Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

usdekAvatar border
TS
usdek
Kenakan Biaya Transfer Rp 2.500, OVO Setop Bakar Uang?
Dompet digital OVO mengumumkan akan mengenakan biaya transfer Rp 2.500 per transaksi mulai 12 Desember 2019. Biaya ini dikenakan kepada pengguna OVO Cash. Apakah ini artinya OVO akan setop bakar uang?

Peneliti INDEF Bhima Yudistira mengatakan perusahaan e-wallet seperti OVO dan GoPay melakukan aneka promo, cashback hingga gratis biaya transfer sebagai cara memperbesar kue pangsa pasar (market share) di Indonesia. Perusahaan yang akan jadi pemenang utama, pastinya yang kuat lakukan bakar uang secara besar-besaran.


"Masalahnya strategi bakar uang dengan terus menerus menanggung biaya transfer antar bank ada ujungnya. Bisa dikatakan saat ini sudah mulai terlihat gejala setop bakar uang di beberapa startup berakhir," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Senin (3/11/2019).


Menurut Bhima Yudistira, beberapa faktor yang membuat e-wallet stop bakar uang adalah investor sudah meminta uang yang dibakar agar cepat kembali, lalu kesulitan mendapatkan investor atau venture capital baru untuk lakukan bakar uang.

"Nah, yang paling saya khawatirkan itu beberapa investor memandang tahun 2020 akan ada resesi global yang berdampak pada resiko investasi yang mereka tanam di e-wallet. Jadi mereka mulai sekarang mulai lakukan rasionalisasi, dan bakar uang akan di setop," tambah Bhima.



Bhima menambahkan dampak bakar uang juga sebenarnya kurang bagus bagi persaingan usaha. Konsumen sekarang memakai e-wallet bukan karena efisiensi transaksi, atau kecepatan transaksi tapi karena banyaknya promo dan cashback yang ditawarkan.

"Ini kan jadi jauh dari tujuan inklusi keuangan. Kalau promonya selesai, ya konsumen balik lagi bahkan ke uang cash atau pembayaran konvensional. Ini perlu diatur oleh KPPU, agar tujuan persaingan usaha yang sehat di pembayaran digital bisa berkelanjutan dan sehat," terangnya.



Sumur

semua akan mencari profit pada waktunya

Bisnis tanpa profit = Yayasan emoticon-Embarrassment

selamat tinggal cashback & Promo emoticon-Wink
galuhsuda
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.8K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.