syafetriAvatar border
TS
syafetri
Manusia Diciptakan Saling Melengkapi Satu Sama Lain


Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari orang lain. Apakah bantuan atau hanya sekedar kehadirannya saja. Tak ada seorangpun yang sanggup hidup sendiri di atas dunia ini.

Bila seseorang menganggap dirinya lebih dibanding yang lain terutama karena masalah rasisme, sungguh rugilah orang tersebut. Karena Allah SWT, Sang Pencipta manusia, telah menganugerahi tiap-tiap manusia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengapa demikian? Agar manusia bisa saling bekerja sama, saling memanfaatkan dan melengkapi kekurangan orang lain dengan kelebihan yang dimilikinya.

Contohnya orang suku Minang dengan suku Jawa. Orang Minang biasanya lebih unggul dalam dunia perdagangan, terkenal dengan para perantaunya yang selalu siap membuka lapak dagangan di setiap tempat yang disinggahi. Sehingga dia bisa bekerja sama dengan orang dari suku Jawa, yang biasanya ulet dan tekun dalam bekerja apakah bertani atau menghasilkan suatu karya yang bernilai.

Orang Minang bisa membantu menjualkan hasil karya dan pertanian orang Jawa. Tentu dengan 'syarat dan ketentuan berlaku'.

Lalu apa jadinya bila mereka bertengkar, bermusuhan dan saling menjelekkan?

Orang Minang akan kehilangan mata pencahariannya karena kesulitan mencari barang dagangan. Begitupun dengan orang Jawa, hasil pertanian akan menumpuk dan membusuk, hasil karyanya akan lapuk di makan rayap karena pedagang tidak mau membantu menjualkan.

Itu hanya sekedar contoh kecil, bahwa tiap manusia dan golongannya memang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Alangkah bermaknanya hidup ini bila kita bisa berdampingan secara damai, dengan menghilangkan rasa jumawa, tinggi hati dan benci. Jangan saling curiga dan menyalahkan satu sama lain.

Pandanglah bahwa kita semua sama! Sama-sama tercipta dari bahan dan proses yang sama. Dan sama-sama akan kembali ke tempat yang sama yaitu kubur.



Marilah kita bersatu untuk mencapai satu tujuan. Setidaknya untuk kejayaan bangsa besar yang kita cintai ini. Janganlah, pertikaian dan perpecahan yang terjadi mengakibatkan masuknya pihak lain yang ingin mengambil keuntungan dari negeri ini. Akibatnya kita sendiri yang rugi, karena dengan terpecah belah kita menjadi lemah dan kelemahan itu dengan mudah akan dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mencari keuntungannya sendiri.

Jadi, marilah sama-sama kita menyuarakan: Stop Rasisme!



emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Sumber gambar: google
anasabila
4iinch
embunsuci
embunsuci dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.9K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.