jujun Junaedi mencangkokkan mesin penggerak generator set (genset) berkapasitas besar 24 PK, 700 cc, dan dua silinder berbahan bakar premium. Sehingga menurutnya helikopter sepanjang 8 meter ini dirasa sudah cukup layak untuk bisa meng-angkasa.

Tidak seperti usia sebaya lainnya yang hanya nongkrong, ngobrol tiada berujung, pak Jujun Junaedi justeru memanfaatkan hari libur untuk serius mewujudkan impiannya tersebut. Dikerjakan sejak Agustus 2018, berbekal tekat kuat dan impian yang kuat pak Jujun Junaedi kemudian melengkapi riset pengetahuannya melalui internet, menggali informasi dengan orang dibidangnya, bersama teamnya dia mempelajari bagaimana struktur dan sistem aerodinamis yang benar agar helikopter buatannya nanti bisa mulus terbang tanpa kendala.

Dalam sebuah wawancara di sebuah tv stasiun swasta nasional pak Jujun Junaedi menjelaskan alasan dan bagaimana proses pembuatan helikopter ini berlangsung. Alasanya pun cukup sederhana; menghindari kemacetan. Tapi bagi saya apa yang diperbuat oleh pak Jujun Junaedi adalah sebuah langkah besar, pemikiran besar yang tidak semua orang bisa melakukan apalagi mewujudkannya bahkan mungkin pak Jujun Junaedi memiliki misi yang lebih mulia lagi?



img source metrotv

Pada bagian luar belakang ruang Cockpit tertulis dengan jelas sebuah kode sederhana; Gardes JN 77 GM, menjadi nama yang diberikan pak Jujun Junaedi untuk helikopter buatannya ini.

Hingga artikel ini saya buat menurut pak Jujun Junaedi kepada stasiun tv tersebut bisa dikatakan kondisinya kini sudah mencapai 80%. Nah, akan kah proyek seorang Jujun Junaedi ini berhasil dan terbang mulus sesuai yang diharapkannya pada awal tahun 2020?

Kita mungkin disini hanya bisa bantu berdoa semoga saja semua lancar dan sukses. Seandainya alm. BJ. Habibie masih ada mungkin akan dengan bangga beliau mengenalkan kepada dunia dan mensupport penuh pak Jujun Junaedi agar impiannya terakomodasi dengan lebih baik lagi.

Tapi dengan atau tanpa adanya bantuan dari orang lain ternyata proyek membuat helikopter pak Jujun Junaedi tetap berjalan. Semoga dengan hadirnya tulisan ini bisa menginspirasi kita semua meski dengan keterbatasan ilmu, biaya, dan sdm kita tidak boleh menyerah, kita harus kerja cerdas untuk bisa mewujudkan mimpi terbesar kita. Salam suksess! Aamiin




Copyright © 2016 - 2019 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: metrotv, regional kompas | Sotoshop : iskrim  

Diubah oleh iskrim 08-11-2019 11:08
riwidyswiitdebbysebelahblog
sebelahblog dan 21 lainnya memberi reputasi
22
9.8K
195
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.