Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kresna.denaAvatar border
TS
kresna.dena
Atacama | Si "Kering" Nan Mempesona


Selamat Pagi Agan2 yang budiman, kembali lagi bersama ane dengan thread sederhana yang mungkin bermanfaat bagi agan2 sekalian untuk menambah refrensi buat destinasi wisatanya.


Kali ini ane mengangkat seputar keindahan alam yang terbentang di dataran tinggi Amerika Selatan.

A T A C A M A
Atacama adalah gurun pasir yang terletak di dataran tinggi Amerika Selatan yang meliputi sebidang tanah seluas 600 mil (1000 Km) di pantai Pasifik Amerika Selatan, sebelah barat pegunungan Andes.

Menurut NASA dan lembaga publikasi lainnya yaitu National Geographics, gurun pasir ini merupakan gurun yang terkering di dunia, 
karena  bayangan hujan di sisi  angin bawah Pegunungan Pantai Chili, serta  lapisan inversi pesisir yang diciptakan oleh arus Humboldt dingin lepas pantai. Gurun ini juga menempati wilayah seluas 40600 mil persegi (105000 km[sup]2[/sup]) di Chili utara, sebagian besar terdiri dari cekungan garam (salares), pasir, dan aliran lava felsik terhadap Andes.
sekilas tidak ada yang menjadi daya tarik dari Gurun yang kering ini. namun fenomena yang tak biasa melalui campur tangan sang pencipta, gurun pasir yang kering dan tandus itu secara tiba-tiba berubah menjadi lautan bunga berwarna-warni.

Lautan Bunga Berwarna-warni di Atacama, (Google Image)

Gurun Atacama di Chili (baca:Cile) merupakan salah satu tempat terkering di dunia.

Lansekap tandus itu berganti rupa menjadi lautan bunga berwarna kuning, oranye, hijau, ungu dan merah pada bulan Agustus tahun ini. 
Fenomena yang disebut sebagai "desierto florido" atau gurun yang berbunga oleh masyarakat lokal ini biasanya terjadi setiap lima hingga tujuh tahun sekali. Ini terjadi karena siklus iklim di Samudera Pasifik yang disebut El Nino. Desierto florido terakhir terjadi pada tahun 2015. Banyak warga lokal tidak menduga bahwa fenomena ini akan terulang lebih cepat dari perkiraan.
Gurun Atacama yang berada di dataran tinggi, 1000 kilometer di utara Cile yang berbatasan langsung dengan Peru, Bolivia dan Argentina. Dengan terjadinya fenomena ledakan bunga menarik ribuan wisatawan untuk melihat dan memotret lebih dari 200 spesies bunga serta satwa liar yang berada di gurun tersebut.

Quote:


Atacama biasanya hanya mendapat hujan sekitar 15 milimeter per tahun. Namun hujan tidak terduga membuat benih-benih dorman yang berada di dalam tanah berkecambah.


Padang pasir ini memang menyimpan jutaan biji dorman atau tidak aktif di dalam tanah selama berbulan-bulan bahkan tahunan. Mereka baru akan berkembang dan berakar setelah mendapat cukup air.


Penelitian menunjukkan, sebelum menjadi padang pasir yang gersang, Atacama jutaan tahun lalu dipenuhi dengan rawa dan danau.

Nah... bagaimana Agan2, Apakah berminat untuk mengunjungi GURUN yang MEMPESONA ini. Buruan sebelum bunganya pada Layu. Ups tp Pesan Ane, Jika Agan-agan berminat dan nyampe disana jangan lupa Jaga kebersihan serta KELESTARIAN Alam nya ya dan ATUUUUUUUU..... lagi kebiasaan +62 jgn dibawa kesana (buang sampah sembarangan).emoticon-Imlek
Sekian dlu dari ANe gan, moga ini bener2 jadi manfaat buat tabungan informasi nya agan2emoticon-2 Jempol
serta mendapatkan kebaikan bagi kita semua, Amin
emoticon-Om Telolet Om!      emoticon-Om Telolet Om!    emoticon-Om Telolet Om!   emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-TravellerOTW Atacama



emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

=================================================================================================
=============






Daniswara92
siapika
sebelahblog
sebelahblog dan 23 lainnya memberi reputasi
24
8.1K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.