Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pranataandriAvatar border
TS
pranataandri
Mencicipi Kuliner Khas Kota Manado
Beberapa waktu lalu Ane berkesempatan untuk singgah ke daratan Sulawesi lagi, lebih tepatnya ke Kota Manado. Tapi kali ini untuk keperluan pekerjaan, haha. Perjalanan karena hal pekerjaan tidak menghalangi Ane untuk mengeksplor kota ini. Bersama beberapa teman kantor Ane, kami memutuskan untuk mencicipi kuliner di Kota Manado. Artikel ini sudah terbit di blog original Ane di https://thenomaddict.blog

Kota Manado sudah terkenal dengan olahan makanan-makanan lautnya. Akan tetapi, selama kurang lebih 4 hari Ane disana, akan terasa bosan jika ketemu seafood terus. Ane bahkan mengumpulkan rekomendasi dari artikel blog dan beberapa teman yang bekerja di sini untuk sekadar menemukan tempat nongkrong atau membeli cemilan-cemilan di Kota Manado.

Berikut list kuliner yang sempat Ane kunjungi selama beberapa hari di Manado. Oia, semua list dibawah ini dapat dengan mudah ditemukan di Google Maps.

1. Nasi Kuning Seroja
Teman-teman kalau sering ke Sulawesi terutama Sulawesi bagian utara, pasti tau kalau nasi kuning merupakan makanan khasnya. Nah di Manado ini, yang cukup terkenal yaitu Nasi Kuning Saroja. Banyak blog atau artikel yang mereferensikan ke tempat ini jadi Ane cukup penasaran.

Spoiler for RM Nasi Seroja:


Harganya memang 2x lipat dari nasi kuning di Jakarta. Tetapi ada tambahan topping selain telur rebus seperti daging sapi dan cakalang. Ini yang membuat rasa nasi kuningnya berbeda, kamu wajib mencoba! Harganya 20000 IDR kalau makan di tempat, sedangkan 22000 IDR apabila ingin dibawa pulang. Kok lebih mahal dibungkus ya? Karena dibungkus dengan unik dengan menggunakan daun woka.

Spoiler for Nasi Kuning Manado!:


2. Es Tji Mei dan Pisang Goroho di Kios Es Tji Mei
Es Tji Mei atau es kacang merah sebenarnya mirip dengan es campur. Di kios ini bahkan teman-teman bisa mencoba varian lainnya dengan durian. Disini juga ada pisang goroho, yaitu pisang yang disajikan dengan sambal cakalang. Sensasinya mirip makan kentang goreng karena pisangnya tidak terlalu manis. Lokasinya terletak di Jl. Sudirman.

Spoiler for Es Tji Mei:


3. Rahang Tuna RM Afisha
Tuna sudah terkenal di Sulawesi, daging tuna yang segar-segar terdapat di berbagai warung seafood di berbagai tempat di Sulawesi termasuk di RM Afisha ini. Lokasi rumah makan ini terletak di Jl. Balai Kota, mudah terlihat karena di pinggir jalan. Nah disini yang jarang-jarang yaitu rahang tuna. Dengan harga cukup 35000 IDR, kita disajikan separuh rahang tuna. Disini kami juga mencoba kuliner lainnya seperti ikan tindarung (blue marlin).

Spoiler for Rahang Tuna RM Afisha:


4. Kopi Toraja di C3 Café Coffee Cup
Untuk teman-teman yang mencari tongkrongan malam asik buat sekedar ngopi-ngopi, C3 Café cocok nih. Lokasinya di Jl. Piere Tendean, nah daerah nongkrongnya pemuda-pemuda manado tuh. Di café ini menyediakan cemilan-cemilan dan juga kopi khas Toraja.

Spoiler for Kopi Toraja C3 Kafe:


5. Bubur Tinutuan , RM Wakeke
Seperti bubur pada umumnya, Tinutuan cocok dinikmati untuk sarapan. Disajikan hangat-hangat, dengan jagung, sayuran seperti kemangi dan bayam, dan juga tidak ada daging. Lokasinya ini terletak di kawasan Wakeke. Di kawasan ini banyak warung yang menyediakan Bubur Tinutuan jadi tinggal pilih .

Spoiler for Bubur Tinutuan Manado!:


6. Cemilan di K8 Coffee
Di Jakarta dan beberapa kota besar sekitarnya punya warunk upnormal. Di Manado, ada K8 Coffee. Tempat ini mirip dengan warunk upnormal dan menjadi tongkrongan anak-anak muda dan juga warga sekitar. Di café ini terdapat jajanan khas Manado yaitu biapong atau yang kita biasa kenal sebagai bakpau, ada juga jajanan khas lain seperti kue cucur.

Spoiler for Cucur dan Biapong:


7. Tuna House (Sashimi Tuna & Sate Tuna)
Untuk penggemar tuna seperti Ane, Sulawesi adalah kota terbaik karena menyediakan olahan tuna di berbagai rumah makan. Nah karena Ane ngidam Sashimi tuna sejak berada di Gorontalo yang stoknya selalu habis, akhirnya setelah mendengar kalau di Tuna House ada sashimi, maka tempat ini menjadi target Ane ketika berada di Manado.

Spoiler for Sashimi Tuna:


Benar Saja, sashimi tuna segar yang disajikan beserta singkong rebus ini sungguh nikmat! 1 porsi seharga 50000 IDR. Ada beberapa Tuna House di Manado, kemarin Ane mengunjungi resto yang berada di Jl A.A. Maramis yang searah dengan Bandara Sam Ratulangi. Oia disini juga ada olahan tuna lain seperti sate tuna.

Spoiler for Sate Tuna:


8. Ikan Tuda Bakar di Angel Fish Resto
Makanan laut lain yang perlu dicoba disini yaitu Ikan Tuda Bakar di Angel Fish Resto. Ikan Tuda umumnya dikenal juga sebagai ikan kembung. Olahannya dengan sambal dabu-dabu semakin membuat ikan ini terlihat lezat. Dengan membayar 35000 IDR, teman-teman dapat mencicipi paket 1 porsi ikan tuda bakar (2 ikan) dengan nasi, sayur kangkung, dan minum. Lokasi Angel Fish Resto berada di daerah Paal Dua.

Spoiler for Paket Ikan Tuda Bakar:


9. Seafood di RM Dabu-Dabu Lemong
Satu tempat terakhir yang Ane kunjungi sebelum pulang kembali ke Jakarta, Dabu-Dabu Lemong resto yang terletak di Jalan Boulevard. Dabu-Dabu Lemong cocok didatangi sewaktu malam karena ada live music-nya.

Spoiler for Live Music Dabu-Dabu Lemong:


Restoran ini bersih dan menu makanan yang ditawarkan variatif juga, sama seperti RM Afisha. Hanya saja sedikit lebih mahal. Beberapa blog merekomendasikan cumi bakarnya, tapi sayang waktu Ane kesana sedang habis. Rekomendasi dari Ane yaitu cobain masakan ikan apapun dengan kuah kuning, kuah asam, atau pun ikan bakarnya, enak semuaaa!

Spoiler for Pesta makanan di Dabu-Dabu Lemong:


Baca Juga: Referensi traveling ke Tana Toraja

Sekian list kuliner Kota Manado yang sempat Ane jajal sewaktu di Manado. Semoga bisa memberi pencerahan untuk para traveler yang sedang berkunjung ke kota ini. Yang mau nanya detail soal tips-tips traveling kesana bisa tinggalin comment dibawah yah!

Jangan lupa follow instagram Ane juga yaa buat liat-liat hasil dokumentasi Ane selama perjalanan trip kemanapun.
Instagram : pranataandrii

Never stop exploring Indonesia



Diubah oleh pranataandri 22-04-2019 13:51
siapika
trifatoyah
twitteregg
twitteregg dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.4K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.