Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bdatAvatar border
TS
bdat
Konsep Di Balik Kenaikan Ticket Pulau Komodo

Satwa yang satu ini memang sangat istimewa untuk diperbincangkan, dilihat dan dinikmati keberadaannya. Terlebih lagi satwa ini sudah jarang ditemukan dimana mana karena ekosistemnya yang hampir punah sehingga konservasi yang dicanangkan oleh pemerintah baik pusat atau daerah wajib kita dukung. Apa sih sebenarnya konsep ini?
Quote:


Tarif masuk yang di beritakan mungkin belum terealisasi karena untuk menaikkannya pemerintah juga harus menimbang dan menakar tentang efek ke depan. Misalnya untuk ekosistem komodo sendiri bisa terjaga dengan baik karena tiket yang besar (14 juta) membuat para wisatawan berkenan berkunjung lagi kecuali ya para elite ekonomi, kemudian dampak lain adalah penjual (warga sekitar) yang mengadukan nasibnya dengan menjajakkan dagangan di sekitar area wisata. Jadi selain itu, pemerintah juga harus memikirkan suasana, lokasi, tempat (sarana dan prasana) nyamannya perjalanan untuk kelas 14 juta ini sehingga tidak mengecewakan apalagi yang datang di dalam kelas ini tidak tutup kemungkinan orang orang berpengaruh di Luar Negeri untuk sekedar memantau perkembangan lokasi konservasi yang telah naik harga kunjungan. Nah bagaimana untuk yang pas pasan? Tenang saja masih ada kelas non premium tetapi lihat komodonya dikitan ya, karena agan dan sista akan dibawa ke pulau rinca yang juga masih ada komodonya tetapi tidak begitu besar.
Quote:


Belum adanya pusat penelitian atau pusat riset tentang pengembangan konservasi komodo di wilayah labuan bojo menjadi prioritas utama pemerintah daerah jadi keuntungan tiket tadilah yang akan digunakan untuk pembangunan dan pengelolaan riset Komodo. Penting pusat riset ini sebenarnya bertujuan untuk mendalami hal hal yang berkaitan dengan komodo baik perkembangan fisiknya, keadaan kesehatannya, makanan yang baik, sampai larangan pengunjung untuk memberikan makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan hasil riset tersebut. Meski di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada pusat riset hewan (zoologi) tetapi letaknya cukup jauh dari pulau komodo yaitu di Jalan Raya Jakarta-Bogor Km 46. Jadi tak khayal jika pemerintah ingin membangun fasilitas tersebut terlebih lagi Komodo ini juga bagian dari nama pulau di Indonesia yang mempunyai kadal terbesar di bumi.
Quote:


Sumber :
1. Opini Kreator
2.florespos
Diubah oleh bdat 25-10-2019 09:02
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan ceuhetty memberi reputasi
2
308
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.