Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
Jalan Panjang Jembatan Holtekamp yang akan Diresmikan Jokowi
Jalan Panjang Jembatan Holtekamp yang akan Diresmikan Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertolak ke Papua untuk kunjungan kerja. Dalam kunjungan tersebut, ada sejumlah agenda salah satunya ialah peresmian Jembatan Holtekamp.

Patut diketahui, jembatan ini punya perjalanan panjang. Dirangkum detikcom, pembangunan jembatan ini dimulai pada 9 Mei 2015. Peletakan batu pertama untuk jembatan sepanjang 733 meter ini dilakukan langsung oleh Jokowi.

Meski jembatan ini untuk Papua, namun pekerjaan pembangunannya sebagian dilakukan di Surabaya oleh PT PAL.

Sebagian pekerjaan itu ialah berupa pekerjaan struktur baja jembatan. Pembangunan sengaja dilakukan di Surabaya karena memadai secara infrastruktur.

Maklum, jembatan ini memiliki dua bentang utama di mana satu bentangnya memiliki berat total hingga 2.000 ton. Kemudian, puncak lengkung jembatan memiliki tinggi 20 meter. Sehingga, untuk membangun jembatan ini dibutuhkan crane bukan hanya tinggi namun juga kuat.

Setelah rampung, bentang jembatan dengan panjang masing-masing 112 meter ini dikirim ke Papua.

Pelepasan pengapalan bentang jembatan dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada 3 Desember 2017 di Galangan PT PAL Surabaya.

"Ini adalah struktur jembatan yang enggak main-main. Pengawasannya harus diperhatikan betul. Makanya ini kami kerjakan di tempatnya PT PAL," kata Basuki.

Proses pengapalan memakan waktu 28-30 hari. Wajar saja butuh waktu lama lantaran kapal harus berlayar menempuh jarak hingga ribuan kilometer.

Pengapalan jembatan ini pun menyabet dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) lantaran pengiriman rangka baja pelengkung tengah secara utuh dan menempuh jarak 3.200 km.

Sesampainya di Papua, konstruksi pembangunan dilakukan. Pada pertengahan September 2018 lalu progres pembangunan jembatan sebenarnya sudah mencapai 99,7% dan ditargetkan rampung akhir September 2018. Kini, Jembatan Holtekamp kebanggaan Jokowi itu siap diresmikan.


Sumur: https://m.detik.com/finance/infrastr...resmikanjokowi


Akhirnya diresmikan juga yaa jembatan seharga 1.5 Triliun ini..
azirma.ayrus
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.