Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Luhut akan Wakili Jokowi di China untuk Tugas Khusus
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan menghadiri pembukaan China International Import Expo (CIIE) 2019 di Shanghai, China, pada 5 November 2019.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Dody Edward mengatakan, Indonesia akan menempati booth seluas total 318 meter persegi. Total peserta yang berpartisipasi sebanyak 172 negara.

Ini kali kedua Indonesia berpartisipasi setelah tahun lalu sempat menjadi country partner pada expo tersebut. Mengenai Indonesia yang tidak menjadi country partner tahun ini, Dody mengatakan posisi tersebut memang harus diberikan secara bergilir kepada negara lain. 


Ia mengatakan, pelaksanaan CIIE merupakan pasar terbuka. Indonesia merupakan termasuk dalam 16 besar negara pemasok ke China. Sebanyak 17 perusahaan Indonesia akan berpartisipasi dalam pameran.

"Produk yang ditampilkan di antaranya sarang burung walet, kelapa sawit, makanan dan minuman, kopi, bijih plastik, produk pertanian, sektor energi, dan kita ingin adanya investasi di situ," kata Dody di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Pelaksanaan CIIE berlangsung di tengah pertumbuhan ekonomi China tahun ini yang diprediksi di rentang 6,0-6,5%, turun dibanding 2018 sebesar 6,6%. Meski begitu, Dody mengaku optimistis Indonesia bisa membawa peluang ekspor Indonesia ke sana.

Presiden China Xi Jinping dijadwalkan hadir untuk membuka CIIE. Sementara, Keterlibatan Luhut Pandjaitan di pembukaan pameran disebut lantaran mandatnya sebagai special envoy atau duta khusus.

"Bapak Presiden juga diundang untuk hadir. Pak Menko [Luhut] special envoy, tugas khusus. Ini undangannya diminta kehadiran kepada Bapak Presiden, kemudian Pak Presiden menunjuk Pak Menko Maritim karena kapasitas beliau sebagai special envoy untuk China," kata Dody.

Berdasarkan data dari United Nation (UN) Comtrade, sepanjang 2018 total ekspor Indonesia ke China mencapai US$ 27,13 miliar. Komoditas Tanah Air yang paling banyak dikirim ke China di antaranya, bahan bakar mineral dan produk distilasinya; lemak dan minyak dari hewan maupun tumbuhan, besi dan baja; bijih, ampas, dan debu; bubur kayu, sisa atau scrap dari kertas (termasuk kertas karton). (hoi/hoi)



[url]https://www.cnbcindonesia.com/news/20191101175850-4-112091/luhut-akan-wakili-jokowi-di-china-untuk-tugas-khusus [/url]

khusus gan
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
994
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.