Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tiket 14 Juta Kaget? Selama Ini Ongkos ke Pulau Komodo Jutaan Loh

mobakokbatman7mAvatar border
TS
mobakokbatman7m
Tiket 14 Juta Kaget? Selama Ini Ongkos ke Pulau Komodo Jutaan Loh


emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)


emoticon-Haiemoticon-Motretemoticon-Hai

SELAMAT MEMBACA WOY
| | |



sumber gambar hipwee

Beberapa dari kalian mungkin kaget saat mengetahui wacana soal kenaikkan harga tiket wisata Pulau Komodo. Pemerintah NTT dan Menko Maritim mengusulkan harga tiket masuk wisata tersebut sebesar 14 juta rupiah. Jumlah nominal yang cukup besar untuk sebuah kegiatan wisata di Indonesia.

Ada beberapa alasan pemerintah membuat wacana kenaikkan harga tiket masuk wisata Pulau Komodo. Pertama, pemerintah ingin Pulau Komodo menjadi wisata eksklusif. Kedua, pemerintah sangat ingin menjaga lingkungan wisata Pulau Komodo.

Sebenarnya sadarkah kalian bahwa 14 juta itu baru harga tiket masuknya saja? Nyatanya selama ini untuk berwisata ke Pulau Komodo ada banyak sekali biaya yang perlu diperhatikan. Mulai dari ongkos pulang-pergi, kemudian penginapannya, biaya makan, biaya transportasi kapal, dan tentu biaya tiket masuk, serta biaya lain di luar dugaan.


sumber gambar hipwee

Dengan banyaknya biaya yang perlu diperhatikan, kalian harusnya kaget dari dulu gitu. Lagi pula berwisata ke Pulau Komodo lebih baik bersama-sama, karena fasilitasnya akan lebih hemat. Wacana harga tiket 14 juta mungkin setara dengan biaya keseluruhan berwisata ke Pulau Komodo untuk saat ini, bahkan tidak sampai 14 juta.

Perlu diketahui bahwa untuk harga tiket pesawat menuju Labuan Bajo dari Jakarta sekitar 1,5-2 juta, sehingga memerlukan 3-4 juta untuk pulang-pergi. Sedangkan untuk menghemat bisa memilih pergi ke Bali terlebih dahulu dengan ongkos 500 ribu. Kemudian dari Bali menuju ke Labuan Bajo dengan ongkos sekitar 700 ribu, sehingga keseluruhannya butuh 2,4 juta untuk pulang-pergi. Namun waktu yang diperlukan lebih lama. Jika ingin lebih hemat lagi, transportasi kapal bisa menjadi pilihan yang tepat. Kapal menuju ke Bali dari Yogyakarta butuh ongkos sekitar 250 ribu. Kemudian kapal dari Bali ke Labuan Bajo sekitar 235 ribu. Waktu dibutuhkan juga jauh lebih lama.

Lalu kenapa harus ke Labuan Bajo? Hal ini dikarenakan semua aktivitas kependudukan ada di sana. Lagi pula tidak mungkin pesawat komersial mendarat di Pulau Komodo langsung kan. Di Labuan Bajo juga terdapat penginapan dengan biaya sekitar 400 ribu, anggap saja ini termasuk makan.

Setelah dari Labuan Bajo, baru bisa menuju ke Pulau Komodo menggunakan akses kapal. Biaya sewa kapal sekitar 1,5 juta per hari untuk kapasitas 15 orang. Maka dari itu pergi bersama-sama akan lebih menguntungkan.

Jadi biaya ongkos diluar harga tiket masuk untuk berwisata ke Pulau Komodo, yaitu.

Menaiki pesawat langsung
4.000.000+400.000+1.500.000= 5.900.000

Menaiki pesawat melalui Bali dahulu
1.000.000+1.400.000+400.000+1.500.000= 4.300.000

Menaiki kapal
250.000+235.000+400.000+1.500.000= 2.385.000


Perkiraan biaya di atas berdasarkan sumber di sini dan ini, yaitu untuk wilayah Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Semakin dekat, maka akan semakin hemat ongkosnya. Lumayan mahal bukan? Ingat itu belum termasuk tiket masuk Pulau Komodo.

emoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingung

Sumber: detik.com, hipwee 1, hipwee 2

emoticon-Menangemoticon-Gregetanemoticon-Menang


TERIMA KASIH!
Komen aja dulu, baru baca.




adesuryart
sebelahblog
sebelahblog dan adesuryart memberi reputasi
2
203
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.