Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bangreza10Avatar border
TS
bangreza10
Bagaimana Kita Memaknai Sumpah Pemuda Dulu Dan Sekarang!!!




Hello gansist semua nya
berjumpa lagi bersama ane bangreza10


Di therd kali ini ane akan membahas sedikit tentang Bagaimana kita memaknai Sumpah Pemuda dulu dan sekarang




Hampir satu abad berlalu atau tepatnya 91 tahun yang lalu pada tanggal 28 Oktober 1928 perwakilan pemuda-pemuda dari seluruh wilayah di Indonesia berkumpul dalam suatu kongres yang bertujuan untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia, mereka membulatkan tekad dan dan berikrar yang dikenal dengan Sumpah Pemuda.



Sampai saat ini kita selalu memperingati hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya walaupun dengan zaman yang sudah berbeda. Ini menunjukkan bahwa kita generasi muda menyadari betapa besar pengorbanan pemuda-pemuda zaman dulu untuk persatuan bangsa. Tentunya kita dapat memaknai Sumpah Pemuda dengan melakukan yang terbaik untuk bangsa ini. Namun tidak dipungkiri juga masih banyak pemuda zaman kini yang melupakan arti penting sumpah pemuda karena kemajuan teknologi dan era globalisasi.




Gansist tentu masih ingat dan hapal dengan isi Sumpah Pemuda yang diikrarkan pemuda-pemuda 91 tahun yg silam.


Berikut adalah isi dari ikrar Sumpah Pemuda tersebut:


1) Kami putra dan putri Indonesia mengaku, bertumpah darah satu, tanah air Indonesia


Rasanya ikrar ini masih belum terlaksana karena masih ada wilayah Indonesia, pulau-pulau di Indonesia yang diakui bahkan dijual ke negara lain, padahal seharusnya pemuda Indonesia dapat mempertahankan keutuhan tanah air kita, generasi milenial sekarang seolah tidak perduli akan hal ini, mereka sibuk dengan dunia sosial media mereka, tanpa sadar bahwa tanah air tercinta ini butuh dukungan dan peran serta mereka agar tetap utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


2) Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia


Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya, yang terdiri dari bermacam-macam budaya, suku, agama, ras serta adat istiadat. Dan pemuda-pemuda zaman dulu sudah mempersatukan dalam suatu kesatuan bangsa yaitu bangsa Indonesia.
Kenyataan nya saat ini masih banyak terjadi bentrok antar pelajar, hal tersebut sama sekali tidak mencerminkan persatuan bangsa seperti yang diperjuangkan pemuda zaman dulu.


3) Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia


Kita melihat pemuda zaman sekarang kurang menghargai dan tidak bangga dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu seluruh wilayah di Indonesia. Banyak generasi muda lebih bangga bisa berbahasa asing.
Selain itu masih banyak daerah-daerah pedalaman di Indonesia yang tidak bisa terhubung dengan dunia luar karena mereka tidak mengenal bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia.

Rasanya kita sebagai generasi muda, pemuda zaman ini perlu belajar dari sejarah dan mengingat kembali arti Sumpah Pemuda dan mengaplikasikan untuk persatuan dan kesatuan bangsa.



Dan itulah Sumpah Pemuda menurut gua sumpah pemuda adalah sejarah yang sangat penting bagi kita untuk mengingatnya jangan lupakan sejarah sejarah Indonesia ya gansist.



Sumber : pemikiran sendiri
Gambar : original edit sendiri
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
358
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.