Icchi.Avatar border
TS
Icchi.
Sindrom Kessler - Kiamat Teknologi
Quote:



Wilkommen, Welcome, Selamat Datang, Irrashaimase!



Dramatis ye gan? Ho'oh ... tapi skenario itu bukan cuman isapan jempol gan, skenario itu SANGAT mungkin terjadi. (coba dah nonton film judulnya "Gravity" yang maen sandra belok)

ane jelasin secara umum deh gan, apa itu Sindrom Kessler.

Tahun 1978-an, seorang Ilmuwan NASA bikin tiori, semakin banyak sampah mengambang di luar angkasa maka kemungkinan sampah ini tabrakan dan hancur lebur dan malahan jadi bikin semakin banyak sampah hingga akhirnya ngancurin semua satelit hingga akhirnya nutupin Bumi semakin besar.

bahasa ngapaknya begini:
Quote:


agan paling ketawa, lah cuma sampah doang apa bahayanya si .... ya kalo di depan rumah ente sampah paling bahaya bikin bau sama jadi sarang kecoa, tapi kalo di luar angkasa gan sebiji mur aja bisa jadi barang mematikan, karena kecepatan dia lebih dari 10 km per detik gan, 10 kali lipat dari kecepatan peluru.




kalo mur ini nabrak satelit, maka satelitnya bakalan pecah kaya balon gan dan menghasilkan ratusan bahkan ribuan mur-mur baru.

Trus agan nanya lagi, emangnya seberapa banyak si sampah di luar angkasa? Pertanyaan bagus gan, jawabnya: Banyak BAN-GET



sumber : http://stuffin.space/

itu web site yang memuat real-time, jumlah / orbit / detail masing-masing sampah. kalo agan zoom, titik-titik itu bergerak real-time.
dan semua ini dikumpulin cuma ralam rentang waktu 50 tahun gan, dengan laju kenaikan semakin melonjak setiap tahunnya.




coba liat, hanya dalam kurun waktu 2006 ke 2010, jumlah total debris melonjak dari tajam. itu belum hitung hingga tahun 2019, atau bahkan tahun-tahun kedepan, jika harga peluncuran roket semakin murah.

KESIMPULAN


Judul ane mungkin menyolok jidat gan, tapi ane ga serambangan bikin judul. Dunia bakalan riweuh kalo ngga ada satelit. Coba cek berapa banyak teknologi kita saat ini yang sangat tergantung sama satelit? tuh seperti yang ane tulis di intro.

Orang jaman segini kan ga megang HP sejam aja udah ga keruan bangun perasaannya ... teknologi dah jadi candu baru.

kebanyak orang belum terlalu ngeh, karena ini masalah jauh dari mata dan telinga, atau bahkan belum pernah denger sama sekali. Padahal kalo emang bener kejadian, efek Kessler Syndrom ini dahsyat banget gan.

SOLUSI


sampai saat ini, para pionir luar angkasa belum bisa dapetin solusi jitu buat meniadakan permasalahan debris. Selain berharap ngga ada mur-mur yang bertabrakan.

Sistem Peluncuran Kembali Pakai (Reusable Launch System) --- ane ga tau bahasa Indonesia bener apa salah, yang sekarang lagi ngetrend gegara Elon Musk, mungkin sedikit banyak membantu mengurangi debris. Untuk masa depan sendiri, mungkin bakal ada jenis pekerjaan baru, yaitu tukang bersihin sampah angkasa. (kaya manga "Planetes")

Elevator angkasa, leh uga gan .. karena sama sekali ngga menggunakan roket, walaupun ane yakin proyek ini bakalan mahal banget.


agan punya ide??

Sumur:
1. stuffin.space
2. spaceacademy.net.au/watch/debris/gsd/gsd.htm
3. scienceabc.com/nature/universe/what-is-kessler-syndrome-definition-example-effects-solution.html
4. bbc.com/future/article/20130609-the-day-without-satellites
5. Gravity (2013)
6. Planetes (manga by Makoto Yukimura)

Spoiler for repsol checker:


Diubah oleh Icchi. 31-10-2019 08:37
volcq
alifrian.
riskywira
riskywira dan 30 lainnya memberi reputasi
31
12.8K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.