Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rienas82Avatar border
TS
rienas82
Komodo Cuma Hidup Di Indonesia! Ini Alasannya?
Komodo Cuma Hidup Di Indonesia! Ini Alasannya?


Hay Agan dan Sista. Selamat pagi semuanya. Kembali lagi Nas mau ikutan buat thread event tentang hewan komodo. Meskipun hari ini sudah DL ya? Tak apalah Nas masih antusias untuk mengikutinya. Bismillah.

Komodo yang kita tahu adalah hewan langka satu-satunya yang ada di dunia dan kepunyaan negara Indonesia. Komodo juga hewan yang dilindungi di negara Indonesia karena hewan ini masuk dalam World Heritageatau keajaiban dunia. Maka tidak heran apabila banyak orang yang antusias ingin melihat hewan ini secara langsung di pulau komodo yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Beberapa pekan kemarin sempat tersiar kabar sederet pro dan kontra mengenai pulau komodo ini dimulai dari pulau komodo yang akan ditutup, kemudian yang terbaru adalah tiket masuk ke kawasan wisata pulau komodo seharga Rp. 14 juta. Mendengar kata 14 juta saja sudah membuat bulu kuduk Nas agak merinding. Pasalnya, tarif harga sekian bisa dikatakan terlalu mahal untuk memasuki sebuah kawasan wisata.

Komodo Cuma Hidup Di Indonesia! Ini Alasannya?

Sumber: gambar

Namun, Agan dan Sista hal ini akan menjadi masuk di akal apabila kita tahu tentang riwayat hewan komodo ini. Kenapa hewan komodo ini hanya ada di negara Indonesia saja (the one and only). Berikut penjelasannya yang Nas ambil dari sumbernya langsung.

Komodo termasuk dalam spesies atau jenis kadal terbesar di dunia yang panjang tubuhnya bisa mencapai 3 meter. Komodo ini bisa dikategorikan sebagai hewan predator buas dan bahkan bisa menyerang manusia serta hewan lainnya misalnya rusa.

Quote:


Para ahli yang melakukan pengamatan terhadap komodo di 4 pulau dalam satu tahun mengungkap bahwa hewan komodo ini adalah kelompok homebodyatau anak rumahan. Mereka tidak pernah berkeinginan untuk meninggalkan tanah kelahirannya hingga kapanpun. Wah, bisa disimpulkan hewan komodo ini tipe setia ya?

Lantas, apakah hewan komodo ini memang tidak mampu berpindah tempat ke daerah lain?

Komodo Cuma Hidup Di Indonesia! Ini Alasannya?

Sumber: di sini

Penelitian dilakukan dengan cara memindahkan 7 komodo dewasa dari wilayah asal. Beberapa dari mereka dibawa sejauh 13,7 mil, tetapi masih ada di pulau yang serupa. Sedangkan selebihnya dipindahkan ke lain pulau yang terpisah dan jaraknya kira-kira 1 mil.

Alhasil, seekor komodo yang dipindahkan ke lain pulau tersebut mengalami masalah yakni tidak bisa kimpoi dengan penghuni di tempat barunya dan mengalami kesulitan pula dalam mendapatkan mangsa atau buruan.

Sebuah data DNA pun menunjukkan bukti bahwa terjadi perkimpoian sedarah dalam populasi hewan komodo.

Nah, hewan komodo ini memang unik ya GanSist? Jadi, sebenarnya tidak masalah apabila harga tiket masuk ke kawasan pulau komodo ini mahal asalkan tepat guna demi menjaga populasi hewan komodo jangan sampai punah. Agar generasi penerus kita nantinya dapat melihat hewan langka asli Indonesia ini tetap ada.



Sumber: di sini aja
Diubah oleh rienas82 31-10-2019 04:43
darmawati040
sebelahblog
sebelahblog dan darmawati040 memberi reputasi
2
707
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.