• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 5 Film Superhero Yang Sukses Memenangkan Oscar, Empat Dari DC Gan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Film Superhero Yang Sukses Memenangkan Oscar, Empat Dari DC Gan
Film superhero nampaknya memang tengah mengalami masa keemasan terlebih dengan kesuksesan besar Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun sebenarnya sejarah film superhero yang diangkat dari komik dimulai sejak 1978 dengan munculnya film live action superman dan memasuki era 2000an film superhero semakin menjamur dengan dirilisnya X-Men dan juga film Spider-Man pertama garapan Sam Raimi. Dalam sejarahnya dari sekian banyak film superhero (based on comic) yang telah dirilis, hanya ada lima film yang berhasil memenangkan Piala Oscar atau Academy Awards, yang kita tahu ajang penghargaan ini selalu memprioritaskan film-film "berbobot". Nah, film superhero apa sajakah yang berhasil memenangkan Oscar?

1. Superman (1978)

Inilah film superhero komik yang pertama kali diangkat ke layar lebar dengan serius yang diproduksi oleh Warner Bros sekaligus menjadi tonggak sejarah film live action DC. Disutradarai oleh Richard Donner dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Superman sukses besar di masanya dengan visual effect yang bisa dibilang inovatif dan canggih di masa itu. Film ini sendiri mengisahkan asal-usul Superman alias Kal El yang semasa bayi dikirim ke Bumi saat planet Krypton diambang kehancuran hingga ia menyadari jati dirinya setelah dewasa dan harus menghadapi penjahat jenius bernama Lex Luthor. Film Superman mendapatkan penghargaan Oscar untuk kategori Best Visual Effect.

2. Batman (1989)

Pasca Superman IV, Warner Bros enggan untuk melanjutkan sekuelnya dan memilih untuk mengangkat anak emas DC yang satunya lagi, Batman. Di akhir 1980an film Batman juga sukses besar. Film ini digarap oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Michael Keaton serta Joker yang diperankan oleh aktor senior, Jack Nicholson. Mengisahkan Bruce Wayne yang berubah menjadi Batman untuk memberentas kejahatan di Kota Gotham. Di sisi lain, Jack Nappier yang merupakan seorang gembong mafia dijebak oleh bosnya sendiri yang mengakibatkan dirinya jatuh ke cairan kimia dan mengubahnya menjadi Joker. Film ini memenangkan Oscar untuk kategori Best Art Decoration. Tata artistik dan setting Kota Gotham di film ini memang ciamik dan patut diacungi jempol.

3. Spider-Man 2 (2004)

Memasuki era 2000an film-film Marvel mulai menginvasi termasuk Spider-Man. Spider-Man 2 sendiri menyusul kesuksesan film pertamanya, cukup jauh sebelum MCU dibentuk. Film garapan Sam Raimi ini melambungkan nama Tobey Maguire dan trilogi ini menjadi cult dalam dunia perfilman. Spider-Man sendiri mengisahkan Peter Parker yang dihadapkan dengan segala pilihan termasuk hubungannya yang rumit dengan Mary jane. Salah satu adegan ikonik dalam film adalah saat Spider-Man menghentikan laju kereta api. Film ini memenangkan Oscar untuk kategori Best Visual Effect.

4. The Dark Knight (2008)

Cristopher Nolan sukses membangkitkan kembali Batman lewat triloginya yang dianggap sebagain orang sebagai masterpiece dalam sejarah film superhero. Bagian terbaik dari trilogi itu adalah The Dark Knight yang hingga saat ini menjadi salah satu film dengan rating tertinggi di IMDb. Ikon utama di film ini jelas adalah Joker yang diperankan oleh mendiang Heath Ledger dengan sangat apik sehingga mendapatkan penghargaan Oscar untuk kategori Best Supporting Actor.

5. Suicide Squad (2016)

Merupakan bagian dari DC Extended Universe dan mendapatkan kritikan tajam dari para kritikus serta mendapatkan rating yang rendah baik di IMDb maupun Rotten Tomattoes. Padahal film ini dibintangi oleh deretan aktor terkenal mulai dari Will Smith hingga Jared Leto yang berperan sebagai Joker. Meski demikian, Suicide Squad berhasil memenangkan Oscar pada 2017 untuk kategori Best Make Up and Hair Styling.

Note: Sebenarnya ada dua film superhero lagi yang menang Oscar, yaitu The Incredibles (2004) dan Big Hero Six (2014) namun bukan superhero yang diangkat dari komik emoticon-Shakehand2

Quote:
agahigh
fiendyra
ulfsaarr
ulfsaarr dan 8 lainnya memberi reputasi
9
10.1K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.