Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gue Setuju Penutupan Taman Nasional Komodo Untuk Menjadi Lebih Baik dan Modern

pejoeanghidoepAvatar border
TS
pejoeanghidoep
Gue Setuju Penutupan Taman Nasional Komodo Untuk Menjadi Lebih Baik dan Modern


Jika memang penutupan Taman Nasional Komodo untuk menjadi lebih baik dan canggih dalam hal melindungi populasi komodo, kenapa tidak?

Memang sih pertama kali saat menuju perubahan lebih baik itu pasti ada kendala yang dihadapi ke depannya, apalagi ini menyangkut semua lapisan masyarakat yang bertempat tinggal disana. Istilahnya, mereka itu sudah menggantungkan hidup sebagai pelaku wisata yang mempromosikan pulau komodo.


Sumber Gambar

Contoh mudahnya, bisa dilihat banyak yang berjualan cinderamata maupun oleh-oleh khas disana dan ditambah banyaknya penginapan-penginapan pemukiman yang memang sengaja diperuntukkan untuk turis lokal maupun mancanegara.

Jika ditutup selama setahun buat konservasi dan pembangunan, secara perlahan pasti pengunjung akan terus menurun dan bahkan mata pencaharian satu-satunya bakal terancam.

Usul pemindahan boleh lah, asal dikasih tempat yang sesuai dan kerjaan juga. Jangan asal main pindah saja, iya jika yang berwenang punya hati sih melihat masyarakatnya dan bukan hanya berpikir untuk menaikkan pendapatan daerah semata.


Sumber Gambar

Menurut gue, wisata eksklusif premium yang sedang direncanakan oleh pemerintah itu sudah sangat tepat, jika melihat beberapa aspek-aspek yang ada disana. Kekhawatiran akan berkurangnya populasi hewan paling langka dunia atas beberapa faktor-faktor yang secara garis besar bisa menimbulkan satu efek yang lumayan resikonya.

Kembali lagi ke sumber daya manusia yang memang peduli atau justru cuma mau mendulang keuntungan. Gue kasih tahu beberapa keuntungan, jika pemerintahan provinsi memang serius dalam ucapannya.


Quote:



Sumber Gambar

Kenapa gue bisa menuliskannya seperti itu, semua jatuh ke dalam penjualan tiket masuk per orang sebesar Rp 14 Juta Rupiah. Itu sangat besar loh untuk satu orang saja, walaupun buat jangka panjang tapi tetap lumayan juga harganya.

Jika dimanfaatkan secara benar pemasukan dalam wisata premium, bisa dipastikan akan ada banyak pekerja yang terlibat. Satu orang dikali berapa sebulan itu sudah terlalu cukup bahkan lebih untuk menjaga dan merawat kehidupan alam liar yang ada di pulau komodo.


Quote:



Sumber Gambar

Jika sudah terbangun dengan banyak fasilitas memadai, pelayanan terjamin ditambah banyaknya ahli yang terlibat. Sangat bisa dipastikan akan ada turis mancanegara maupun lokal yang penasaran dan ingin mencoba seperti apa wisata eksklusif premium yang disediakan oleh Taman Nasional Komodo.

Saat banyak yang datang untuk mencoba dan langsung puas, tanpa promosi pun mereka akan menyebarkan info dari mulut ke mulut.


Quote:



Sumber Gambar

Memang faktor satu ini lebih berat, satu tahun harus rela dipindahkan dari kampung wisata yang sudah memberikan mata pencaharian selama disana. Pemerintah provinsi harus lebih mematangkan, bagaimana mereka bisa lebih terjamin, bagaimana mereka nyaman mengenai perubahan yang akan datang dan saat beralih profesi entah apa itu yang menantinya selama setahun.

Jika masyarakat memang diberikan kesempatan untuk ikut bergabung dalam wisata ekslusif premium, entah mau jadi seorang guide atau yang lain. Otomatis mereka juga mengikuti dan bertahap akan berangsur menerima dengan lapang dada.

Kalau memang mau mengubah satu kenyamanan, harus lebih serius lagi dan jangan setengah-tengah. Gue setuju, jika Taman Nasional Komodo dirombak secara besar-besaran menjadi lebih layak dan modern. Paling terpenting poinnya, masyarakat lebih terjamin dan kehidupan mereka berangsur baik.


Quote:


ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan ceuhetty memberi reputasi
2
360
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.