lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Mitos Menyeramkan Di Balik Festival Halloween




Ada yang tahu apa arti gambar di atas?

Kalau

"Trick or Treat"

Ada yang tau maknanya?

Nah kalau belum pada tau, kuy simak trit ane kali ini, ya Gansist.

Gambar di atas adalah festival Halloween. Agan sista tau tidak apa itu Halloween?

Halloween adalah malam pertama Hari Raya semua Orang Kudus (All Hallow's Day). Yang diselenggarakan setiap tanggal 31 Oktober. Festival Halloween berasal dari bangsa Celtic, Eropa. Dan Festival Halloween kini sudah menjamur ke seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Namun, festival Halloween di Indonesia tidak seramai di negara lain. Mungkin karena festival Halloween ini merupakan perayaan penganut kekristenan barat, makanya di Indonesia tidak begitu ramai. Perayaannya pun tidak semarak di negara luar, hanya memakai kostum seram dan juga memakai labu sebagai simbolnya.



Labu merupakan simbol dari festival Halloween. Labu yang diukir sedemikian rupa dengan ditambah lilin atau lampu di dalamnya hingga menyerupai wajah yang menyeramkan. Karakter dari labu itu dikenal dengan nama Jack-O-Lantern.

Siapa itu Jack-O-Lantern?


Jack-O-Lantern adalah petani malas tetapi cerdas. Karena kecerdasannya, dia berhasil menipu iblis sehingga ia tidak masuk ke dalam neraka, dan karena dosanya pula Jack-O-Lantern tidak bisa memasuki surga. Sehingga arwahnya berkeliaran dengan membawa lentera. Meski Halloween sendiri berasal dari bangsa Celtic, Eropa, tetapi lentera labu ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Amerika Utara, yang merupakan penghasil labu.



"Trick or Treat"


Kalimat "Trick or Treat" adalah mantera pengusir roh jahat. Namun, dalam perkembangannya kalimat itu justru dipakai oleh anak-anak miskin untuk meminta sumbangan. Mereka akan menggedor pintu-pintu rumah, setelah pintu dibuka mereka akan mengucap "Trick or Treat" maka si pemilik rumah akan membagikan permen ataupun coklat.

Selain menghiasi taman dengan Labu Jack-O-Lantern, peserta juga memakai kostum yang menyeramkan. Pemakaian kostum dan Lentera Labu juga mempunyai maksud, yaitu menakuti arwah jahat yang akan mengganggu mereka.

Di dalam festival Halloween terdapat beberapa mitos yang beredar di beberapa daerah. Inilah beberapa mitos menyeramkan dalam festival Halloween.

1. Kaca Pecah

Pecahnya sebuah cermin merupakan pertanda sial. Tidak tanggung-tanggung sial yang dialami akan berlangsung selama tujuh tahun. Wahh ngeri banget ya kan?

Betewe sebagian masyarakat kita juga meyakini bahwa cermin, gelas atau kaca pigura pecah juga menjadi sebuah pertanda buruk bagi kita atau orang terdekat kita. Kalau menurut agan sista, bagaimana?

2. Kucing Hitam

Selain pecahan kaca, kucing hitam juga dijadikan pertanda buruk loh saat malam Halloween, Gansist. Dikarenakan mereka percaya bahwa kucing hitam itu peliharaan para penyihir.

Sebagian masyarakat kita juga meyakini bahwa jika ada kucing hitam yang menghalangi jalan kita, maka kita akan terkena musibah. Kalau Gansist, percaya nggak?

3. Angka 13

Sebenernya apa sih kisah dibalik angka 13? Angka 13 dianggap sebagai angka pembawa sial. Sepertinya angka 13 merupakan momok yang sangat menakutkan bagi seluruh masyarakat dunia, baik di luar negeri maupun masyarakat kita. Agan sista ada yang bisa jawab?


Itulah beberapa mitos menyeramkan yang beredar di masyarakat. Kalau Gansist termasuk orang yang merayakan festival Halloween enggak? Kalo ane sih enggak ya? Selain Halloween adalah produk luar negeri yang merupakan ritual keagamaan yang tidak ane anut, ane juga takut hal-hal serem begitu.

Sekian trit ane kali ini, semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di trit ane selanjutnya.

Papay ....

Sumber gambar. Google
Sumber tulisan. link
Diubah oleh lintangayudy 07-10-2019 15:28
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 43 lainnya memberi reputasi
42
3.6K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.