Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kresna.denaAvatar border
TS
kresna.dena
"KLEPTO" Bisa Disembuhkan !!! (masuk GAN)

============================================================
emoticon-Coolcoolemoticon-Cool

Sugeng Rawuh...
Berdasarkan dari pengalaman ane yang menjadi korban dari penyakit mental yang satu ini dan sebagai bentuk kekesalan ANE sekaligus rasa simpati ane kepada mereka yang mengidapnya, ane ber inisiatif untuk  membuat thread ini sebagai hadiah ane terhadap mereka.


emoticon-HansipKLEPTOemoticon-Hansip




Kleptomania adalahsuatu kondisi yang termasuk ke dalam kelompok gangguan kendali impulsif, yaitu ketika penderita tidak dapat menahan diri untuk mengutil atau mencuri. Meski jarang terjadi pada seseorang, namun penyakit mental ini membuat penderitanya terganggu secara emosional, sehingga malu untuk mencari pengobatan.


Penyebab kleptomania belum diketahui secara pasti. Kondisi ini diperkirakan terbentuk akibat adanya perubahan komposisi kimia di dalam otak. Diduga, perilaku impulsif ini muncul akibat gangguan zat kimia di otak, seperti menurunnya kadar serotonin atau hormon yang bertugas mengatur emosi, ketidakseimbangan sistem opioid otak yang mengakibatkan keinginan untuk mencuri tidak bisa ditahan, serta terjadi pelepasan dopamin, yang menjadikan pelaku merasa senang atas perbuatannya dan cenderung ketagihan.

Untuk perlu diketahui, Kleptomania berbeda dari pencurian dengan motif kriminal.
Sejumlah gejala yang terdapat pada penderita kleptomania adalah:

-Penderita kleptomania selalu gagal menolak dorongan yang kuat untuk mencuri, meski barang yang dicuri adalah sesuatu yang tidak berharga dan tidak mereka butuhkan. Hal ini berbeda dari pencurian kriminal yang mencuri barang berharga dan bernilai tinggi.
-Penderita umumnya merasa cemas dan tegang saat hendak melakukan pencurian, lalu timbul rasa senang dan puas setelah berhasil melakukan aksinya. Kemudian, muncul rasa bersalah, menyesal, malu, dan takut tertangkap. Namun demikian, mereka tetap tidak bisa menahan diri untuk mengulangi perbuatannya.
-Penderita kleptomania umumnya melakukan aksinya secara spontan dan seorang diri, berbeda dengan pencuri kriminal yang sering melibatkan orang lain, dan menyusun rencana sebelum mencuri. Barang yang dicuri juga jarang digunakan untuk dirinya sendiri. Penderita kleptomania umumnya membuang barang curian tersebut, atau memberikannya ke teman atau keluarga.
-Pencurian yang mereka lakukan juga tidak berhubungan dengan respons terhadap delusi atau halusinasi. Bukan juga karena luapan kemarahan atau balas dendam. (Sumber)

----------------------------------


Apakah kleptomania bisa disembuhkan?

Karena penyebab pasti kleptomania belum ditemukan, sejauh ini belum ada pengobatan tertentu yang bisa menyembuhkan kleptomania sepenuhnya. Pengobatan yang ditawarkan lebih fokus untuk mengendalikan dorongan mencuri serta menekan rasa puas setelah mencuri sesuatu. Namun, bukan mustahil kalau dorongan tersebut suatu hari akan muncul lagi.
Untuk membantu menyembuhkan kleptomania, Anda tidak bisa bergantung pada satu metode pengobatan saja. Psikiater atau psikolog biasanya menganjurkan gabungan antara konseling dan pemberian obat-obatan.
Dalam konseling, Anda dan terapis biasanya akan menjalani sesi pertemuan beberapa kali untuk menggali pemicu perilaku Anda. Setelah itu, terapis akan menggunakan pendekatan tertentu guna mengubah pola pikir Anda. Biasanya pendekatan yang dipakai adalah terapi kognitif dan perilaku (CBT). Dari sini, Anda akan diajari teknik jitu untuk mengendalikan keinginan mencuri. Keluarga atau orang terdekat Anda juga mungkin diajak ikut terapi untuk mendampingi dan mendukung perubahan perilaku Anda.
Supaya lebih efektif, konseling bisa disertai dengan pemberian obat-obatan. Menurut seorang ahli kejiwaan dr. Jon Grant, obat-obatan yang diresepkan dokter bisa mengendalikan produksi hormon endorfin dalam otak. Endorfin sendiri berperan untuk memberikan kepuasan khusus setelah mencuri. Dengan menekan kadar endorfin, kegiatan mencuri tak terasa memuaskan lagi bagi orang yang mengonsumsi obat ini. Karenanya, pengidap kleptomania jadi tidak begitu ingin mencuri atau bahkan berhenti mencuri sama sekali.  
emoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingung

Yang harus dicatat saat menyembuhkan kleptomania


Seorang pakar psikologi klinis dan forensik sekaligus peneliti kleptomania, Elizabeth Corsale mengingatkan bahwa tak ada jalan pintas untuk menyembuhkan kleptomania. Anda membutuhkan proses yang lama dan penuh tekad supaya bisa mengendalikan dorongan mencuri.

Lebih lanjut, Elizabeth menjelaskan seseorang dikatakan berhasil menjalani pengobatan untuk kleptomania kalau ia memenuhi beberapa kriteria. Yang pertama yaitu menekan keinginan mencuri dalam jangka panjang, dalam artian kondisinya tidak akan kambuh lagi. Kedua yaitu bisa menjalani hidup dengan baik dilihat dari aspek karier, hubungan pribadi, dan kesehatan mentalnya. Yang terakhir adalah berhasil memaafkan dan move on dari perilakunya di masa lalu. Maksudnya, ia tidak kemudian mengalami trauma psikologis karena dulu mengidap kleptomania. (Sumber)


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

==========(((((((((((((((((((((((((((((())))))))))))))))))))))))))))))==========
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Demikian Thread dari Ane, moga Bermanfaat bagi Agan2emoticon-Nyepiemoticon-Imlekemoticon-I Love Kaskus
666lucifer89
screamo37
lina.wh
lina.wh dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.2K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.