Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Siapa Artis Indonesia yang Cocok Memerankan Joker? dan Kenapa Dia?

telah.ditipuAvatar border
TS
telah.ditipu
Siapa Artis Indonesia yang Cocok Memerankan Joker? dan Kenapa Dia?




Kemarin ane sempet nonton film yang lagi trending yaitu Joker. Kebetulan versi duplikatnya sudah viral di banyak situs, jadi ane nonton walau kualitas agak buram dan tanpa subtitel. Maklum ane penikmat film kere, maunya nonton ke bioskop tapi bisanya cuma nunggu bluray.

Tapi nyatanya asyik juga. Walau ane ga tau apa yang mereka omongin dalam film, tapi dikit-dikit udah ngerti garis besar ceritanya mengarah kemana. Dan menurut ane aktor yang memerankan Joker udah pas. Soalnya memerankan Joker sepertinya ga gampang juga, karena villain macam Joker itu ga bisa ditebak. Kalo dilihat dari luar sih kayaknya klemar-klemer tapi sekali ngamuk bisa nembak.

Nah, ngomongin tentang film Joker yang fenomenal itu, ane jadi teringat salah satu artis dalam negeri yang hampir mirip dengan karakter Joker. Baik dipandang dari penampilannya atau gayanya. Siapa dia? Dialah Aming.



Beberapa waktu yang lalu, produser film tanah air berencana membuat film superhero seperti Marvel yang diberi judul Bumi Langit. Ane cuma tahu sebatas judulnya saja, tapi mungkin superhero di Bumi Langit tidak jauh berbeda dengan superhero di MCU. Ane pikir film pahlawan Marvel saja bisa diadopsi ke tanah air, dan film antihero kayak Joker mestinya juga tidak menutup kemungkinan. Dan menurut ane Aming bisa masuk sebagai salah satu calon pemeran Joker.

Kenapa Aming? Karena menurut ane ada beberapa poin yang menunjukkan kesamaan antara dirinya dan Joker. Ini cuma dari tampilan luarnya saja, kalo untuk masalah penjiwaan, pengalaman akting layar lebar dan unsur lain ya ane kaga tahu. Berikut poinnya:

Tubuh Kurus

Joker adalah penjahat yang sebelumnya tidak ada rencana untuk jadi penjahat. Karena jangankan untuk bersikap usil kepada orang lain, untuk melindungi dirinya saja kadang tidak mampu. Itu disebabkan karena tubuhnya yang agak kurus dan sedikit membungkuk. Bahkan di filmnya terlihat beberapa tulangnya yang menonjol saking kurusnya. Bentuk tubuh yang agak slimy juga dimiliki oleh Aming. Tapi justru dengan kekurusannya itulah dia punya ciri khas yang membedakan dirinya dengan artis lain.



Berprofesi sebagai Komedian

Di film Joker diceritakan tokoh utamanya ingin jadi pelawak. Awalnya ia dinasehati ibunya agar rajin sekolah dan setelah lulus ia mencari nafkah. Tapi ia tidak mau malah menjawab ingin jadi komedian. Dan itu memang terjadi saat ia sudah dewasa. Ia tampil di klub kecil, lalu bisa tayang di acara tv nasional. Malah nasehat ibunya dulu dijadikan sebagai salah satu bahan lelucon saat tampil. Karena memang niatnya jadi pelawak, maka Joker tidak menemui kesulitan berarti saat menghibur para penontonnya.

Sama dengan Aming. Artis ini juga populer sebagai pemeriah suasana entah itu di acara talkshow atau tayangan komedi. Gerak-gerik dan tingkah lakunya di atas panggung mampu membuat penonton tergelak.



Bisa Tampil Nyentrik

Seorang penjahat kudu punya identitas khusus agar ditakuti lawan dan disegani kawan. Maka dari itu si Joker rela mewarnai wajahnya agar tampak beda dari penjahat lain. Wajahnya diwarnai putih. Rambutnya disemir hijau. Bibirnya dilumuri merah darah. Inilah sang pembuat keonaran di Gotham.

Pun demikian dengan Aming. Dia juga kadang menampilkan dirinya dengan dandanan unik dan jarang ditiru orang lain. Kayak pas jadi Pinky Boy di komedi Extravaganza jaman dulu. Doi berperan sebagai seorang manusia yang serba pink. Kostumnya pink. Rambutnya pink. Dengan dandanan cerah begitu dia bisa dikenali banyak orang.



Gaya Bicara yang Terkesan Lemah Tak Berdaya

Ini ga ada hubungannya dengan tubuhnya yang kurus. Karena ada orang kurus kecil tapi suaranya menggelegar penuh semangat kalo pas pidato. Ini memang dari cara bicaranya aja yang memang ane sorot. Baik Joker dan Aming gaya bicaranya ga semantap suara orang lain. Kalo pas ngomong kadang terdengar ringkih dan lambat, seakan-akan tidak ada gairah atau kekuatan yang menyertainya. Sehingga orang yang diajak bicara kadang ga kedengeran, seperti yang ditunjukkan Joker saat ia ngobrol dengan petugas arsip di rumah sakit. Si petugas sampai minta Joker mengulangi perkataannya karena suaranya sangat pelan dan tidak kedengaran sang petugas. Bandingkan suara Joker dan Aming dibawah ini:





Nada Tawa yang Terdengar Melengking Tinggi

Nada tawa antara satu dengan lainnya itu kadang beda. Ada yang nadanya rendah asal kedengaran saja. Ada yang terbahak keras sampai ngajak-ngajak sekitarnya ikut ketawa juga. Tapi ada juga yang arahnya ga ke lucu tapi malah nyeremin, biasanya nadanya tinggi kayak ketawanya psikopat.

Salah satu psikopat yang nada tawanya menakuti orang adalah si Joker. Kalo didengerin di kuping bukannya nyenengin tapi malah nakutin. Hal ini juga dimiliki sama Aming. Kadang kalo doi udah ngomong sesuatu yang lucu biasanya diakhiri dengan tawanya yang khas. Nadanya tinggi banget dan terkesan histeris, persis punyanya si Joker. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini:





Jadi itu dia unek-unek ane. Mungkin di luar pengetahuan ane ada artis atau aktor lain yang lebih pantas memerankan Joker. Tapi itulah gambaran sekilas yang ane tangkap tentang Joker dan Aming. Thanks for reading.

Sumber Ilustrasi: Google Images, Youtube + ane edit dikit

Diubah oleh telah.ditipu 02-11-2019 06:39
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
1.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.