Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Menuju Destinasi Wisata Premium Dengan Harga 14 Juta, Wajarkah?


Haii!! GanSis balik lagi di thread opini ane kali ini, kali ini mau bahas tentang rencana pemerintah untuk menjadikan Labuan Bajo dan Pulau Komodo sebagai destinasi wisata premium.

Berita yang beredar mengatakan bahwa nantinya Pulau komodo ini telah disiapkan sebagai destinasi wisata premium yang tidak tanggung-tanggung tiket masuk komodo nantinya akan naik menjadi 14 Juta

Berikut kutipan beritanya

Quote:



Sangat wowkan dengan harga begitu fantastis bisa dipastikan hanya orang yang memiliki uang lebih untuk bisa masuk ke pulau komodo untuk lihat komodo.

Menurut opini ane sebagai TS pribadi yang ilmunyapun masih amat cetek ane hanya memikirkan beberapa masalah yang timbul nantinya. Mungkin niat pemerintah untuk mengkonservasi pulau komodo agar keberlangsungan komodo terjaga dan nantinya tidak merusak ekosistem jadi biaya masuk dinaikkan sebesar 14 Juta rupiah dengan memberikan kartu membership yang seperti dikatakan oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, mungkin bagus tetapi masalah nanti akan timbul adalah pengelolaan anggaran dana segitu besar ini, apa bisa dirasakan oleh masyarakat yang tinggal dan bermungkim sejak dulu di pulau komodo.

Jika penaikkan harga 14 Juta hanya untuk kapitalisasi pemerintah artinya hanya menguntungkan pemerintah daerah dan segelintir oknum, takutnya adalah dengan tiket sebesar 14 juta pengolaan pulau komodo menjadi tidak optimal dalam artian dana dari hasil retribusi tiket masuk pulau komodo yang sangat besar dikhawatirkan di korupsi atau dinikmati segelintir oknum untuk memperkaya diri sendiri dengan dalih biaya untuk konservasi.

Mungkin ane akan sangat setuju jika 14 juta ini di optimalkan dengan seoptimal mungkin dan bisa dirasakan masyarakat yang tinggal dekat pulau komodo namun juga masyarakat di Nusa Tenggara Timur. Tidak dapat dipungkiri juga GanSis bahwa labuan bajo dan pulau komodo memiliki daya tarik wisata cukup besar terlebih binatang purba ini hanya ada di pulau komodo dan dikhawatirkan akan menurun populasinya jika tidak dilakukan konservasi.

Ane dan kita semua mengapresiasi kerja pemerintah untuk menjadikan labuan bajo sebagai destinasi wisata premium, tapi pemikiran ane juga dikhawatirkan dengan tiket 14 juta dan fasilitas yang didapat tidak sebanding dengan yang diharapkan mengakibatkan bumerang untuk pariwisata Indonesia khususnya bagi pulau komodo, seperti sepinya minat turis dari luar atau dalam negeri yang datang ke pulau komodo dan labuan bajo.


Sumber: Image Google

Jika dihitungpun tiket pesawat dari dan menuju pulau komodo sudah lumayan mahal ditambah lagi kita harus membayar 14 juta untuk melihat dan menikmati keindahan alam yang sudah tuhan berikan, maka menurut jiwa missqueen ane, turis akan berfikir ulang untuk liburan kesana. Sebenarnya hal yang terpenting bagaimana penindakan tegas pemerintah dan himbauan keras turis untuk menjaga kelestarian alam, mungkin 14 juta bisa dianulir dengan harga yang lebih bersahabat dengan ditambah retribusi lingkungan melihat labuan bajo dan pulau komodo ini sebagai destinasi wisata alam yang indah.

Jadi harapan ane pemerintah bisa mengkalkulasi lagi tiket 14 juta jangan sampai menjadi bumerang alih-alih ramai menjadi wisata premium malah menjadi sepi pengunjung.

Baiklah!!! Sekian thread ane kali ini kyrang lebih mohon maaf jika penjelasan ane kurang mengerti atau menyinggung salah satu pihak karena ane manusia biasa dan hanya melontarkan apa yang bisa ane suarakan, semoga nantinya jika benar harga tiket 14 Juta ane berharap bisa dirasakan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar atau didalam pulau komodo tetapi juga seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur.....

Terimakasih dan ane pamit undur diri

Thank You

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for Sumber dan Referensi:


palapanusa
sebelahblog
sebelahblog dan palapanusa memberi reputasi
2
283
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.