• Beranda
  • ...
  • Games
  • [BUKA GAME LAMA] Microsoft Minesweeper, Game Pembunuh Waktu Anak Jadul

amdar07
TS
amdar07 
[BUKA GAME LAMA] Microsoft Minesweeper, Game Pembunuh Waktu Anak Jadul
#AmdarGanteng



emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih emoticon-terimakasih
Halo agan dan sista,
Pada thread sebelumnya gak ada yang request "Game Lama", parah nih kalian emoticon-Ngakak (S). Tetapi gapapa sih, sesekali otak ane harus berpikir juga untuk membahas konten game jadul apa lagi selanjutnya.

(Klik Untuk Thread Game Lama Lainnya)


Setelah lama berpikir, akhirnya ane menemukan salah satu game lama yang wajib banget dibahas ulang. Episode 8 BGL (Buka Game Lama) akan diisi oleh Minesweeper. Terlalu jadul sih pembahasan kita kali ini emoticon-Ngakak (S).

Sediakan air minum yang banyak GanSist, karena pembahasan kita agak panjang kali ini.



sumber: https://www.microsoft.com/

Bagi mereka yang tumbuh di tahun 90-an, semua pasti terbiasa dengan sistem operasi paling populer yang digunakan hampir di seluruh dunia, yaitu Windows 3.1 dari perusahaan raksasa Microsoft. Dulu mah di tahun itu, tidak banyak permainan yang tersedia di perangkat komputer. Pilihan banyak orang pada saat itu adalah permainan yang sudah ada di sistem operasi Windows. Salah satunya Minesweeper, game yang dikenal sebagai game pembunuh waktu dalam legenda permainan.

Game ini bergenre permainan teka-teki, atau kadang kala disebut juga permainan logika. Dengan campuran Puzzle Game, pemain harus mengklik agar dapat membuka area untuk menemukan angka. Tetapi harus hati-hati, mengklik yang isinya satu bom saja akan mengakhiri permainan.



sumber: https://www.microsoft.com/

Game Minesweeper dari Microsoft dibuat oleh Curt Johnson, pengembang perangkat lunak Microsoft. Curt bertanggung jawab atas penulisan game untuk sistem operasi OS / 2 pada saat itu, dan dia juga yang merupakan kunci dari game tersebut. Selanjutnya di sistem Windows, Robert Donner membawa ulang kembali kode sumber yang diperoleh dari Curt untuk digunakan pada sistem operasi Windows.

Banyak perubahan terjadi dari permainan pada tes pertama. Tes pertama, nama permainan yang mereka berdua tetapkan adalah Mine, tetapi itu berubah menjadi Minesweeper setelah departemen hukum Microsoft mencoba menemukan nama yang unik. Dan tujuan dari permainan pada awalnya adalah tidak membuka semua area aman, melainkan hanya proses menghindari bom semata. Gagasan ini akhirnya diubah menjadi gaya ala Robert (Minesweeper versi sekarang) setelah memberikan uji tes kepada teman-temannya.



sumber: https://www.microsoft.com/

Beberapa versi Minesweeper yang ane ketahui hingga saat thread ini diposting:


- Mines 2.9

Dianggap sebagai versi pertama dari game Microsoft Minesweeper, dibuat pada tahun 1990 dan hanya dirilis untuk karyawan di tempat kerja. Menggunakan string bom sebagai detonator dalam game.


- Versi WEP

Ini adalah versi pertama yang dirilis setelah Microsoft mengintegrasikannya pada Windows Entertainment Pack (8 Oktober 1990). Grafik bom dan bendera diubah dengan gaya yang sudah dikenal. Game ini juga menandakan versi pertama dengan nama resmi Minesweeper.


- Versi Windows 3.1

Dirilis sebagai game yang datang dengan sistem operasi Windows 3.1 pada 6 April 1992. Hal baru yang ditambahkan adalah layar bantuan dan papan skor akan disimpan dalam file.


- Versi Windows 95

Dirilis dengan sistem operasi Windows 95 pada 24 Agustus 1995, ada perubahan pada grafis dalam game yang terlihat lebih kecil. Tetapi kontras warna kotaknya makin tajam, termasuk perubahan ikon game.


- Versi Windows 98
Dirilis pada 25 Juni 1998, dengan sistem operasi Windows 98, hanya menambahkan file bantuan yang baru. Selain itu, semuanya akan digunakan dalam versi Windows 95.


- Versi Windows 2000

Dirilis pada 17 Februari 2000, dengan 4 perubahan besar:
1. Papan mode default telah diubah menjadi lebar 9x9, tetapi tidak menambah jumlah bom.
2. Ada bug lompat timer yang akan menyebabkan game timer pertama menjadi lebih lambat dari waktu nyata.
3. Tersedia fitur Moving Window.
4. Bisa mengumpulan data game dengan sistem registrasi yang disediakan.


- Versi Windows ME
Dirilis pada 14 September 2000, menggunakan segala sesuatu yang ada di versi Windows 95 dan 98. Jadi cuma menu bantuan kecil saja yang berubah.


- Versi Windows XP

Nah versi ini yang menjadi paling banyak diketahui anak-anak pada zaman itu. Dirilis pada 25 Oktober 2001, dengan mengubah ikon game menjadi lonjakan biru berbentuk ledakan. Banyak orang yang akrab dengan ikon ini.


-MSN Messenger Minesweeper
Versi yang digunakan untuk bermain dengan teman-teman dalam program MSN Messenger (dirilis tahun 2003).


- Versi Windows Vista

Dirilis untuk Vista pada 30 Januari 2007 oleh Oberon Media, dengan perbaikan grafis yang benar-benar baru. Dan pemain juga dapat memilih apakah akan mengubah warna papan menjadi biru atau hijau. Ada juga pilihan untuk mengubah bom menjadi bunga.


- Versi Windows 7

Dirilis dengan Windows 7 pada 22 Oktober 2009, menggunakan versi Vista sebelumnya. Ada tambahan lebih banyak game pilihan online, termasuk kredit I-Play.


- Microsoft Minesweeper Versi Toko Microsoft

Versi terbaru dikembangkan oleh Arkadium, game ini dimuat di Microsoft Store. Minesweeper sepenuhnya didesain ulang dari segi grafisnya. Termasuk menambahkan berbagai mode ke dalam game juga.


Agak lucu sih, kalau diantara kalian tidak pernah bermain game ini sama sekali. Karena Minesweeper dianggap sebagai game yang sudah digemari banyak orang sejak lama. Microsoft Minesweeper pertama kali dirilis pada tahun 1990, sejauh tahun ini adalah tahun ke-29 sebagai permainan pengeboman yang telah menghantam layar komputer banyak orang emoticon-Ngakak (S).

Capek juga tangan ane ngetik mulu dari tadi, wkwk.
Ohh ya, yang mau request "Buka Game Lama"tinggal komentar dibawah.
Thanks and see you next thread GanSist.


Quote:


Diubah oleh amdar07 02-08-2020 08:48
swiitdebbyukhtyfit81nona212
nona212 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.2K
41
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.