sigitrealAvatar border
TS
sigitreal
Pengalaman Operasi Patah Rahang (Fraktur Mandibula)
Assalamu alaikum wr wb...

Ini adalah post pertamaku, masih newbie di kaskus hehe, maaf jika ada kekurangannya.

Disini aku mau sharing soal pengalamanku mengenai operasi rahang yang aku alami... Dan mungkin kebetulan agan/sis mengalaminya juga?

Jadi begini kronologinya,..
Pada akhir tahun 2013 menjelang 2014, aku mengalami musibah, berupa kecelakaan pada saat pulang kerja 😭.

Kecelakaan tersebut mengakibatkanku luka2 dibagian tubuh, yaitu di lutut, ditangan, dan dijari semua lecet dan yang terparah adalah luka di bagian rahang bawah atau tepatnya DAGU ternyata PATAH emoticon-Cape d... (Istilah medisnya Fraktur Mandibula)

Next...

Saat perawatan, aku sudah menjalani 2 kali operasi.
Operasi yg pertama GAGAL emoticon-Cape d... (S) (Astaghfirullaah sumpah waktu itu aku down bener, hidup terasa berat, tp aku tetap berjuang dan aku yakin Allah bersamaku).

Operasi pertama saya di RS tipe C (maaf gk saya sebut), waktu itu operasinya berupa pemasangan kawat fiksasi doang dan radiologinya berupa foto ronsen doang. Setelah beberapa hari operasi dan dirawat jalan, aku merasa ada yg aneh dengan rahang bawahku, ketika kepala gerak patahan rahang ikut gerak emoticon-Cape d... (S) , ketika aku julurkan lidah ke gigi depan terdengar suara grek grek grek gitu (Pikiran sekeluarga waktu itu mulai kacau).
Besoknya kontrol, dokternya bilang harus operasi lagi sama spesialis bedah mulut, karena gagal nyambung, dan yg paling gak enak didengar dokternya bilang fiksasinya kendor gara2 aku dituduh MENGUAP, eeebuuseett pak dokteerr... mau minum aja sulit apalagi nguap pak....
Okelah skip karena aku gak mau ngulik2 lebih dalam RS ini dan aku putuskan pindah RS.

Operasi kedua di RSUP Dr Kariadi Semarang.


Aku dirujuk kesini sama Keluarga, RS ini adalah RSU Pusat Rujukan Nasional Tipe A, sumpah perawatan disini sangat baguuuuuuuus banget, berasa di RS Internasional, serius. Aku bilang begini karena aku puas pelayanannnya...

Saya disini dirawat di Kelas 1, suasana kamar seperti hotel bintang 5, fasilitas lengkap, dibelakang ada tamannya, pas pagi udaranya seger.


Perawat & Dokternya juga Baik².
Padahal baru kelas 1 lho, belum kelas VIP, VVIP bahkan ada kelas Presiden Suite yang semalamnya bisa ngrogoh kantong 1.5jutaan lebih (Oke ini untuk Sultan)

Saya disini dirawat oleh Dr Muhamad Rizqy Setyarto (Spesialis Bedah Plastik) atau biasa dipanggil Dokter Reza, Dr M. Listianto Pujo (Anestesi) kalau gak salah namanya hehe, Dr. Farah hendara (Radiologi), dan beberapa Perawat yg baik² tp gak bisa aku sebut satu persatu krn gak tau namanya, aku mengucapkan Terima Kasih sebanyaaak-banyaknya....
Aku tau nama²nya karena sambil baca nametag dibaju seragamnya mereka hehe, jika ada salah sebut maaf ya...

Sebelum menjalani operasi, saya menjalani tes radiologi, berupa CT-Scan.
Oh iya CT-Scan ini adalah alat untuk mendeteksi organ dalam manusia yg lebih modern ketimbang foto ronsen biasa, karena CT-Scan menggunakan sistem pencitraan digital komputer dengan sinar-X.

Berikut foto mesinnya:

(Sumber: rskariadi.co.id )

Alatnya besar sekali, saya disuruh tidur ditempat yang disediakan dan gak boleh gerak sama sekali.
Tiba² tempatnya bergerak sendiri, menuju masuk ke sebuah lingkaran besar, kemudian berhenti pas dikepala.
Disitu saya melihat benda tersebut berputar, dan ada kayak sinar laser merah (mungkin sinar X nya).
Hasil dari CT-scan keluar beberapa jam, ternyata Hasil pencitraannya SANGAT JELAS, terlihat sekali rahang bawahku belum tersambung sempurna 😭😭.

Tindakan operasi yg dilakukan Dr. Rizqy adalah pemasangan miniplat + baut dan pemasangan fiksasi lagi .
Oh iya yg belum tau fiksasi itu apa, fiksasi itu giginya dikunci pakai kawat, jadi gak bisa Mangap gaan siis.
Tapi okelah, demi kesembuhanku, aku setuju saja apa yang dilakukan Dokter.
Alhamdulillaah operasinya berjalan lancar.

Sekitar semingguan setelah operasi fiksasinya dibuka, tapi cuma kuncinya doang, kawatnya masih nempel digigi.
Seminggu berikutnya fiksasi dilepas semua, dan aku disuruh belajar membuka mulut oleh Dr. Rizqy.

Oke ... hari demi hari aku belajar buka mulut, tapi baru cuma bisa buka mulut seluas 2 jari saja.
Aku konsul lagi ke RS sama dokternya, Dokternya bilang gakpapa itu karena efek mulut terlalu lama dikunci, dan Dokternya nyaranin sering² ngunyah permen karet guuyss....
Hahahah sepulang konsul langsung beli permen karet sebungkus, semangat ngunyah permen karet demi kesembuhan...
Hari demi hari aku belajar buka mulut sambil ngunyah permen karet, dan Alhamdulillaah akhirnya aku sudah bisa buka mulut lebar.


Sampai saat ini 2013-2022 Alhamdulillaah keadaan rahangku baik² saja, tidak ada pantangan makanan yg aku makan, bakso kerupuk sampai kacang²an semua aku makan karena saking pengennya badanku bisa gemuk, karena waktu itu badanku kurus banget, BB dari 54 ke 45 😭 ya gimana lagi, karena gabisa makan nasi, waktu itu hanya bisa minum yang cair dan lunak saja, kayak susu dan bubur, itupun gabisa abis banyak, karena namanya orang sakit kan lidah terasa pahit juga, jadi seringnya cuma minum susu...

Beberapa bulan kemudian BBku perlahan naik jadi 50, naik turun ke 54 kayak roda, entah kenapa badanku kalo mau kurus tuu gampang banget tapi kalo mau gemuk susah sekali..



Dan sampai saat ini juga miniplat+baut yg tertanam dirahang bawahku belum diambil (tapi kata Dokternya gkpapa gak diambil, itu miniplat+baut khusus medis anti karat).
Alhamdulillaah... Bersyukur saja Allah masih memberikan keselamatan...


Oh iya soal biaya, Operasi patah rahang (fraktur mandibula) di RSUP Dr Kariadi Semarang dulu saya habis 21jutaan, itu sudah termasuk biaya Rawat Inap Kelas 1, Radiologi, dan Tindakan Operasi. Belum termasuk biaya konsultasi kontrol mingguan ya. Ingat ya itu dulu tahun 2014, sekarang pasti naik.

Kalau agan/sis gimana pengalamannya yg pernah menjalani operasi rahang patah? Sharing dimari dong....


Oh iya saya juga sudah buat Grup diskusi di WA mengenai fraktur mandibula ini, bagi temen² yang senasib seperti saya silakan masuk biar bisa saling support..........
Oh iya kalo save kontak saya kasih nama Sigit Kaskus aja ya..

Ini Linknya: https://chat.whatsapp.com/LlHGt5tHWBF19WOE3uoAlh

Terima kasih sudah mampir.... Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala... Aamiin
Wassalamu alaikum wr wb.
Diubah oleh sigitreal 13-12-2022 08:32
scorpiigirl
lina.wh
Shinharuka
Shinharuka dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health Consultation
Health ConsultationKASKUS Official
3.4KThread1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.