Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fakeidmAvatar border
TS
fakeidm
Takut Oposisi Sendirian, PKS Gandeng PA 212 hingga FPI
Takut Oposisi Sendirian, PKS Gandeng PA 212 hingga FPILangkah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggandeng sejumlah ormas radikal, seperti FPI, PA 212 dan GNPF-Ulama bisa dikatakan sangat mengkawatirkan.

Pasalnya, langkah politik PKS itu berpotensi destruktif bagi kehidupan konstitusi Indonesia. Terutama karena kerap kali menggunakan politik identitas dan agama untuk kepentingannya.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh pengamat politik Exposit Strategic, Arif Susanto.

Ia menilai ancaman nyata dari upaya PKS itu dapat terlihat dari keadaan politik pada pemilu-pemilu sebelumnya, baik Pilpres 2014 dan 2019, maupun Pilgub DKI 2017. Terciptanya polarisasi masyarakat itu akibat masifnya sentimen keagamaan tertentu.

Merapatnya kubu Islam radikal ke PKS dipengaruhi konteks bahwa mereka telah kehilangan relevansi politiknya. Terutama sejak Prabowo membubarkan koalisi Pilpres 2019 pada Juni lalu.

Beberapa ormas ilegal dan tidak terdaftar di Kemenkumham itu telah melakukan gerakan yang mirip dengan partai politik, padahal itu konstitusional.

Kita baiknya berupaya agar kelompok radikal itu tidak bisa berkuasa. Karena bila mereka sampai menang, dapat dipastikan Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika hanya tinggal kenangan.
Diubah oleh fakeidm 26-10-2019 11:23
sebelahblog
tien212700
tien212700 dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.7K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.