Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bangb0Avatar border
TS
bangb0
Nasib Masyarakat Dibalik Rencana Wisata Ekslusif Pulau Komodo
Nasib Masyarakat Dibalik Rencana Wisata Ekslusif Pulau Komodo

WATSAPP GANSIS


Nasib Masyarakat Dibalik Rencana Wisata Ekslusif Pulau Komodo


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang memiliki lebih dari 17.500 pulau di dalamnya, baik yang bernama dan tidak bernama.

Dengan banyaknya pulau di Indonesia, menjadikan negeri ini negeri yang kaya baik flora dan fauna maupun mineral dan gas alamnya.

Akan tetapi, semua itu akan sia sia jika tidak dapat melestarikan apa yang telah di anugerahkan oleh tuhan terhadap negeri ini.

Seperti halnya berita yang tersebar baru - baru ini mengenai rencana penutupan pulau komodo.
Banyak sekali pro kontra mengenai penutupan pulau tersebut, rencananya pulau tersebut akan ditutup selama 1 tahun untuk konservasi dan pemindahan penduduk.
Setelah itu, baru akan dibuka kembali tapi dengan harga tiket yang fantastis dan ekslusif.
sumber

Pada kenyataannya, memang seharusnya hewan langka seperti komodo ini tidak hidup berdampingan dengan manusia. Mengingat akan sifat liar yang dimilikinya akan berubah menjadi jinak jika mereka hidup berdampingan dengan masyarakat yang ada disana.

Selain menjaga sifat alaminya, menjadikan pulau komodo menjadi tempat tujuan wisata ekslusif akan menambah pendapatan daerah tersebut.

Akan tetapi, rencana ini mendapat penolakan keras dari warga yang ada di pulau komodo tersebut.
Selain karena perekonomian mereka yang bergantung pada tempat pariwisata, masyarakat disana juga memiliki kepercayaan bahwa komodo disana adalah leluhur mereka.

Mereka beranggapan bahwa komodo dan masyarakat disana akan tetap hidup berdampingan, jika mereka pindah maka komodo akan ikut berpindah. Alasan itulah yang menjadikan mereka tidak mau terpisah dengan komodo yang ada disana.

Jika rencana diatas akan dilakukan, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan secara matang, baik kebaikan terhadap komodo itu sendiri maupun kehidupan masyarakat disana.
Seperti halnya jika penduduk dipindahkan, harus mendapat tempat relokasi yang sesuai dan terdapat mata pencaharian yang dapat menunjang kebutuhan hidup masyarakat disana.

Mungkin itu opini pribadi ane, mengingat hewan dan manusia adalah mahluk yang harus mendapat perlakuan yang layak sebagaimana mestinya.

TERIMAKASIH
Diubah oleh bangb0 22-10-2019 02:04
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan ceuhetty memberi reputasi
2
362
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.