Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alan1996Avatar border
TS
alan1996
Taman Nasional Komodo Akan Dijadikan Eksklusif, Setujukah?
Taman Nasional Komodo Akan Dijadikan Eksklusif, Setujukah?

Pulau Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur ini menjadi wisata yang ramai dikunjungi, apalagi setelah menjadi salah satu dari 7 Wonders of Nature. Keajaiban dunia yang hanya satu-satunya di Indonesia ini menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) juga menjadi salah satu binatang yang rentan terhadap kepunahan. Sejak saat itu Indonesia membuat Taman Nasional Komodo untuk melindungi spesies yang satu ini, di mana sekarang tersisa sekitar 1500 ekor di pulau Komodo, dan itu adalah pertumbuhan yang stabil, tidak terjadi peningkatan atau penurunan yang drastis. Untuk mangsa yang bisa dilahap oleh para Komodo, di Pulau Komodo telah tersedia 300.000 ekor babi hutan di pulau yang memiliki luas 173.000 hektare ini.

Taman Nasional Komodo Akan Dijadikan Eksklusif, Setujukah?

Dari pemerintah daerah mereka ingin pulau Komodo menjadi salah satu konservasi yang tertutup, di mana nantinya diharapkan turis yang berkunjung tak terlalu banyak sehingga perkembangbiakan Komodo bisa lebih bagus lagi. Namun karena di pulau Komodo juga ada pemukiman warga dan mereka juga tak ingin pendapatan yang dilakukan melalui pariwisata pulau Komodo, mulai dari pengrajin yang biasa membuat oleh-oleh khas Pulau Komodo, tour guide, persewaan kapal, persewaan homestay ditutup juga karena tak ada wisatawan yang berkunjung di pulau Komodo. Mempertimbangkan penduduk dan lainnya maka keputusan dari pemerintah yang baru ialah menjadikan pulau Komodo sebagai wisata eksklusif dimana nantinya para turis memiliki id card dengan biaya $1000 pertahun.

Biaya yang relatif besar tersebut bertujuan untuk membatasi turis yang datang, jika dilihat dari pertumbuhan Komodo di pulau Komodo yang relatif stabil, kehadiran para turis tidak terlalu mengganggu Komodo. Pulau Komodo yang termasuk luas ini memang menjadi salah satu destinasi yang bisa dikunjungi, namun karena pulau yang besar maka saat berwisata ke sana kemungkinan bertemu dengan Komodo termasuk kecil, berbeda dengan Pulau Rinca yang lebih kecil walau jumlah Komodo lebih sedikit, kesempatan bertemu dengan Komodo lebih banyak. Walaupun di pulau Komodo ada pemukiman warga, sebagai wisatawan yang berkunjung tetap harus menggunakan guide agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Taman Nasional Komodo Akan Dijadikan Eksklusif, Setujukah?

Untuk membuat wisata eksklusif di Pulau Komodo ane setuju sih, dengan membangun pulau Komodo sebagai konservasi yang hanya bisa dijangkau oleh wisatawan yang memiliki uang lebih maka kegiatan di Pulau Komodo lebih sedikit dan tingkat stres dari Komodo akan semakin menurun, dengan begitu tingkat keagresifan Komodo sebagai kadal besar satu-satunya di muka bumi ini akan tetap terjaga dan Komodo hidup dengan insting alaminya sebagai predator berdarah dingin.

Kalau agan bagaimana? Setuju atau tidak nih pulau Komodo dijadikan wisata yang lebih sulit dijangkau lagiemoticon-I Love Indonesia

Sumber Media : DisiniDisini
Diubah oleh alan1996 31-10-2019 03:27
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
217
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.