Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bej0cornerAvatar border
TS
bej0corner
Antara Halloween, Labu dan Jack O'Lantern
Antara Halloween, Labu dan Jack O'Lantern

Halloween sepertinya begitu dinanti diseluruh dunia, sebuah peringatan (festival) yang kait erattannya dengan hantu-hantuan.

Namun ada satu icon yang cukup unik gansist di setiap festival Halloween yakni hadirnya buah labu (eh..ini buah atau sayur ya ?).

Antara Halloween, Labu dan Jack O'Lantern

Buah yang identik dengan warna oranye memang begitu erat kaittannya dengan Halloween. Bisa dibilang kalau ada Halloween disitulah ada Labu dengan ukiran mata, hidung dan mulut bergerigi.

Pernah tidak gansist bertanya, kenapa harus labu gitu ? Enggak melon atau mungkin semangka ? Emm..karena penasaran saya coba googling kaitan antara Halloween dan labu yang ternyata ada hubungannya dengan cerita urban Jack O'Lamtern.

Dikutip dari fimela.com, Jack O'Lantern (sebut aja Bang Jack ya gansist biar gampang) ini adalah seseorang yang cerdik. Bahkan kecerdikannya bisa membuat iblis tertipu, gilaa enggak tuh...Rajanya Setan aja ketipu.

Suatu hari yang terang dan cenderung panas seperti saat ini. Bang Jack merasa kalau neraka mungkin bakal lebih mengerikan, lha panasnya bumi aja sekarang sangat menyiksa badan apalagi nanti kalau di neraka ?.

Terpikirlah ide untuk mengelabuhi Iblis, dimana Bang Jack meminta para Iblis berjanji kepadanya sewaktu nanti dia meninggal. Para Iblis akan menolak Bang Jack di neraka karena kejulidannya.

Waktu pun berlalu, Bang Jack akhirnya menghadap Tuhan dan mempertanggung jawabkan segala perilakunya selama di Bumi.

Tetapi kejulid'an Bang Jack tidak bisa membuat Tuhan tertipu. Dan akhirnya Bang Jack pun harus rela dimasukan ke jurang Neraka, bersama para Iblis dan manusia pendosa lainnya. Termasuk iblis yang dulu pernah dimintanya untuk menjanjikannya bebas dari neraka.

Ending ceritanya adalah Bang Jack diminta Iblis untuk mengembara di Bumi dengan menggunakan api yang menyala. Dan akhirnya, cerita ini pun berubah menjadi sebuah festival untuk orang-orang mati di abad 17.

Sebenarnya cerita Jack O'Lantern alias Bang Jack ini tidak hanya satu versi. Ya namanya juga urban legend gansist, enggak ada yang tahu pasti bagaimana cerita ini sebenarnya. Yang pasti cikal bakal buah labu dari sebuah cerita urban seorang laki-laki bernama Jack O'Lantern

Kenapa kok harus Labu ? Jadi gini gansist, faktanya dulu para penduduk tidak mengukir wajah Bang Jack di Labu namun di kentang, Lobak dan juga pada Buah Bit. Tetapi saat penduduk asal Irlandia datang ke Amerika Serikat dan melihat banyaknya Labu tidak terpakai, jadilah Labu sebagai sebuah kanvas baru untuk mengukir wajah Bang Jack hingga saat ini.

Menarik juga ya cerita antara Halloween, Labu dan Jack O'Lantern ini gansist. Ngomong-ngomong, gansist disini sudah ada yang sudah pernah ikut fetival Halloween ? Share pengaalam kalian dibawah ya.

Sumber Tulisan : Fimela, dan Bejocorner
Sumber Gambar : Kaskus, Pixabay
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan ceuhetty memberi reputasi
2
1.3K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.