alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
324
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5daa99f8c8393a5de21455c9/nikah-jaman-now-berbudget-low
Siapa bilang menikah itu butuh banyak biaya? Dalam kepercayaan saya yang terpenting menikah itu adalah: ijab qobul, wali dan saksi serta mahar. Kebutuhan yang lain hanyalah pemanis belaka.
Lapor Hansip
19-10-2019 12:07

Nikah Jaman Now Berbudget Low

Past Hot Thread
Nikah Jaman Now Berbudget Low
Picture: sumber


Siapa bilang menikah itu butuh banyak biaya? Dalam kepercayaan saya yang terpenting menikah itu adalah: ijab qobul, wali dan saksi serta mahar. Kebutuhan yang lain hanyalah pemanis belaka.

Kadang saya suka berdecak wow ketika melihat beberapa pasangan memilih menikah dengan budget yang gila-gilaan. Terlebih para selebritas papan atas semacam Raffi Ahmad. Mengingat pernikahan saya dan pasangan lima tahun lalu hanya berbudget 10 jutaan, itupun tertutup dengan hasil pundi-pundi amplop dari para tamu. emoticon-Ngakak (S)

Eman. Sayang, menurut saya agak mubazir aja buang-buang uang demi jadi raja dan ratu semalam. Terlebih jika melihat kebanyakan pernikahan para artis yang akhirnya berujung pada perceraian.

Nah, pada kesempatan berikut ini akan saya ulas tentang dua pernikahan jaman now yang low budget.

1. Nikah bermodal Rp. 5,6 juta

Nikah Jaman Now Berbudget Low


Pasangan cerdas dan hemat pertama adalah Rio dan Karin. Alih-alih mengadakan pesta pernikahan dengan mewah mereka berdua sepakat menggelar pernikahan sederhana dengan budget 5,6 juta rupiah saja.

Anggaran sebesar itu antara lain untuk pembuatan cincin nikah berbahan meteor seharga Rp. 500.000,-. Untuk seserahan menghabiskan anggaran 1,6 juta, make up 2,2 juta, pakaian Rp. 1 juta dan biaya lain-lain senilai Rp. 300.000,-.

Rio bertutur sejak merencanakan menikah sudah membuat sendiri planing pernikahan sederhana supaya bisa ditiru para calon pengantin yang lain. Bahkan, usut punya usut Rio yang gemar mengoleksi batu meteorit ini membuat undangan sendiri dan tak menggunakan konsep prewedding.

Baginya hal-hal tak penting yang menghabiskan anggaran dana bisa dihapus dari daftar.

Hmmm, bisa dibilang irit ya Gan Sis? Apalagi kalau biaya make up nya dihapus atau diganti make up sendiri pasti tambah irit.

2. Nikah modal Rp. 250.000
Nikah Jaman Now Berbudget Low


Kedua pasangan super cermat (cerdas dan hemat) berikutnya adalah Abdurrohim dan Sakilah. Sejoli ini telah melangsungkan sebuah pernikahan di sebuah mushola. Semua prosesi pernikahan berjalan dengan penuh khidmat.

Tak perlu pakai setelan jas sewaan yang bisa jadi berharga jutaan, sang mempelai pria Abdurrohim (pegawai Linmas di Desa Benda) malah mengenakan seragam Linmas. Sementara sang mempelai wanita memakai gamis sederhana dengan jilbab hitam.

Uniknya untuk hidangan jamuan sangat sederhana dan pasti menyegarkan, yakni berupa cendol lho GanSis. Meski cuma cendol namun para tamu undangan mengaku senang bisa menghadiri pernikahan super sederhana ini. Hmmm, bisa mengajarkan nikah sederhana buat yang belum nikah nih ya Gan Sis?


Nah, bisa jadi pertimbangan buat Agan Sista yang mau melangsungkan pernikahan namun terkendala modal.
Tentunya bisa jadi bahan pertimbangan juga buat para Sista segera mungkin mutusin pacar yang cuma bisa janji nikahin doang. emoticon-Ngakak


Jadi buat Agan yang kebelet nikah udah gak ada alasan gak punya modal. emoticon-Kimpoi

Karena nyatanya: nikah itu emang gak butuh banyak modal. Toh percuma juga menyelenggarakan pernikahan mewah tapi di akhir acara bingung karena harus bayar hutang. Apalagi kalau ditagih pas resepsi sama dept colector. Bisa malu pakai bumbu kebangetan.

Quote:Simak thread Ulah Lucu Para Penagih Hutang.


Jadi, daripada lama-lama pacaran. Segera menikah gih, gak punya mahar cukup pinang sang pacar dengan Bismillah. Meskipun Menikah Tak Selamanya Indah tapi itu lebih mulia daripada pacaran yang berujung zina.
Quote:
Buat kamu yang ingin nikah tapi terhalang pendanaan. Berikut kiat-kiat meminimalisir anggaran pernikahan ala saya:

1. Gak perlu sewa gedung ataupun EO. Cukup di rumah, masjid atau mushola. Kalau pengen pake MC pinjem suara teman karib atau saudara saja.

2. Souvenir gak harus mahal. Gak ada pun gak masalah. Kalaupun mau pakai souvenir bisa bikin sendiri aneka hiasan meja atau bros berbudget minim.

3. Baju pengantin gak usah sewa, kenakan baju pinjaman atau bikin baju pengantin sendiri. Lumayan bisa digunakan untuk seterusnya.

4. Acara resepsi gak perlu diadakan untuk menekan anggaran. Cukup syukuran sederhana dan makan-makan bersama keluarga besar. Kalaupun mau ada resepsi cukup dengan hidangan sederhana tak perlu menggunakan jasa katering.

5. Gak perlu sewa jasa tukang rias atau make up artist. Sekarang khan udah banyak tutorial make up pernikahan di youtube dan ig jadi gak usah repot keliarin uang banyak untuk keperluan satu ini. Cukup beli satu set lengkap peralatan make up, udah bisa dipake seterusnya.


Kesimpulan thread kali ini:
kehidupan berumah tangga memang diawali dengan adanya pernikahan. Sehingga tak jarang pasangan ingin membuat pernikahan berkesan dengan budget luar biasa. Mengingat bahwasanya pasca pernikahan masih ada banyak kebutuhan finansial, jadi tak ada salahnya mengirit anggaran pernikahan.

Tak harus jadi raja dan ratu sehari karena pasca menikah kita bisa menjadi presiden dan wakil presiden di rumah sendiri. Jadi daripada membuang uang untuk hal-hal tak penting, uang bisa ditabung untuk membuat rumah atau bikin usaha bersama pasangan.

Sekian thread saya kali ini semoga bisa menginspirasi Agan Sista yang mau nikah dengan low budget.


Diubah oleh l13ska
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caesarico dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 17
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 16:06
emg yg bener harusnya begini. . . biar uangnya bisa dipake buat masa depan emoticon-2 Jempol
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 16:08
Quote:Original Posted By luluvi
Dulu wkt mau nikah..calon suami gw(slrg dah jd suami) sempet minta nikah nua diundur bbrpa bulan krn buat nutupin kekurangan biaya...tp ortu gw ga mai ditunda lg(krn om2 gw yg berlayar cm bs dtg pas bulan itu) ortu gw yg nanggung kekurangannya


Iya, gapapa menurut saya mau acara sederhana dan simpel atau yg mewah2an, asalkan ga ngerepotin orang lain. Kalau mau berhutang ya saya juga ga akan mengecam, asalkan udah dipikirin matang2 risiko nya dan bayar utang nya juga ga ngerepotin orang lain emoticon-Big Grin
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 16:09
ini sih pendapat pribadi ane yakkk haha

perempuan ga boleh disembarangin, apalagi pake mahar murah..

kecuali keduanya emang mau sih gpp.

tapi kalo cukup atau bahkan mampu, jangan pelit2 juga buat calon pasangan seumur hidup.

emoticon-Wowcantik
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Nikah Jaman Now Berbudget Low
Lapor Hansip
21-10-2019 16:10
Balasan post l13ska
"Tapi ada sebagian yang gtuh,...heheheh
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Nikah Jaman Now Berbudget Low
Lapor Hansip
21-10-2019 16:23
Balasan post steffanizhitta
adik udah nikah belum?
0 0
0
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 16:27
Quote:Original Posted By amrulseven
Mokondo itu apa bre


Modal komuk doang bre.
0 0
0
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 16:34


Quote:Original Posted By orgasmax
adik udah nikah belum?


Pengen si nikah emoticon-Betty blm ada calonnya emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka kasian ya kak emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
s.i.n.y.o dan l13ska memberi reputasi
2 0
2
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 16:35


Quote:Original Posted By amrulseven
Mokondo itu apa bre


Mokondo = MOdal KONt** DOang

Itu singkatannya emoticon-Wakaka
profile-picture
s.i.n.y.o memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Nikah Jaman Now Berbudget Low
Lapor Hansip
21-10-2019 16:42
Balasan post uth11
sista ini betul sekali...

Buat Wanita : Nikah yang paling besar barokahnya adalah nikah yang murah maharnya.

Namun jangan disalahgunakan masbro...ingat

Bagi Pria : Muliakanlah wanitaMu. Eitss jangan salah Nabi aja ngasih mahar 20 unta....wkwwkwkwk hari gini berapa harga unta..nah kali aja 20 biji ( asumsi harga unta muda = 15 juta....maka 15 juta dikali 20 = 300 juta ) tuh khan hari gini juga rasanya cukup dimuliakan sih untuk level menengah mah...

Maksudnya jangan karena ingin menghalalkan hubungan lantas pake cara cepat dan murah....padahal mampu memberikan lebih.
0 0
0
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:00
Kalau mampu ya silahkan, yang kurang mampu sesuai kemampuan emoticon-Smilie
0 0
0
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:10
Gengsi lah gan. Apa kata tetangga??
Apa kata sodara sodara yang lain??
Apa kata temen temen kantor???
emoticon-Ngacir
0 0
0
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:14
Untung udah nikah hhee
Diubah oleh apgarment
0 0
0
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:15
Quote:Original Posted By anti.suap
Gengsi lah gan. Apa kata tetangga??
Apa kata sodara sodara yang lain??
Apa kata temen temen kantor???
emoticon-Ngacir


Nikah tuh gampang yg mahal gengsinya
0 0
0
Nikah Jaman Now Berbudget Low
Lapor Hansip
21-10-2019 17:16
Balasan post steffanizhitta
ya. yang penting niat mencari ridhoNya dan bukan cari pujian manusia.

Alchamdu lillaah sih menurut tokoh agama dan masyarakat setempat katanya pernikahahan ane yang benar dari sekian banyak yang sudah menikah sebelum ane di wilayah itu. artinya tidak mengutamakan adat-istiadat dan tidak ada dangdutan gitu deh. back song biasa aja. jadi bebas kemaksiatan lah.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
steffanizhitta memberi reputasi
1 0
1
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:18


Quote:Original Posted By apgarment
Nikah tuh gampang yg mahal gengsinya


Ya. Gengsi itu mahal.
Sama kaya beli rumah. Knapa nggak beli rumah di gang sempit aja. Knapa harus di perumahan elit?
Knapa beli mobil harus fortuner, knapa nggak calya aja? Kan fungsi nya sama.

Gengsi itu yang membuat manusia lebih tekun cari duit dibanding orang yg tidak gengsian.
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:18
Quote:Original Posted By steffanizhitta
Pengen si nikah emoticon-Betty blm ada calonnya emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka kasian ya kak emoticon-Cape deeehh


Wkwkkw sedih banget
profile-picture
profile-picture
steffanizhitta dan l13ska memberi reputasi
2 0
2
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:22
Quote:Original Posted By anti.suap
Ya. Gengsi itu mahal.
Sama kaya beli rumah. Knapa nggak beli rumah di gang sempit aja. Knapa harus di perumahan elit?
Knapa beli mobil harus fortuner, knapa nggak calya aja? Kan fungsi nya sama.

Gengsi itu yang membuat manusia lebih tekun cari duit dibanding orang yg tidak gengsian.


Kalo beli kaya gitu ya itu tergantung kemampuan dan kegunaan... Karena agama ane mengajarkan hidup yg cukup bukan berlebihan.... Bukan berarti ga mampu beli mobil dan rumah yg mahal kalo malah membuat orang menjadi riya (pamer)
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:34
Quote:Original Posted By margopati2
niatkan Ibadah


emoticon-Sundul
profile-picture
profile-picture
steffanizhitta dan apgarment memberi reputasi
2 0
2
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:34
Quote:Original Posted By apgarment
Kalo beli kaya gitu ya itu tergantung kemampuan dan kegunaan... Karena agama ane mengajarkan hidup yg cukup bukan berlebihan.... Bukan berarti ga mampu beli mobil dan rumah yg mahal kalo malah membuat orang menjadi riya (pamer)


emoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
steffanizhitta dan apgarment memberi reputasi
2 0
2
Nikah Jaman Now Berbudget Low
21-10-2019 17:35
sultan ya bebas gan. mau ga pake modal jg bsa. hahahah
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Halaman 9 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.