Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khodijahsiti92Avatar border
TS
khodijahsiti92
Tak ada Kata Mantan Untuk Jakarta
Jakarta Tetap Terkenang Tanpa Gelar Ibu Kota
Tak ada Kata Mantan Untuk Jakarta
Oleh: Siti Khodijah

Hai GanSist berjumpa lagi pada thread saya kali ini tentang pindahnya ibu kota Negara tercinta yang menjadi perbincangan hangat di seluruh Indonesia. Sebenarnya apa yang terjadi dengan pindahnya ibu kota negara tercinta ini? pasti GanSist penasaran. Mari simak ulasannya yukh.

Jakarta yang mempunyai banyak cerita sejak lama menjabat sebagai ibu kota negara Indonesia mulai dari awal merdeka 17 agustus 1945 dengan Gubernur pertamanya Pak Soewirjo (1945-1947) hingga di lanjut saat ini tahun 2019 oleh Pak Anies Baswedan sungguh prestasi Jakarta tidak terlupakan sepanjang masa.

Tak ada Kata Mantan Untuk Jakarta Sumber gambar: wikipedia

Jasa Jakarta jika dilihat dari kaca mata sejarah sudah berlangsung dari jaman pra-kemerdekaan. Kita bisa melihat bagaimana Portugis dengan sekuat tenaga tidak mau melepas Jakarta yang dulu disebut Sunda Kelapa hingga akhirnya Demak dibawah pimpinan Raden Fatahillah berhasil merebut kembali dan diberi nama Jayakarta. 

Sejarah tidak berhenti sampai disitu ketika jaman penjajahan Belanda pun Jakarta lagi-lagi menjadi pusat pemerintahan oleh Jenderal JP. Coen diberi nama Batavia hingga berdirilah kantor-kantor pemerintahan seperti pusat kantor dagang VOC dan lainnya.

Dari sejarah diatas dapat memberi gambaran kepada kita betapa strategisnya Jakarta dari dulu hingga menjadi rebutan para penjajah. Pada saat ini jika Jakarta harus tergantikan oleh Kalimantan sebagai Ibu Kota, namun jasanya tidak terlupakan sepanjang sejarah Indonesia. Kiprah Jakarta sangat besar dalam sejarah Indonesia sehingga walapun Ibu Kota Negara seandainya pindah maka seluruh bangsa Indonesia menjadi saksi tidak ada kata mantan untuk Jakarta walapun  Ibu Kota bukan lagi sandangannya.

Saya sebagai orang awam hanya bisa mengkaji secara logika bagaimana peran ibu kota sangat besar terhadap kemajuan bangsa. Walapun berlangsung perdebatan untuk tidak dipindahkan ibu kota namun secara tinjauan beberapa tokoh yang pro harus dilanjutkan pemindahan ibu kota ini dengan pertimbangan matang agar bangsa Indonesia merata kesejahteraan hidupnya.

Spoiler for Data Bappenas Pindahnya Ibu Kota:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh khodijahsiti92 16-09-2019 03:58
DianAhmadKaskus
anasabila
Gresta
Gresta dan 2 lainnya memberi reputasi
3
307
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.