Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Baru, Ilmuwan Membuktikan Ternyata Buaya Purba Mengkonsumi Makanan Ini

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Baru, Ilmuwan Membuktikan Ternyata Buaya Purba Mengkonsumi Makanan Ini

[ HT# 556 ]

#buaya #buayadarat #hewanpurba #buayabuntung
Kabar cukup mengejutkan belum lama ini sebagaimana berita yang saya temukan di laman Science News jika ternyata buaya purba bukanlah pemakan daging seperti buaya modern sekarang ini.

menurut hasil penelitian terbaru fosil hewn purba yang di temukan terutama hewn yang cenderung pemakan daging atau carnivora mengalami pertumbuhan evokusi setidaknya tiga kali di Era Mesozoikum, khususnya pada buaya purba.






Para peneliti melalui Current Biology yang di beritakan lewat laman Science News mengatakan terlihat dari gigi fosil kerabat dekat pemakan tumbuhan buaya modern berevolusi setidaknya tiga kali selama Era Mesozoikum, yang membentang dari sekitar 252 juta menjadi sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Ya, sebagaimana buaya yang kita kenal sekarang ini didominasi oleh jenis Carnivora dan memiliki karakter gigi mengerucut khasnya pemakan daging, tapi menurut peneliti ternyata dahulu kala justeru memiliki keragaman karakter giginya yang sudah tidak bisa kita lihat sekarang ini, kata Keegan Melstrom, seorang ahli paleontologi di Universitas Utah dan Museum Sejarah Alam Utah.

Keegan Melstrom dan dan penasihatnya, ahli paleontologi Randall Irmis, mempelajari CT scan dari 146 gigi dari 16 jenis crocodyliforms yang punah. Dimana analisa dari komputer menunjukkan 'penampakkan' gigi buaya purba seperti gunung mini dengan kompleksitas kerumitannya.


Kesimpulannya adalah jika ciri khas atau karakter gigi hewan itu berteksur biasanya milik hewan pemakan tanaman atau herbivora, kebalikan hewan carnivora yang memiliki ciri khas gigi yang cenderung kurangkompleks.

Gigi yang cenderung memanjang dan tajam amat mudah untuk di simpulkan pemilik hewan carnivora dan teksturnya tidak sekompleks gigi herbivora. Tujuannya satu gigi yang tajam untuk membunuh dan dan memangsa mangsanya, sedangkan karakter gigi yang cenderung lebar dan bergelombang lebih berguna untuk merobek daun dan menggiling tanaman.



Hasil dari penelitian dengan membandingkan gigi fosil dengan gigi reptil modern dapat disimpulkan kalau gigi fosil jauh lebih bergelombang daripada hewan reptil pemakan tumbuhan yang hidup hari ini, termasuk iguana.

Menurut ahli Domenic D'Amore, seorang herpetologis di Daemen College di Amherst, NY perbedaan-perbedaan gigi ini terlihat begitu berbeda. Dan menurutnya pernah ada buaya pengunyah sayuran yang nampaknya telah berevolusi setidaknya tiga kali hingga enam kali selama Era Mesozoikum.


Buaya purba hidup di lingkungan air tawar, laut dan darat kata Patrick O'Connor, ahli biologi evolusi di Universitas Ohio di Athena.








Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: sciencenews | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 28-10-2019 08:58
sebelahblog
domagh
tien212700
tien212700 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
13K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.