alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbcbefb349d0f13812f6085/bangunan-bangunan-megah-peninggalan-peradaban-islam-di-tanah-eropa
Islam pernah menginjakan kaki dan membangun peradaban mahsyur di tanah Eropa. Berawal dari penaklukan Andalusia yang dipimpin oleh Thariq bin Zaid hingga ekspansi Kesultanan Turki Utsmani.
Lapor Hansip
02-11-2019 06:25

Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa

Past Hot Thread

Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa

Islam pernah menginjakan kaki dan membangun peradaban mahsyur di tanah Eropa. Berawal dari penaklukan Andalusia yang dipimpin oleh Thariq bin Zaid hingga ekspansi Kesultanan Turki Utsmani. Saat ini Islam memang meredup di Benua Biru, namun sisa-sisa peradabannya masih ada sampai saat ini. Yuk, intip apa saja bangunan-bangunan megah perninggalan peradaban Islam di tanah Eropa.


1. Masjid-Katedral Mezquieta, Cordoba
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
Sumber: Flickr

Mezquita atau Masjid-Kathedral Cordoba ialah sebuah katedral di Spanyol yang dahulu merupakan sebuah masjid agung. Pada masa kekuasaan Islam di Spanyol Córdoba adalah ibu kota Spanyol di bawah pemerintahan dinasti Umayyah. Setelah Reconquista atau Penaklukkan Kembali Spanyol oleh kaum Kristen, gedung ini diubah fungsi menjadi sebuah gereja dengan katedral gotik yang dimasukkan ke tengah gedung berarsitektur Moor ini. Sekarang keseluruhan gedung dipakai sebagai gedung katedral diosese Córdoba di Spanyol.

Bangunan Mezquita sendiri memadukan berbagai gaya asitektur yang menakjubkan, yakni perpaduan Arsitektur Gotik, Arsitektur Barok, Arsitektur Renaisans, Arsitektur Islam. Mozqueta dibangun oleh para arsitek terkemuka di Andalusia saat itu, di antaranya Hernán Ruiz the Younger, Hernan Ruiz the Elder, Hernan Ruiz III dan lainnya.

Bagaimana menurut Anda, mengagumkan sekali bukan?

2. Alhambra
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
Sumber: Viator

Alhambra adalah nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah dari Kekhalifahan Bani Ummayyah di Granada, Spanyol bagian selatan (dikenal dengan sebutan Al-Andalus ketika benteng ini didirikan), yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya.

3. Kota Tua Medina Azahara
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
Sumber: El Die de Cordoba

Medina Azahara dibangun pada zaman Kekhalifahan Umayyah di Spanyol pada abad ke-10 di dekat kota Cordoba. Pada Minggu, tanggal 1 Juli 2018, UNESCO menetapkan Medina Azahara sebagai Situs Warisan Dunia.

Medina Azahara merupakan simbol kekuasaan Kekhalifahan Abbasiyah yang berpusat di Baghdad, tapi dihancurkan kurang dari seabad kemudian dalam perang saudara yang mengakhiri apa yang disebut kekhalifahan Cordoba.

Sisa-sisa kota itu seolah terlupakan hampir 1.000 tahun sampai ditemukan kembali pada permulaan abad ke-20. Kata pakar arkeologi, Alberto Montejo, kebudayaan dan ilmu pengetahuan berkembang pesat di kota itu.

“Di kota itu berkembang ilmu matematika, astronomi, kedokteran, kesusasteraan, dan yang paling penting, ilmu filsafat, yang merintis jalan ke zaman kebangkitan kembali Eropa pada abad 15 dan 16. Kota itu dibangun antara tahun 936 dan 940 oleh Kalif Abderraman III, dan menjadi ibukota kerajaan yang disebut Al-Andalus, yang menguasai lebih dari dua pertiga jazirah Iberia.”

Kota Medina Azahara dibangun di atas tanah seluas 115 hektar dan hanya 10 persen yang telah digali. Kata UNESCO situs bangsa Moor dari abad ke-10 itu nantinya akan menunjukkan bagaimana peradaban Islam di dunia Barat pada masa jayanya.

4. Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
Sumber: Befron

Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, yang kemudian menjadi nama masjid tersebut. Ia dimakamkan di halaman masjid. Masjid ini terletak di kawasan tertua di Istanbul, di mana sebelum 1453 merupakan pusat Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantin/Bizantium. Berada di dekat situs kuno Hippodrome, serta berdekatan juga dengan apa yang dulunya bernama Gereja Kristen Kebijaksanaan Suci (Hagia Sophia) yang sekarang diubah fungsinya menjadi museum.

Jaraknya cukup dekat dengan Istana Topkapı, tempat kediaman para Sultan Utsmaniyah sampai tahun 1853 dan tidak jauh dari pantai Bosporus. Dilihat dari laut, kubah dan menaranya mendominasi cakrawala kota Istanbul.

Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Biru karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru.

Arsitek Masjid Sultan Ahmed, Sedefhar Mehmet Aga, diberi mandat untuk tidak perlu berhemat biaya dalam penciptaan tempat ibadah umat Islam yang besar dan indah ini. Struktur dasar bangunan ini hampir berbentuk kubus, berukuran 53 kali 51 meter. Seperti halnya di semua masjid, masjid ini diarahkan sedemikian rupa sehingga orang yang melakukan Salat menghadap ke Makkah, dengan mihrab berada di depan.

5. Masjid Gazi Husrev-beg
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
Sumber: Picfair

Salah satu bangunan penting selama kekuasaan Ottoman di Sarajevo adalah Kompleks Gazi Husrev-Beg di Bascarsija. Bangunan ini merupakan wakaf yang kala itu menjadi ciri khas kepemimpinan Ottoman.

Selain membangun pasar terkenal di dunia, Gazi Husrev-Beg juga berkeahlian membangun kompleks yang menyandang namanya. The Begova Dzamija atau Masjid Gazi Husrev-Beg, membuktikan bahwa masjid tersebut menjadi salah satu struktur Islam yang paling signifikan di Bosnia-Herzegovina.

Masjid ini dibangun dari model aslinya, lalu hancur setelah serangan Eugene dari Savoy (1697 M). masjid kembali dibangun pada 1762 M, namun kemudian dibakar pada tahun 1879 M. Masjid Gazi Husrev-Beg kembali pulih sekali lagi pada tahun 1886 M.

6. Istana Topkapi
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
Sumber: Yokosa Eropa!

Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang. Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Sekarang menjadi daya tarik wisata dan berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad.

Kepentingan Istana Topkapi memudar pada akhir abad ke-17 karena sultan lebih suka menghabiskan waktu di istana baru mereka di Bosporus. Pada tahun 1856, Sultan Abd-ul-Mejid I memindahkan kediamannya ke Istana Dolmabahçe.

Setelah jatuhnya Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari "Wilayah Bersejarah Istanbul", yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nah, itulah bangunan peninggalan Islam di Eropa. Bagaimana menurutmu, menganggumkan bukan?

Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa

profile-picture
profile-picture
profile-picture
naftalena007 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 17:15
Quote:Original Posted By malaikatrindu
Dicaplok dan ditaklukan itu beda, Gan

Dicaplok mah kayak Israel yang menduduki tanah Palestina melalui Deklarasi Balfour dan menggenosida penduduk asli.

Kalau Ottoman--yang sisa wilayahnya diwariskan ke Turki--melakukan penaklukan wilayah melalui perang legal yang dilakukan kedua belah pihak secara sistematis serta melalui perjanjian perang. Misalnya pada penaklukan Konstantinopel yang agan sebut dicaplok.

Sederhananya gini deh, Gan ... Dicaplok sama kayak nyuri, kalo ditaklukan sama kayak taruhan dan yang kalah harus menyerahkan apa yang dimiliki


Sini gua taklukan seluruh keluarga lu. Kalo lu kalah, lu harus menyerahkan semua yg lu miliki. Deal? emoticon-Big Grin
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
0 1
-1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 17:23
Quote:Original Posted By minakece
mantap


Saya sih yes gan emoticon-Goyang
0 0
0
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 17:27
Quote:Original Posted By malaikatrindu
Maaf maaf nih, Gan

Pembantaian orang Kristen pada masa Sultan atau Khalifah mana?


Jgn pura2 begolah... Itu cordoba kaga dibantai orang kristennya?
0 0
0
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 18:17


Quote:Original Posted By onta.punuk.3
Jgn pura2 begolah... Itu cordoba kaga dibantai orang kristennya?


Sabar gannn emoticon-Mewek
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 18:24
Jauh dari rumah semua nya
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 18:25


Quote:Original Posted By pabloo
Siapa tuh gan :goyang

Ga kenal lah ane
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 18:26
Quote:Original Posted By fukukawa
Ga kenal lah ane


Kok sama ya
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 18:34
klu di eropa bangunan di pertahankan klu bisa di renovasi ....


klu di indonesia candi2 di rubuhkan ,vihara dibakar ,gereja di bom ....

ooo entah apa yang merasukimu bambank ......emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Wakaka
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
0 1
-1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 18:39


Quote:Original Posted By cahmlg123456
di Istanbul turki gereja jadi masjid
Di spanyol masjid jadi gereja


dibelakang rumah ane para bebek akur satu kandang sama ayam
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:42
islam in europe dan banyak yg buat, christian in arab yang masih jarang bahas, padahal banyak jg penduduk arab yg kristen emoticon-Big Grin
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:43
Quote:Original Posted By the.astronaut
Bedanya dimana? Bangsa eropa juga banyak menjajah. Jangan denial emoticon-Big Grin


emoticon-Ngakak Gimana perspektif Agan aja itu mah
0 0
0
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:44
Quote:Original Posted By gideonjack
islam in europe dan banyak yg buat, christian in arab yang masih jarang bahas, padahal banyak jg penduduk arab yg kristen emoticon-Big Grin


Arab kan tempat lahir Kristen, Gan ... Di Palestina. Cuma memang berkembangnya di Eropa
profile-picture
lqmnnhkm memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:45
Quote:Original Posted By lugucoy15
klu di eropa bangunan di pertahankan klu bisa di renovasi ....


klu di indonesia candi2 di rubuhkan ,vihara dibakar ,gereja di bom ....

ooo entah apa yang merasukimu bambank ......emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Wakaka


Candi masih banyak, Gan
profile-picture
profile-picture
lugucoy15 dan lqmnnhkm memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:46
Quote:Original Posted By malaikatrindu
Arab kan tempat lahir Kristen, Gan ... Di Palestina. Cuma memang berkembangnya di Eropa


Nah itu makanya, org kita msh banyak yg ngidentikan semua yg berbau arab psti islam, padahal kristen arab jg banyak, dan mereka di gereja ya doa pake bahasa arab dan alkitabnya pake kaligrafi arab jg emoticon-Big Grin
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:56
Quote:Original Posted By onta.punuk.3
Jgn pura2 begolah... Itu cordoba kaga dibantai orang kristennya?


Raja Ferdinand dan Ratu Isabella, Boss ... Yang genosida Yahudi, Islam dan kepercayaan lain. Keduanya mengingkari janji yang diamanatkan Sultan saat menyerahkan kunci istana untuk melindungi kepercayaan masyarakat Andalusia.

Keduanya memaksa seluruh masyarakat untuk masuk kristen. Orang-orang non-kristiani yang berhasil kabur mendarat di berbagai tempat masih bisa mempertahankan kepercayaannya. Sementara yang tak bisa kemana-mana terpaksa murtad dari kepercayaan mereka.

Mereka menyebut Muslim Andalusia sebagai orang Moor. Jadi, ketika Spanyol menduduki Filipina, mereka yang melihat muslim di sana sebagai saudara dari bangsa Moor seperti yang di Andalusia. Spanyol selain menjajah juga menyebarkan ajaran kristen sebagai salah satu dari misi 3G. Kota Al-Manilah yang didirikan oleh orang Melayu kala itu berubah menjadi Manila setelah orang² sana berpindah keyakinan.

Selain itu, bangsa Spanyol yang merupakan asal dari Ratu Isabella dan Raja Ferdinand menggenosida Muslim setibanya sampai di Amerika, khususnya Muslim Moor maupun Muslim Tionghoa yang mendarat bersama Ekspedisi Cheng Ho.

Soal pembantaian di Andalusia oleh Muslim, itu terjadi saat Penaklukan oleh Thariq bin Zaid karena Raja Visigoth yang membawa pasukan berkali-kali lipat dibanding pasukan Ummayah. Belum lagi sebelum penaklukan, masyarakat Andalusia dipropaganda soal bagaimana buruknya jika tanah mereka jatuh ke tengan Ummayah yang Muslim. Makanya, mereka juga gak terima.

Sebenarnya, semuanya lebih kepada kekuasaan yang kebetulan bersamaan dengan agama yang menaungi kerajaan tersebut dalam melakukan hal tersebut.

Jika ingin melihat Islam maupun Kristen yang sebenarnya, maka lihatlah pada apa yang tertuang dalam kitab suci dan kebajikan-kebajikan yang senantiasa dilakukan oleh para penganutnya. Bukan sekadar pada kejadian-kejadian yang dibawa media ataupun sejarah karena image baik biasanya dibuat oleh pemenang
0 0
0
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:56
wah thanks gan informasinya
nambah wawasan sekaligus bisa jadi referensi buat liburan ke Eropa
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
1 0
1
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:57
Quote:Original Posted By gideonjack
Nah itu makanya, org kita msh banyak yg ngidentikan semua yg berbau arab psti islam, padahal kristen arab jg banyak, dan mereka di gereja ya doa pake bahasa arab dan alkitabnya pake kaligrafi arab jg emoticon-Big Grin


Yahudi juga dari Arab 😂
0 0
0
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 19:57
Quote:Original Posted By roeang15
wah thanks gan informasinya
nambah wawasan sekaligus bisa jadi referensi buat liburan ke Eropa


Masama
0 0
0
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 20:04
Quote:Original Posted By senwret9
Satu-satunya agama dalam sejarah dunia yang suka klaim sana sini tanpa kontribusi signifikan untuk umat kemanusian

Suka klaim seenak jidat & attention whore...

emoticon-Najis


emoticon-Ngakak tanpa Algoritma yang ditemukan Ilmuan Muslim, lu kagak bisa komen di mari, Gan ...

Namanya aja Algoritma diambil dari nama Al-Khawarizmi versi pelafalan barat

Maaf-maaf aja nih, Gan, ane balas komennya songong dan nyablak ... Apa yang Agan sampaikan mungkin pakai majas eufisme sedikit biar walau kita beda perspektif masih terlihat elegan
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan senwret9 memberi reputasi
1 1
0
Bangunan-bangunan Megah Peninggalan Peradaban Islam di Tanah Eropa
04-11-2019 20:06
Quote:Original Posted By malaikatrindu
emoticon-Ngakak tanpa Algoritma yang ditemukan Ilmuan Muslim, lu kagak bisa komen di mari, Gan ...

Namanya aja Algoritma diambil dari nama Al-Khawarizmi versi pelafalan barat

Maaf-maaf aja nih, Gan, ane balas komennya songong dan nyablak ... Apa yang Agan sampaikan mungkin pakai majas eufisme sedikit biar walau kita beda perspektif masih terlihat elegan


Lu belajar lebih jauh lagi tong tentang sejarah Matematika

Guoblokk...

emoticon-Najis
0 0
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia