gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Zainudin Amali Dobrak Tradisi 15 Tahun Menpora Berkumis
Zainudin Amali Dobrak Tradisi 15 Tahun Menpora Berkumis

CNN Indonesia

Rabu, 23/10/2019 09:42


Zainudin Amali resmi jadi Menpora RI. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki Saputra)

Jakarta, CNN Indonesia -- Zainudin Amali menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pertama dalam 15 tahun terakhir yang tidak memiliki kumis tebal. Zainudin diumumkan sebagai Menpora pada Kabinet Indonesia Maju Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (23/10).

Ada hal menarik terkait Menpora yang baru, Zainudin Amali. Salah satunya adalah tanpa kumis tebal seperti empat Menpora sebelumnya.

Tradisi para Menpora berkumis dimulai pada 2004 ketika Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjuk Adhyaksa Dault sebagai Menpora. Adyaksa menjabat mulai dari 21 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2009.

Posisi Adhyaksa digantikan Andi Alfian Mallarangeng di periode kedua masa kepemimpinan SBY sebagai presiden. Andi Mallarangeng menjadi Menpora kedua yang memiliki kumis tebal.


Menpora RI Imam Nahrawi seolah menjaga tradisi pria yang memiliki kumis. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)

Andi Mallarangeng menjadi Menpora mulai 22 Oktober 2009 sampai 7 Desember 2012 atau hanya sekitar tiga tahun.

Seolah menjadi tradisi, pengganti Andi Mallarangeng untuk menempati orang nomor satu di Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3 adalah Roy Suryo. Sosok yang lebih dikenal sebagai pakar telematika itu juga memiliki kumis, meski tidak setebal pendahulunya.

Roy Suryo hanya setahun menjabat sebagai Menpora, yakni mulai 15 Januari 2013 hingga 20 Oktober 2014. Posisinya hanya mengisi kekosongan Andi Mallarangeng yang mundur karena dibelit kasus Korupsi kompleks olahraga Hambalang Sentul, Bogor.

Posisi SBY sebagai Presiden RI ke-6 dilanjutkan Joko Widodo yang saat ini memasuki periode keduanya menjadi Presiden. Di periode pertama, Mantan Wali Kota Solo itu menunjuk politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Imam Nahrawi untuk mengemban tugas sebagai Menpora. Pria asal Bangkalan itu juga memiliki kumis.

Imam dilantik pada 27 Oktober 2014 dan mengundurkan diri pada 19 September 2019. Kemunduran diri Imam terkait statusnya yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI Pusat kepada Kemenpora tahun anggaran 2018.

Masuk di periode keduanya, Jokowi menugaskan Zainudin Amali sebagai Menpora. Selain aktif di organisasi dan politik, Zainudin yang diketahui tidak memiliki kumis seperti empat Menpora sebelumnya juga dikenal sebagai seorang pengusaha.

Dari karier politik, Zainudin pernah menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Gorontalo. Kemudian dilanjutkan di 2009-2014 mewakili Jawa Timur dan 2014-2019 dapil Madura. (TTF/har)

Sumber

15 tahun...



0
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.