dwyzelloAvatar border
TS
dwyzello
Saya Penderita PCOS, Saya Berhasil Hamil
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ❤


Welcome to my 1st thread.


Semoga tulisan saya ini bisa memberikan semangat kepada agan sista semua terutama yang masih menantikan calon buah hati.

Setelah menikah, hal yang paling diimpikan sebagian besar pasangan suami istri adalah memiliki buah hati. Namun, beberapa pasutri harus senantiasa bersabar untuk menunggu hadiah dari Allah yang satu ini. Well, itulah yang sempat saya alami empat tahun yang lalu.

Dilema, stress, bingung, sedih semua menjadi satu. Belum lagi komentar orang lain yang terkadang menyudutkan saya yang belum juga hamil. Padahal pasangan lain yang menikah jauh setelah saya sudah dikaruniai anak. Hal inilah yang membuat saya sampai sekarang berusaha untuk tidak menyinggung perkara hamil kepada pasutri yang belum dikaruniai anak.

Back to Title. Apa itu Pcos?

"Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)adalah sindrom atau kumpulan beberapa gejala yang menyerang indung telur (ovarium) dan proses pelepasan sel telur (ovulasi). Penderita PCOS memiliki tiga hal yang terjadi, yaitu banyak kista pada ovarium, kadar hormon laki-laki lebih tinggi, dan siklus menstruasi yang tidak reguler atau bolong-bolong."

Source :
https://www.alodokter.com/pcos




Source : https://instagram.com/ivanderutama?i...d=od8k7bxp15nt

Nah, sesuai dengan definisi diatas, saya termasuk wanita yang siklus haidnya tidak normal.
Berawal dari haid pertama yang terjadi di kelas 3 SMP, dimana teman-teman seusia saya sudah mengalami haid bahkan dari SD.

Sedangkan rentan waktu haid pertama menuju haid selanjutnya, bisa berjarak 2 bulan sampai dengan 6 bulan. Padahal normalnya, wanita mendapatkan haid setiap bulan dengan siklus yang sama per bulannya.
Hal tersebut masih terjadi sampai saya menikah.

Selain itu, Pcos terjadi pada wanita yang kelebihan hormon androgen (hormon laki - laki).
Kalau ini sih, saya sering menemukan 3 sampai 4 helai rambut dijanggut saya. Makanya sering saya cabutin.hehe

Oke lanjut ke cerita program hamil saya dan suami.
Saya menikah di Tahun 2015. Karena ekspektasi awal menikah berharap bisa cepat hamil, akhirnya saya resign dari pekerjaan saya. Berhubung sebelumnya bekerja dan beralih menjadi tidak bekerja, berat badan saya semakin bertambah. Kesalahan fatal yang saya lakukan adalah sudah tahu badan semakin gemuk, tapi saya masih juga doyan makan - makanan manis yang membuat Pcos ini semakin parah.

Pasca Haid saat bulan pertama menikah, 5 bulan selanjutnya saya baru mendapatkan haid. Dan parahnya, haid pasca menikah semakin kacau. Karena hanya flek - flek saja yang membuat saya tambah galau. Akhirnya saya dan suami berinisiatif berkonsultasi ke Obgyn untuk memastikan kondisi saya.
Dan setelah mendengar penjelasan obgyn, saya langsung down karena beliau mengatakan sel telur saya banyak dan berjumlah lebih dari 20 sel telur ( di ovarium kanan dan kiri ).
Ukuran sel telur tersebut sangat kecil dan rata-rata hanya berdiameter 0,2 mm.
Nah, pengecheckan ini dilakukan dengan USG transvaginal.

Jadi agan dan sista,
Wanita dianugerahi dua ovarium (indung telur) di sebelah kanan dan kiri. Normalnya didalam ovarium tersebut, sel telur dikatakan matang dan siap dibuahi apabila berdiameter 18 - 23 mm. Dari situ saya sadar bahwa ada ketidaknormalan dalam sistem reproduksi saya.
Bukannya tambah semangat, saya tambah down karena kendala ini.

Kemudian Obgyn meresepkan saya obat yang salah satunya membuat saya ragu. Yaitu Pil KB? dalam hati : "excuse me? Are u serious dok? Saya mau hamil kok malah dikasih pil KB?"



Pict Source : Google

Tenang agan sista, itu hanya sebuah kesuudzonan saya.haha
Obgyn menyarankan untuk meminum warna tertentu pada pil KB tersebut yang notabene mengandung hormon esterogen dan progesteron yang tinggi. Kembali ke definisi Pcos dimana saya kelebihan hormon laki - laki, that's why dengan meminum pil KB ini, diharapakan hormon kewanitaan saya bisa bangkit dan kembali haid dengan lancar.😁


Selain Pil KB, ada obat pembesar sel telur yang diminum pada hari ke-2 Haid, dan pada hari ke-11 haid diharapkan untuk berkonsultasi kembali ke obgyn untuk memastian apakah sel telur saya matang atau tidak.

Karena promil ini saya dan suami lakukan dengan tanpa rencana, akhirnya saat saya haid, saya dalam posisi sedang berlibur diluar kota. Tetapi tetap saya lakukan prosedur meminum obat dan melaksanakan pesan obgyn agar promil ini berhasil.

Singkat cerita, promil ini gagal. Dan saya berencana untuk mencoba berihtiar dengan tanpa dokter.
Dari meminum juz buah diva (kombinasi apel, wortel dan tomat ) yang banyak direkomendasikan oleh mbah google.
Mencoba therapi Jeniper ala Dewi Yul dimana saya harus mencari jeruk nipis sebanyak - banyaknya (sampai saya dikira jualan soto karena borong jeruk nipis.haha)
Belum lagi effort memeras jeruk nipis yang bikin jari-jemari pedas. Dan finalnya kudu meminum perasan jeruk nipis yang rasanya mashaAllah. Muahaha
Dan tak hanya itu, saya juga sempat ke dukun pijat yang konon katanya bisa membuat posisi rahim menjadi subur, minum ramuan beras, bunga-bungaan memakai air mentah yang menurut saya tidak logis. Pkoknya, tak terhitung ihtiar yang saya lakukan untuk berusaha hamil. Tapi semuanya nihil.

Karena saya sudah jengah dengan cara-cara non medis tersebut, saya memutuskan untuk kembali lagi ke obgyn. Saat diperiksa, kondisi saya masih sama dengan sebelumnya yaitu sel telur dengan jumlah banyak yang ukurannya sangat kecil. Secara otomatis , saya down kembali.
Namun, pesan dokter yang saya ingat adalah kalau mau hamil, sehatkan dulu badanmu, rubah pola hidup menjadi lebih sehat, istirahat yang cukup serta berolahraga.

Oke, Berusaha hidup sehat pun mulai saya terapkan.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Apakah saya sama sekali tidak minum suplemen?
Saya tetap meminum suplemen. Yaitu asam folat. Tujuannya adalah kalau saya nanti hamil, janin yang saya kandung diharapkan bisa berkembang dengan baik. Karena informasi dari obgyn, asam folat sebenarnya bukan untuk menyuburkan kandungan. Tapi bertujuan untuk mempersiapkan nutrisi penting bagi janin kelak jika kita hamil.

Hasil dari usaha saya diatas sudah jelas adalah berat badan saya menjadi lebih ideal, dan ternyata berpengaruh terhadap siklus haid saya.
Dan alhamdulillah saya bisa melahirkan anak pertama saya di Akhir Tahun 2017. ❤


Source : Galeri Pribadi

Quote:


Sekian thread pertama saya.
Terima kasih sudah berkenan mampir.
Lope lope in the air 🍁🍁

Quote:


Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..
Diubah oleh dwyzello 12-11-2019 15:55
hensem12
xiahu
ElviHusna
ElviHusna dan 40 lainnya memberi reputasi
41
20.7K
191
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.