• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berdamai Dengan Roh Jahat Hingga Benda Sekitar Kita Jadi Mitos di Malam Halloween👻

ginanisa7Avatar border
TS
ginanisa7
Berdamai Dengan Roh Jahat Hingga Benda Sekitar Kita Jadi Mitos di Malam Halloween👻


Beda negara beda kebudayaan. Hal itu ter-representasikan melalui perayaan baik menurut agama, negara, maupun tradisi. Perayaan bukan sekedar perayaan yang bisa dirayakan dengan begitu saja. Tetapi, mengandung sejarah dan makna bagi orang-orang yang meyakininya. Perayaan bisa merupakan momen yang membahagiakan, suci, sakral, nasionalisme, mistis, bahkan horor. Perayaan merupakan momen yang secara berkala dilakukan. Perayaan yang membahagiakan tentunya sering kita lalui ya GanSist. Tapi, apakah perayaan horor pernah kita rayakan? Memang, apa saja sih perayaan horor yang ada di dunia?


Sumber Gambar

Yups betul banget, Halloween!
Halloween, diperingati pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Festival ini dirayakan di berbagai belahan dunia, terutama Amerika Serikat. Tradisi Halloween dirayakan orang-orang, terutama anak-anak dengan menggunakan pakaian atau kostum menyeramkan.

Sumber Gambar

Lalu bagaimana awal mula perayaan Halloween diadakan? Dan apa sih arti dari perayaan ini?

Halloween adalah sebuah festival yang berasal dari bangsa Celtic atau Kelt yaitu nenek moyang bangsa Eropa. Festival ini diawali dari festival Samhain dari bahasa Irlandia kuno. Samhain yang berarti akhir musim panas. Bangsa Kelt mempercayai jika pada tanggal 31 Oktober merupakan waktu di mana pembatas antara orang mati dan hidup terbuka. Dalam keyakinan mereka, pada tanggal ini orang-orang yang sudah mati akan turun ke bumi untuk membawa penyakit dan merusak tanaman yang akan mereka panen. Agar terhindar dari gangguan tersebut, bangsa Kelt kemudian menggunakan kostum menyeramkan untuk berpura-pura menjadi arwah jahat dan berupaya berdamai dengan para roh yang datang. Jadi, roh jahat menganggap manusia bangsa mereka juga karena penampilan yang mirip.

Salah satu simbol dari Halloween adalah orang-orangan sawah dan labu yang dibentuk menyerupai wajah yang menyeramkan atau yang biasa disebut dengan Jack O’ Lantern. Budaya ini berasal dari Amerika Utara yang memang merupakan area penghasil labu. Menurut legenda, Jack O’ Lantern adalah seorang petani malas yang cerdas. Dia berhasil menipu iblis agar tidak dimasukkan ke dalam neraka tapi juga tidak diizinkan masuk ke surga karena dosanya. Akhirnya, arwah Jack berkeliaran dengan membawa sebuah lentera sehingga disebut dengan Jack O’ Lantern atau Jack of the Lantern.

Tradisi lain dari Halloween adalah trick or treat. Di mana anak-anak menggunakan kostum menyeramkan dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga untuk meminta permen atau coklat sambil berkata 'trick or treat'. Kalimat ini awalnya digunakan sebagai mantra yang dipercaya dapat menenangkan roh jahat. Tapi kemudian mulai digunakan anak-anak saat mencari permen di malam Halloween. Dahulu, hanya anak-anak yang kurang mampu yang menggunakan kalimat ‘trick or treat’ untuk mendapatkan permen. Tapi, sekarang trick or treat adalah budaya untuk semua kalangan.

Halloween adalah representasi sejarah yang kaya akan budaya. Tak seperti yang orang kira, perayaan ini bukanlah perayaan iblis atau setan. Halloween adalah perpaduan dari perayaan yang menandai berakhirnya musim tanam dan menyambut kedatangan musim dingin sebagai tradisi rakyat. Karena orang Eropa suka berkelana, budaya ini perlahan tersebar hingga benua lain, seperti Amerika dan Australia yang kini bahkan seluruh dunia pun ikut merayakan euforia Halloween.

Spoiler for :


Mitos Halloween melibatkan makhluk dan benda yang sering kita temui di sekitar lho. Seperti laba-laba, kelelawar, kucing hitam, dan bel. Pasti tak asing kan dengan hal tersebut. Tapi, bukan berarti itu sesuai mitos Halloween ya. Mitos akan menjadi nyata ketika dipercaya. Budaya kita jauh banget sama mitos tersebut. Jadi, tenang aja GanSistemoticon-2 Jempol

Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween. Perayaan yang menyenangkan bagi anak-anak karena mereka dapat dengan bebas makan permen dan coklat. Menyenangkan mungkin walau menyeramkan😁 Tapi sebagai seorang muslim, kita cukup mengetahuinya saja tanpa perlu merayakan. Meskipun tidak ada unsur spiritualnya, tapi ada beberapa unsur yang bertentangan dengan agama kita. Jadi, cukup tahu aja ya GanSistemoticon-2 Jempol
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 9 lainnya memberi reputasi
10
712
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.