• Beranda
  • ...
  • Games
  • Siapakah Tencent? Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Besar China Ini

amdar07
TS
amdar07 
Siapakah Tencent? Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Besar China Ini
#AmdarGanteng



emoticon-nyantaiemoticon-nyantai emoticon-nyantai            
Halo agan dan sista,
Pada thread sebelumnya, ane kan bahas tentang beberapa perusahaan game besar yang bekerja sama dengan Tencent. Nah salah satu kaskuser dengan ID: @nowbitool, meminta untuk mencari tahu lebih dalam lagi soal perusahaan Tencent ini. Begini isi komentarnya kemarin.

Quote:

Terus terang, ane lebih suka kalau kalian turut andil dalam setiap thread game yang ane buat. Biar otak gak sengklek juga sih emoticon-Ngakak (S).

Sudah cukup intronya, ane bakal kupas tuntas si Tencent ini.



sumber: https://www.tencent.com/
Tencent, secara resmi dikenal sebagai Tencent Holdings Limited, merupakan konglomerat multi nasional yang berkantor pusat di Cina. Didirikan pada tahun 1998, Tencent memulai dengan meluncurkan produk messenger sederhana yang memungkinkan pengguna untuk terhubung satu sama lain secara online.

Sejak itu banyak yang telah terjadi dan Tencent sekarang memiliki saham di puluhan industri, menawarkan layanan seperti jejaring sosial, game mobile, smartphone, dan produk terkait teknologi lainnya. Namun uniknya, dibelahan Eropa, mereka secara mengejutkan tidak terlalu mengenal perusahaan Tencent. Maka dari itu, ada beberapa yang perlu kalian ketahui tentang perusahaan yang sangat berpengaruh sekarang ini.


Media Sosial di Tiongkok

sumber: https://www.tencent.com/
Seperti yang ane katakan sebelumnya, perusahaan ini sama sekali tidak dikenal di belahan bumi barat. QQ adalah salah satu platform pesan instan paling populer di Cina. Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2018 menetapkan bahwa QQ memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif. Selama bertahun-tahun QQ telah berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih dari sekadar sistem pesan, yang memungkinkan pengguna memiliki opsi untuk membeli barang-barang virtual untuk avatar mereka, dan telah diperluas untuk menyertakan Qzone, salah satu platform jejaring sosial terbesar di Cina. Facebook mungkin berkuasa di tempat lain, tetapi tidak di negara ini.


Game di Seluruh Dunia

sumber: https://www.tencent.com/
Kalian sudah baca gak thread ane sebelumnya? (10 Daftar Perusahaan Game Terkemuka yang Bermitra Dengan Tencent)
Pada thread itu, 80 persen industri game besar di dunia kini mulai merapat dengan Tencent Games.

Tencent Games sendiri didirikan pada tahun 2003 untuk mengembangkan game online platform QQ mereka. Namun, dengan cepat bercabang dan mulai mengembangkan judul lain. Beberapa dari permainan ini hanya dirilis di Tiongkok dan bersifat politis, biasanya memuji Xi Jinping atau Partai Komunis Tiongkok.

Tencent sekarang berperan dalam banyak judul AAA di seluruh dunia. Tencent memiliki semua saham League of Legends, dan sebagian dari Fortnite dan PUBG . Ia juga mengakuisisi saham Ubisoft pada tahun 2018, saham mayoritas di Grinding Gear Games (Path of Exile), dan bagian yang cukup besar dari Riot Games, Epic Games, Activision Blizzard, dan Supercell. Itu berarti judul raksasa seperti Call of Duty, World of Warcraft, Fortnite, dan Clash of Clans semuanya dipengaruhi oleh Tencent.

Tidak puas hanya membeli saham di pengembang dan penerbit lain, Tencent telah menciptakan studio desain game sendiri. Baru-baru ini yang mereka hasilkan adalah game Call of Duty Mobile.


Haruskah Semua Orang Khawatir?

sumber: https://www.tencent.com/
Seperti yang agan @nowbitool katakan. Komik, televisi, musik, bahkan pendidikan dan utilitas, Tencent berperan dalam semua industri ini. Ia benar-benar monster of a company, yang perlu kita waspadai. Organisasi ini memiliki pengaruh besar di Cina, dan telah dengan kuat memantapkan dirinya sebagai pemain di industri game.

Ada hal yang mengkhawatirkan pada Tencent, mereka dilaporkan bahwa industri ini terlibat dalam banyak bentuk sensor pada platform mereka dan sering berbagi data pengguna dengan pemerintah. Sebuah masalah yang rumit, karena undang-undang di Cina mungkin tidak memberi Tencent pilihan dalam apa yang ingin dibagikan dan dikelolal.

Meskipun mungkin terlalu dini untuk mengatakan Tencent adalah organisasi yang 'buruk', salah satu yang harus diawasi. Privasi data di sektor teknologi merupakan masalah yang sangat penting dan menjadi perhatian serius Tencent. Game seluler adalah perangkat yang sangat baik untuk memanen informasi pengguna. Hanya waktu yang akan menunjukkan bagaimana organisasi ini mengubah lanskap industri game, tetapi dampaknya sudah terlihat. Ane gak usah bilang, kalian bisa melihat sendiri Tencent sudah seperti apa sekarang ini.

Bagaimana sudah lebih tahu dengan sepak terjang Tencent? Atau bahkan diantara kalian ada yang mau menambahkan, tinggal komentar saja dibawah.
Thanks and see you next thread GanSist.


Quote:


swiitdebbyukhtyfit81nona212
nona212 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
13K
116
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.