ysyamhaAvatar border
TS
ysyamha
Mengenal penyakit Autoimun yang diderita Ashanti
Halo gansis semua.. Selamat Sore..

Apa kabar nih ? semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat yah .. aamiin

Ngomongin kesehatan, apa gansis udah pada tau berita yang belakangan ini marak beredar?

Iyes.. soal penyakit yang diderita Ashanti istri Anang Hermansyah

Katanya beliau saat ini sedang menderita penyakit Autoimun..

Buat sebagian dari Gansis disini pasti ada yang ga tau atau mungkin baru denger penyakit autoimun ini

Thread ini ane buat untuk berbagi informasi terkait penyakit autoimun, yang kebetulan ane juga derita.

Dan buat para survivor Autoimun yang kebetulan membaca thread ini, yuks sharing perjuangannya untuk memotivasi para penderita di luar sana..

Dan pastinya tetap semangat, Karena Allah tidak akan menguji kita di luar kemampuan kita…

Kamu tidak sendiri !!

Yuks kita mulai…



Sebelumnya kita cari tau dulu pengertian Autoimun ya

“Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Namun, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat”

Kurang lebihnya imun di tubuh penderita ini ga normal.. Harusnya jadi daya tahan, ini malah Ga.. dan malah nimbulin banyak penyakit yang muncul…

Itu lah kenapa disebut penyakit Autoimun…

Berikut beberapa jenis penyakit Autoimun

1. Lupus

 

Penyakit lupus adalah penyakit peradangan ( inflamasi ) yang sudah kronis yang disebabkan oleh imun yang menyerang Sel, jaringan dan organ tubuh sendiri,biasanya organ tubuh yang diserang seperti kulit, sendi, sel darah , ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Dan penyakit ini dapat mempengaruhi hampir semua sistem organ.

Gejala yang sering dialami :
Demam, nyeri sendi, ruam kulit, kulit sensitif, sariawan, bengkak pada tungkai, sakit kepala, kejang, nyeri dada, sesak napas, pucat, dan perdarahan.
Yang Ane pernah denger soal penyakit ini, penyakit ini disebut juga penyakit seribu wajah hal itu karena penyakit ini sulit untuk didiagnosa karena tanda tanda/ gejalanya mirip penyakit lain pada umumnya.

Yang ane pernah denger, nenek temen ane yang menderita lupus sering sariawan dalam jangka waktu lama alias susah sembuh dan dengan kondisi sariawan yang banyak dan parah, dan itu cuma salah satu dari banyaknya tanda tanda penyakit lupus ini.

2. Penyakit Graves

 
Penyakit Graves adalah salah satu jenis gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menjadi penyebab umum hipertiroidisme atau produksi hormon tiroid berlebih. Pada penderita Graves, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh malah menyerang kelenjar tiroid (autoimun). Hal ini membuat kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh.

Gejala - gejala yang muncul pada penyakit Graves adalah :

Pembesaran kelenjar tiroid (goiter),Tremor pada tangan atau jari tangan, Palpitasi jantung (jantung berdebar), Disfungsi ereksi (impotensi),Gairah seks menurun, Perubahan pada siklus menstruasi,Kehilangan berat badan tanpa kehilangan nafsu makan,Suasana hati yang mudah berubah,Sulit tidur ( Insomnia ),Diare,Rambut,rontok,Mudah lelah dan Sensitif terhadap udara panas


Selain beberapa gejala di atas, untuk penderita Graves oftalmopati memiliki gejala lain seperti:

Mata menonjol (exophthalmos),Mata terasa kering,Tekanan atau rasa sakit pada mata,Kelopak mata membengkak,Mata memerah yang bisa diakibatkan oleh peradangan,Sensitif terhadap cahaya,Penglihatan ganda dari satu objek (diplopia) dan bahkan bisa Kehilangan penglihatan.

Sedangkan Graves dermopatilebih jarang ditemukan. Gejalanya adalah kulit yang memerah dan menebal, dan biasanya terjadi pada area tulang kering atau di bagian atas kaki.

3. Psoriasis




Nah buat yang ini, ane bisa kasih penjelasan lebih karena ane pengidap penyakit ini Gansis…

Psoriasis sendiri adalah penyakit peradangan kulit yang bikin kulit kemerahan, tebal bersisik , mudah terkelupas dan tentu aja gatal kadang ada yang merasakan nyeri juga klo psoriasisnya ada di persendian atau di dalam. Nah ane penderita yang muncul di kulit..tapi ini bukan penyakit kulit yah gansis.. Ini penyakit autoimun, jadi jika pada orang normal proses regenerasi kulit terjadi dalam jangka waktu yang lama, penderita psoriasis proses regenerasi kulitnya cepat sekali, makanya terjadi penebalan kulit, dan yang penting penyakit ini tidak menular yah gansis.. 

Psoriasis biasanya bisa timbul dimana aja di seluruh tubuh, dari ujung kepala sampai ujung kaki, klo dikepala bentuknya seperti ketombe namun jika sudah meluas , kepala rasanya ketarik, karena kulit kepala yang kering dan menebal.. Klo yang di badan biasanya dari bintik merah kecil, kemudian kering, terkelupas dan bisa semakin meluas lesinya.. Bahkan untuk kondisi yang parah bisa keseluruh kulit, ane masih inget banget dulu pas lagi parah, abis mandi, kulit2 kering di punggung ane pada jatoh gansis..saat itu yang ane rasain cuma rasa gatal yang amat parah dan kesedihan….


Psoriasis ini penyakit yang timbul tenggelam, obat yang dikasih cuma buat ngeredain aja tapi bukan untuk menyembuhkan, karena penyakit ini katanya akan diderita seumur hidup, bisa hilang dan bisa timbul jika kena faktor pemicunya, faktor pemicunya bisa karena sakit , atau karena stress, kalo kata dokter yang nanganin ane dulu , flu batuk sakit gigi pun bisa jadi pemicu psoriasis.

Buat makanan selama itu tidak menimbulkan alergi tidak ada pantangan, tapi ane kadang pernah baca artikel yang katanya ada pantangan makanan buat penderita psoriasis, tapi kata dokter ane dulu sik aman aman aja yah.. Hehe

Cuma dokter emang berpesan supaya ane ga kegemukan, karena katanya klo kegemukan bisa berpotensi psoriasis makin parah. Tapi diartikel yang ane baca justru psoriasis ini pemicu obesitas… karena proses metabolisme tubuhnya ngaco ga kaya orang normal ( pantes ane gendut dan susah kurus ..wkwkwk #pembelaan )

Dan jujur ane lebih minder sama bekas psoriasisnya, yang tadinya warna putih karena bekas salep sekarang jadi menghitam.. Beneran berasa jadi macan tutul ane gan..wkwkwk emoticon-Big Grin

4Multiple sclerosis

 


Multiple Sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat, terutama otak, saraf tulang belakang, dan saraf mata. Ini adalah penyakit jangka panjang yang memiliki ciri gangguan keseimbangan, penglihatan, kendali dan penyesuaian otot. Multiple Sclerosis diderita oleh 2,5 juta orang di seluruh dunia dan lebih sering menyerang wanita daripada pria. Pada kasus berat, penyakit ini dapat menyebabkan cacat.

Gejala gejala Multiple Sclerosis

Gangguan penglihatan, pandangan kabur, tidak terfokus, dan penglihatan ganda,Rasa baal/kebas dan kesemutan pada anggota gerak dan wajah,Rasa sakit berkepanjangan, otot pegal, dan kejang,Rasa lelah tanpa sebab,Pusing dan vertigo,Masalah keseimbangan yang mempengaruhi cara berjalan,Tidak bisa menahan kencing,Masalah kognitif seperti (tetapi tidak terbatas pada) gangguan mengingat, berbahasa, susah fokus dan mudah lupa,Depresi tanpa sebab,Emosi labil,Gemetar tak terkendali,Gangguan pendengaran, Kejang-kejang,Masalah pernapasan atau menelan dan Disfungsi seksual

O iya gansis.. Selebriti yang pernah menderita penyakit ini adalah Almarhum Pepeng

5. Myasthenia gravis


Myasthenia gravis adalah melemahnya otot tubuh akibat gangguan pada saraf dan otot. Pada awalnya, penderita myasthenia gravis akan terasa cepat lelah setelah melakukan aktivitas fisik, tetapi keluhan akan membaik setelah beristirahat.

Gejala myasthenia gravis diawali dengan gangguan penglihatan, seperti  
penglihatan kabur atau ganda, akibat melemahnya otot-otot mata. Salah satu atau kedua kelopak mata juga bisa turun.

Selain itu, myasthenia gravis dapat mempengaruhi otot wajah dan tenggorokan. Pada kondisi ini, gejala yang muncul adalah:

Bicara menjadi cadel,Sulit menunjukkan ekspresi wajah, misalnya tersenyum,Suara serak,Sulit mengunyah dan menelan makanan atau minuman, sehingga mudah tersedak,Napas pendek, terutama ketika berbaring atau setelah berolahraga.

6. Tiroiditis Hashimoto



Tiroiditis Hashimoto adalah penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh berbalik melawan dirinya sendiri dan menyerang tiroid.Hal ini menyebabkan rusaknya kelenjar tiroid secara bertahap dan dalam jangka panjang, oleh karena itu kadar hormon tiroid tidak akan cukup.Seiring berkembangnya penyakit ini, tiroid dapat menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid, sehingga mengakibatkan hipotiroidisme.


7. Kolitis ulseratif dan Crohn’s disease
 
Kolitis ulseratif atau ulcerative colitis adalah peradangan pada usus besar (kolon) dan bagian akhir usus besar yang tersambung ke anus (rektum). Kondisi ini sering kali ditandai dengan diare yang terus menerus, disertai darah atau nanah pada tinja.

Gejala kolitis ulseratif dapat berbeda pada tiap penderita, sesuai tingkat keparahannya. Beberapa gejala yang sering muncul pada penyakit ini adalah:

Diare yang disertai darah atau nanah,Nyeri atau kram perut,Sering ingin buang air besar tapi tinja sulit,Tubuh mudah lelah,Nyeri anus,Berat badan menurun dan Demam.

Nah itu dia gansis beberapa jenis penyakit autoimun, Ane ga tau jenis autoimun yang mana yang diderita Ashanti, sebenernya penderita autoimun dari kalangan selebritis bukan cuma Ashanti ada beberapa nama juga seperti Raditya Dika.

Artinya penyakit ini bisa di derita oleh siapa aja, walaupun perempuan lebih rentan mengidap penyakit ini, tapi bukan berarti laki laki tidak memiliki resiko.


Bersyukurlah bagi kalian yang sehat dan tetap semangat buat para survivor autoimun..


Berikut yang mau lihat 1 video youtube tentang para survivor Autoimun


Spoiler for autoimun:



O iya,,, buat yang ngalamin gejala gejala seperti yang tercantum diatas, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter agar proses pengecekan lebih akurat.

Hmm.. penyakit autoimun ini juga termasuk penyakit langka, tapi menurut data setiap tahunnya ada peningkatan penyakit autoimun.

Pemicunya selain faktor diatas,juga bisa dikarena stress.

Oke demikian thread sederhana Ane

Thanks Gansis emoticon-Kiss



Spoiler for Sumber:

ebureg
lina.wh
rizapadlevi
rizapadlevi dan 27 lainnya memberi reputasi
28
22.9K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.