pungcrayAvatar border
TS
pungcray
Kemenag DIY: Cadar Itu Budaya, Boleh Dipakai

Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan di Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (6/11/2019). (Usman Hadi/detikcom)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Edhi Gunawan menyebut pemakaian cadar merupakan bagian dari budaya. Karena itu, boleh-boleh saja produk budaya itu dikenakan.

"Saya kira itu (pemakaian cadar) karena budaya ya. Karena ini merupakan hak asasi manusia juga, saya kira boleh-boleh juga (dipakai)," jelas Edhi kepada wartawan di Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (6/11/2019).

"Hanya memang yang tidak perlu diskusi lagi berkaitan dengan khilafah. Tapi kalau cadar, katok cingkrang, karena merupakan budaya dan merupakan hak privat dari masing-masing seseorang, saya kira boleh," lanjutnya.

Edhi menjelaskan sebenarnya pemakaian cadar di Indonesia bukan hal baru. Sebagian muslimah di Aceh dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak lama mengenakan cadar dalam beraktivitas sehari-hari.

"Karena ini (pemakaian cadar) kan budaya. Budaya tanah air kita itu banyak sekali, seperti yang di Aceh, di NTB, kan dari dulu sudah ada (yang bercadar). Itu merupakan hak privat dari masing-masing orang, umat," tuturnya.

Sementara itu, Kementerian Agama RI, kata Edhi, hingga detik ini juga belum mengirimkan surat maupun penyampaian secara lisan berkaitan dengan wacana pelarangan cadar yang sempat diwacanakan Menteri Agama Fachrul Razi.

"Kalau (kebijakan Kemenag) pusat kami belum tahu, tapi yang jelas di daerah Pak Menteri (Agama) belum menginstruksikan kepada kami secara tertulis, termasuk lisan juga belum pernah," paparnya.

"Kalau kami itu kan (lembaga) vertikal, lembaga vertikal itu artinya kami hanya melaksanakan kebijakan dari pusat... Kalau kami instansi di daerah kan menunggu instruksi saja. Kami hanya melaksanakan kebijakan dari pusat," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi sempat mewacanakan pelarangan pemakaian cadar di kementerian yang dipimpinnya. Belakangan, Fachrul meminta maaf apabila wacana itu menimbulkan gesekan di masyarakat. (rih/ush)

sumber

Budaya?

emoticon-Bingung







Pantesan Jogja disalip tetangganya yaitu Solo dalam peringkat kota paling layak huni



sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.