thezahildaAvatar border
TS
thezahilda
Makanan Indonesia Terbaik yang Mendunia, Mana Favoritmu?

Negeri kita, Indonesia tercinta, memang sudah tidak diragukan lagi berbagai keberagaman suku budaya, bangsa, bahasa, adat istiadat, kesenian khas daerahnya, dan makanannya nih gan/sis. Selain terkenal sebagai negara maritim, Indonesia yang diapit oleh dua benua, dan dua samudera, juga terkenal sebagai negeri zamrud khatulistiwa.

Indonesia juga sangat layak mendapat sebutan sebagai negeri berjuta kuliner. Nah, hal ini dikarenakan ada berjuta-juta suku bangsa yang mendiami Indonesia, dan setiap suku bangsa itu telah membawa pengaruh terhadap masakan di Indonesia. Peribahasa “lain ladang lain belalang”, sepertinya pantas untuk menggambarkan keberagaman masakan yang ada di Indonesia nih gan/sis. Karena, setiap daerah memiliki cita khas sendiri dalam meracik bumbu rempah-rempahnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa makanan Indonesia terbaik yang sudah dikenal luas oleh dunia. 

Rendang


Sumber: Beepdo.com

Nah, siapa sih yang tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini? Rendang merupakan olahan daging yang dibuat dengan rasa pedas yang dilengkapi kelapa serta santan dalam proses masak nya yang cukup lama, dengan ditambah racikan rempah-rempah khas yang menjadikan rasanya menjadi nikmat dan digemari semua kalangan.

Makanan favorit banyak orang ini, tidak hanya disukai oleh warga Sumatera Barat saja, atau masyarakat Indonesia saja gan/sis. Tetapi, wisatawan luar bahkan sejumlah restoran Internasional telah memasukkan sate ke dalam salah satu menu andalan nya. Masakan khas Sumatera Barat yang satu ini, juga tersohor hingga seluruh penjuru dunia. 

Menurut CNN yang diadakan di Jerman, Rendang berada pada posisi pertama dalam jajaran 50 makanan terlezat di dunia loh! Wah keren banget ya! Rasanya yang khas yang berasal dari racikan bumbu rempah-rempahnya, membuat rendang digemari banyak orang.

Gudeg


Sumber : pergikuliner.com

Kalau gan/sis sering pergi berlibur ke Jogja, pasti nih sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Gudeg Jogja merupakan makanan khas Jogja yang kini, terbagi menjadi tiga varian yaitu, gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg solo. 

Makanan khas Jogja ini banyak digemari masyarakat luas. Tak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga kalangan Internasional. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan. Menariknya lagi, di wilayah Clayton Road, Melbourne, Australia, terdapat satu restoran yang menyajikan gudeg Jogja sebagai menu utamanya loh!

Gado-Gado


Sumber: bbcgoodfood.com

Makanan khas Jawa yang biasanya disebut salad versi Indonesia ini, cukup terkenal di luar negeri. Di Napoli, Italia sendiri, gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi makanan yang bersaing dengan hidangan-hidangan luar negeri lainnya, dan menyabet juara pertama. 

Selain prestasi tersebut, ternyata gado-gado juga cukup populer di Australia nih gan/sis. Bahkan, ada sejumlah restoran Indonesia yang berada di negeri Kanguru itu, menjajakan menu yang cukup laris ini. 

Sop Buntut


Sumber: fimela.com

Makanan khas Indonesia yang satu ini, juga cukup menarik. Tak hanya menarik dan unik, sop buntut juga memiliki cita rasa tinggi yang mencuri selera makan banyak kalangan. Dari kalangan menengah ke atas, hingga kalangan menengah ke bawah.

Nah, hidangan sop buntut, biasanya disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang, seledri, tomat, dan bawang goreng. Saking terkenalnya, bahkan sop buntut ini, juga pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol, dan menjadi makanan favorit para tamu di sana loh gan/sis. Keren ya!

Nasi Goreng


Sumber: dapurkobe.co.id

Siapa yang sih yang tidak suka makanan yang satu ini? Pasti gan/sis juga setuju kan kalau menu yang satu ini memang menjadi favorit semua orang. Bahkan, banyak di antara kita yang sering memasak nasi goreng dengan bumbu-bumbu dapur seadanya. Meskipun demikian, makanan yang satu ini, tak hanya dikenal oleh masyarakat kita saja, tetapi juga cukup mendunia di mancanegara loh!

Makanan yang disajikan secara sederhana, cukup dengan nasi digoreng dengan telur, daging ayam cincang, sosis, dan bumbu dapur ini, telah memikat banyak hati siapa saja, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama.

Nah, itulah 5 makanan Indonesia terbaik yang sudah dikenal luas oleh pecinta kuliner di seluruh dunia. Gimana nih gan/sis, apakah ada makanan favorit kalian di dalamnya? 

Sumber gambar utama: detikfood.com

Penulis: Prokonten

denbagoes01
nona212
tien212700
tien212700 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
6.8K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.