Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Fakta McDonald's Ini Belum Pernah Di-posting di KASKUS


Sebagai pecinta McDonald's yang setiap malam Minggu kerjaannya nongkrong di gerai makanan fast food ini sambil cari ide buat nulis, semacem kewajiban buat gue untuk menulis Thread berisi fakta-fakta McDonald's ini.

Kalau ada yang perhatiin, gerai McDonald's di berbagai wilayah di Indonesia sekarang konsepnya udah beda banget. Udah nggak lagi identik dengan restauran fast food yang khas anak-anak. Gue inget dulu pernah ada McDonald's di salah satu tempat di Jakarta yang punya arena bermain anak-anak yang luas banget. Beberapa gerai sekarang masih ada yang mempertahankan konsep ini, tapi ada juga yang udah nggak lagi punya tempat main seluas itu tapi seadanya aja.

McDonald's sekarang tampilannya sudah sangat elegan. Warna kuning dan merah yang biasanya mendominasi interior sekarang berganti dengan warna putih dan warna-warna kayu gitu. Jadi kayak tempat ngopi dan tempat nongkrong kekinian banget deh pokoknya. Walaupun harus gue akui kalau kopi item di McDonald's nggak terlalu enak. Menu kopi susunya pun juga nggak enak-enak banget.

Beberapa dari kalian mungkin ada yang belum tahu, mungkin juga ada yang sudah tahu. Beberapa fakta lain sudah pernah di-posting di KASKUS (bisa dicek di Thread ini, ini, iniatau ini). Tapi bisa dipastikan beberapa fakta yang gue tulis di Thread ini bener-bener belum lo ketahui deh.

Langsung aja nih ya?



McDonald's awalnya bukan restauran fast-food yang menjual burger

Di awal kemunculannya di tahun 1940, McDonald's adalah tempat makan BBQ di San Bernardino, California. Tempat ini sekarang dijadikan museum. Baru delapan tahun kemudian McDonald's berubah jadi gerai fast foodyang menjual burger, potato chips (sebelum diganti jadi french fries), dan pie.

Dulunya sampai tahun 1968, pie yang dijual di McDonald's tidak dipanggang melainkan digoreng. Tapi kemudian di tahun 1992, McDonald's berhenti menggoreng pie mereka dan mulai memanggangnya.

Dari mana inspirasi Drive-Thru McDonald's?



Fasilitas Drive-Thru dari beberapa gerai makanan fast food memang sangat membantu buat mereka-mereka (termasuk gue) yang suka mager turun dari kendaraan dan masuk ke store untuk pesan makanan (belum lagi harus bayar parkir). Sekarang fasilitas ini sudah ada di semua gerai McDonald's di mana aja. Tapi tahu nggak kalian bagaimana awalnya fasilitas ini dibuka?

Drive-Thru McDonald's awalnya dibuka di tahun 1975 di Sierra Vista, Arizona. Drive-Thru ini dibuat awalnya bukan untuk membuat hidup lebih simpel dalam menikmati burger. Tapi karena tentara militer yang markasnya dekat dengan gerai McDonald's di Sierra Vizta.

Yap. Di kala itu, para tentara yang ingin makan burger tidak diperbolehkan turun dari kendaraan mereka ketika sedang menggunakan seragam. Jadi mereka harus memesan dari dalam kendaraan. Itulah ide awal Drive-Thru McDonald's ini GanSis.

Drive-Thru McDonald's bukan yang tercepat, anyway.



Ngomongin soal Drive-Thru, layanan Drive-Thru McDonald's ternyata bukanlah layanan tercepat di Amerika. McDonald's masih kalah dengan fast food lain yaitu Wendy's dalam hal menyajikan makanan di Drive-Thru.

Butuh waktu sekitar tiga menit atau persisnya 189.49 detik buat McDonald's mempersiapkan pesanan lewat fasilitas Drive-Thru ini menurut sebuah penelitian. Sementara Wendy's hanya butuh sekitar 133.63 detik saja.



Wew.

Simbol 'M' McDonald's nggak selalu berwarna kuning



Simbol huruf 'M' McD memang bisa dibilang salah satu logo brand yang paling populer di dunia. Ketika melihat logo ini dalam warna kuningnya yang khas, kita pasti akan langsung terbayang sosok badut bernama Ronald McDonald yang adalah maskot dari McDonald's (namun sekarang udah jarang lagi dipakai). Tapi ternyata logo McDonald's nggak selalu berwarna kuning.

Contohnya di gerai McDonald's di Champs-Elysees, Paris, yang menampilkan warna putih neon untuk logo McDonald's ini untuk membuatnya terlihat selaras dengan pencahayaan di sekitar lokasi tersebut.



Salah satu gerai McDonald's di kawasan Sedona, Arizona, juga menampilkan huruf 'M' dalam warna biru/turqoise. Alasannya, pemilik gerai di situ ingin warna logo ini berbeda dengan lingkungan sekitar restauran yang merupakan kawasan gurun. Warna biru ini dipilih untuk menyelaraskan (halah) dengan warna langit. Bangunan gedungnya pun diberi warna bernuansa oranye dan merah.

Dekorasi paling unik mungkin ada di negara ini



McDonald's memang punya kesan yang identik di setiap gerainya. Tapi ada satu gerai yang terlihat unik yaitu di New Zealand yang menggunakan badan pesawat asli buat bangunan gerainya. Yang pasti makanan di "pesawat" ini lebih enak daripada makanan di pesawat beneran.

Menu Fillet-o-Fish dibuat untuk menghormati umat Katolik

Selama ini McDonald's dikenal dengan burger yang menyajikan hamburger dan cheeseburger. Sampai akhirnya menu Fillet-o-Fish muncul pertama kali di Monfort Heights, Ohio, sebagai bentuk penghormatan buat umat Katolik yang akan merayakan Paskah. Selama hari pra-paskah ini, umat Katolik di kota tersebut tidak diperbolehkan makan hamburger atau cheeseburger, makanya diciptakan burger yang bebas daging di tahun 1962.



Ikan yang digunakan dalam FisS E N S O RFillet adalah halibut (sejenis ikan pecak), tapi kini bahan ini diganti dengan ikan pollock liar yang ditangkap di lautan Atlantik.

Kenapa bisa ada Egg McMuffin?



Orang-orang kadang suka lupa sarapan. McDonald's sekarang memang menyediakan menu sarapan eh tapi salah satu menu sarapannya malah terinspirasi dari menu brunch (breakfast & lunch; alias sarapan yang telat dekat-dekat jam makan siang). Menu Egg McMuffin yang disediakan McDonald's di jam sarapan pertama kali tersedia di restauran ini di tahun 1971. Penggagasnya adalah Franchisee Herb Peterson.

Menu ini terinspirasi dari eggs benedict yang berisi beberapa jenis makanan kemudian disatukan dalam bentuk sandwich.




Katanya Coca-cola di McDonald's rasanya beda

Nah ini belum pernah benar-benar membedakannya sih. Tapi katanya, Coca-cola yang disajikan di McDonald's punya rasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan gerai makanan cepat saji yang lain. Alasannya, Coke di McDonald's dikirim ke gerai dalam kemasan yang terbuat dari Stainless Steel untuk mempertahankan kesegarannya. Sementara di gerai bukan McDonald's minuman ini diantarkan dalam kemasan kantong plastik.

Hmmm...

Masing-masing nugget di McNuggets punya nama lho!



Nah, lain kali makan nugget di McDonald's kenalan dulu sama: boot, bone, ball, dan bell. Nggak dijelaskan sih yang nugget yang mana yang namanya siapa. Jadi ya tebak-tebak aja yak.

Masalahnya, di sini ada nugget yang isinya lebih dari empat. Nah tuh mungkin ada yang saudara kembar.

WKWKWKWKWKKW.

emoticon-Ultah


Nah, apakah Thread ini memperkaya pengetahuan kamu, GanSis? Kasi Rate dan Share ke media sosial kalau iya! Cendol juga eheh.
Diubah oleh KS06 30-12-2020 18:05
78Kg
afifa26
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
5.1K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.