jantakamAvatar border
TS
jantakam
Di Jalan Fatmawati Raya, Mobil dan Motor Jadi Penguasa Trotoar


[url]https://megapolitan.kompas.com/read/2019/11/02/16234631/di-jalan-fatmawati-raya-mobil-dan-motor-jadi-penguasa-trotoar [/url]

Kompas.com - 02/11/2019, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Trotoar semestinya dibuat dan didesain senyaman mungkin untuk para pejalan kaki. Selain itu, trotoar juga kerap dilengkapi dengan guiding block guna membantu tunanetra berjalan dengan aman. Bisa dibilang, trotoar adalah salah satu instrumen yang wajib diperhatikan oleh pemerintah yang berwenang mengelola kota. Namun, hal tersebut tidak tampak ketika mengunjungi sepanjang Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Dari pantauan Kompas.com pada Sabtu (2/11/2019) pejalan kaki bukanlah pihak yang dapat menikmati fasilitas trotoar. Justru kendaraan motor dan mobil yang terkesan menjadi raja di atas trotoar.

Baca juga: Trotoar Jalan Raya Otista Diokupasi PKL, Satpol PP Mengaku Kekurangan Personel Kondisi trotoar di sepanjang Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (2/11/2019) Kondisi trotoar di sepanjang Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (2/11/2019)(KOMPAS.COM/WALDA MARISON) Terpantau banyak kendaraan yang terparkir di sepanjang ruko yang mayoritas menjual lantai keramik dan marmer, tepat di seberang toko Ace Hardware. Mobil dan motor pun berjajar sangat rapih di depan toko. Alhasil banyak pejalan kaki yang harus berjalan di samping trotoar, tepatnya di jalur sepeda. Hal tersebut sangat membahayakan karena bisa mencelakakan pengedara lain yang lewat. Bahkan, petugas terkait seperti pihak Dinas Perhubungan atau polisi juga tidak ada di lokasi.

Baca juga: Trotoar Hasil Revitalisasi di Cikini Dijadikan Lahan Parkir Liar Kondisi trotoar di sepanjang Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (2/11/2019) Kondisi trotoar di sepanjang Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (2/11/2019)(KOMPAS.COM/WALDA MARISON) Salah satu pejalan kaki bernama Imah pun merasakan hal tersebut. Karena banyak kendaraan yang parkir, dirinya harus berjalan di jalur kendaraan. "Jadi agak ngeri juga ya kita jalan. Soalnya kan bisa saja ada motor kencang dari belakang terus kita keserempet. Apalagi kalau lagi gendong anak," kata dia saat ditemui di lokasi. Perempuan berusia 35 tahun ini mengaku sering berjalan kaki di sepanjang jalan itu. Karena itu, dia mengakui jika kondisi tersebut memang sudah terjadi sejak lama. "Ya kalau bisa cari tempat parkir lain, lah. Kan awalnya trotoar buat orang yang jalan kaki," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Jalan Fatmawati Raya, Mobil dan Motor Jadi Penguasa Trotoar", https://megapolitan.kompas.com/read/...nguasa-trotoar.
Penulis : Walda Marison
Editor : Bayu Galih


sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.