Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Movies
  • Mau Nonton Watchmen tapi Belum Baca Komiknya? Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu!

ahoy44Avatar border
TS
ahoy44
Mau Nonton Watchmen tapi Belum Baca Komiknya? Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu!
HBO baru aja meluncurkan serial terbaru mereka, Watchmen pada 21 Oktober lalu. Meski baru tayang, episode perdananya langsung booming dan mendapat sambutan hangat, baik dari penonton maupun para kritik. Wajar aja, Watchmen memang merupakan salah satu serial yang paling ditunggu-tunggu kedatangannya tahun ini. 



Nggak bisa dipungkiri, serial HBO ini memang lebih diperuntukkan bagi fans garis keras novel grafisnya yang berjudul sama. Namun, melihat animo masyarakat yang besar terhadap serial televisinya, tentu nggak menutup kemungkinan kalau banyak penonton-penonton awam yang penasaran dan baru akan menjajaki dunia Watchmen melalui serial ini. Apa Gan Sis termasuk salah satunya?

Watchmen masih bisa dinikmati, kok, sama para “pendatang baru” tanpa harus membaca semua komiknya atau menonton film adaptasinya terlebih dahulu. Pasalnya, serial televisinya mengambil latar waktu 30 tahun setelah kejadian di komik, serta dipenuhi dengan karakter-karakter yang benar-benar baru,



Meski begitu, serial Watchmen ini masih tetap menyinggung beberapa elemen dalam komiknya, baik secara visual dan tema, yang bisa bikin penonton awam kebingungan. Nah, buat kalian para pendatang baru yang mau menikmati full experience selama menonton Watchmen tanpa merasa bingung sama sekali, kalian bisa simak dulu nih beberapa hal penting yang harus kalian tahu.


1. Yang terjadi di akhir komik Watchmen

Karena kejadian di serial TV-nya berlangsung 30 tahun setelah komiknya berakhir, kalian harus tahu nih gimana ending dari komiknya. 

Sepanjang cerita dalam komik, hubungan Amerika Serikat dan Uni Soviet semakin menegang, dan perang dingin yang sedang berlangsung di antara kedua negara saat itu lama-lama mulai memanas. Sebagai usaha mengakhiri perang dingin antara AS dan Uni Soviet, manusia paling cerdas di muka bumi, Adrien Veidt, alias Ozymandias berencana untuk menakuti kedua negara tersebut dengan sebuah ancaman skala besar yang mampu memaksa kedua negara untuk bekerja sama. Apa ancamannya?



Cumi-cumi raksasa. Ya, Ozymandias, dibantu dengan Dr. Manhattan, mencipatakan cumi-cumi raksasa dan memindahkannya ke tengah kota New York. Serangan cumi-cumi raksasa ini dibuat seolah-olah sebuah serangan alien. Sayangnya, di tengah perjalanan, cumi-cumi tersebut malah meledak dan membunuh jutaan penduduk New York dan menimbulkan trauma yang mendalam.
Nah, kalau kalian melihat banyak cumi-cumi yang muncul dalam serial HBO-nya, udah tau deh apa maksudnya.


2. Tokoh-tokoh penting dalam komik

Beberapa tokoh utama dalam novel grafis Watchmen masih akan muncul dalam serial TV-nya nih. Yuk, kenalan dulu sama mereka.

Pertama, ada Ozymandias yang udah disebut-sebut tadi. Ozymandias yang bernama asli Adrian Veidt ini adalah salah satu orang terkaya dan terpintar di seluruh dunia.



Lalu ada Rorschach, seorang detektif vigilante yang moral hitam-putih-nya tergambar dari topengnya yang khas. Di akhir komik, sayangnya Rorschach dibunuh oleh Dr. Manhattan, karena nggak bisa menjaga rahasia Veidt tentang rencana cumi-cumi raksasanya. Meski Rorschach tewas terbunuh, peninggalannya masih menginspirasi publik hingga kini.



Dr. Manhattan adalah satu-satunya superhero Watchmen yang punya kekuatan super. Ia mendapat kekuatan supernya setelah suatu hari terkunci dalam sebuah ruang eksperimen yang mengubah dirinya menjadi atom. Saat ia ter-reformasi kembali, ia jadi mampu memanipulasi senyawa dalam tingkat atom. Kini, kekuatannya nyaris tak terbatas.  Ia suka menghabiskan waktu di Mars, dan, di akhir komik, Dr. Manhattan terlihat sedang meninggalkan bumi. Tapi selalu ada kemungkinan dia bakal kembali.



Tiga tokoh superhero lainnya yang harus kalian awasi kemunculannya adalah Nite Owl, Silk Spectre dan The Comedian. Ketiganya bekerja membasmi kejahatan dalam era Perang Dunia II, dalam sebuah kelompok yang dinamakan “Minutemen”.


3. Tokoh-tokoh baru yang nggak ada di komik

Selain tokoh-tokoh di atas, bakal ada serangkaian tokoh baru yang meramaikan serial Watchmen.
Yang menjadi tokoh utama adalah Angela Abar/Sister Night, yang diperankan oleh Regina King



Angela Abar adalah seorang polisi wanita, sekaligus jagoan dengan moral yang rumit. Ia bertarung melawan sekelompok laki-laki bertopeng yang kerap melontarkan kata-kata rasis, seksis dan homofobik. Sebagian besar laki-laki ini tinggal di area Nixonville, dan Angela serta beberapa kerabatnya menggunakan cara-cara unik untuk menangkap dan menginterogasi mereka.



Karakter Angela Abar/Sister Night ini sepenuhnya original, terpisah, dan nggak pernah disebut-sebut sebelumnya di komik maupun dalam film. Bahkan, untuk memastikan karakter Angela Abar benar-benar nggak terpengaruh sama adaptasi-adaptasi Watchmen sebelumnya, sang sutradara melarang sang pemeran, Regina King, untuk membaca atau menonton filmnya sebelum mulai proses syuting.



Selain Angela Abar, bakal ada tokoh-tokoh baru lain, seperti Looking Glass, Red Scare, Pirate Jenny,  dan Panda.


4. Tema dan simbol dari komik yang muncul di serialnya

Simbol paling populer dari novel grafis Watchmenadalah gambar tetesan darah yang jatuh di atas smiley face warna kuning. Kalian bisa perhatiin kalau smiley face ini bakal muncul berkali-kali dalam serial ini.



Lalu ada juga tagline dari novel grafisnya, “Who watches the Watchmen?” yang artinya “siapa yang mengawasi para Watchmen?” Kata-kata tersebut memberi sinyal pada para pembaca kalau para “pahlawan” dari cerita ini akan punya moral yang rumit, dan mereka nggak selalu bisa dipercaya. Tema yang sama juga diangkat oleh serialnya, dimana serial ini mendorong penonton untuk mempertanyakan siapa sebetulnya yang punya hak untuk menentukan apa yang benar dan apa yang salah.



Elemen yang juga selalu ada di dalam komik, dan akan kalian temukan di serialnya adalah jam yang berdetak. 



Nggak terhitung jumlah jam yang tersembunyi di panel-panel komik Watchmen. Jam-jam ini akan memberi kesan kalau para tokoh udah kehabisan waktu, dan sesuatu yang buruk bakal terjadi. Sama halnya dengan di komik, serial TV Watchmen juga dipenuhi sama jam yang berdetak, yang menambah ketegangan para penonton.


Itu dia beberapa hal yang harus kalian tahu sebelum kalian nonton serial Watchmen.
Watchmen bisa kalian saksikan setiap hari Senin, jam 08:00  (jam 09:00 WIB mulai 4 November) di HBO dan HBO GO. Penayangan ulang ada di HBO pada hari yang sama jam 21:00.


Selamat nonton!


Diubah oleh ahoy44 25-10-2019 07:01
breakervg
AngelOfLucifer
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
11.9K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread18KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.