News
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da98d4bfacb950feb47c273/pengakuan-mahasiswa-ditawari-uang-hingga-diancam-agar-tak-gelar-aksi
JAKARTA,KOMPAS.com - Mahasiswa dari berbagai universitas terus menggelar aksi unjuk rasa meminta Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk Undang-Undang terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah disahkan. Terbaru, para mahasiswa menggelar aksi di sekitar Istana Merdeka, Kamis (17/10/2019). Mereka yang mengatasnamakan Badan Eksekutif M
Lapor Hansip
18-10-2019 17:00

Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...

JAKARTA,KOMPAS.com - Mahasiswa dari berbagai universitas terus menggelar aksi unjuk rasa meminta Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk Undang-Undang terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah disahkan.

Terbaru, para mahasiswa menggelar aksi di sekitar Istana Merdeka, Kamis (17/10/2019).

Mereka yang mengatasnamakan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) se Jabodetabek-Banten menggelar unjuk rasa tepat diberlakukannya UU KPK 30 hari sejak disahkan dalam Rapat Paripurna DPR, 17 September 2019.

Selama masa revisi hingga pengesahannya, UU KPK tersebut menjadi kontroversial karena dinilai berpeluang melemahkan lembaga antirasuah tersebut.

Isu diberi uang agar tak demo

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Abdul Basit mengaku kalau aksi unjuk rasa mahasiswa terkait Perppu KPK sempat mendapatkan larangan.

Bahkan dia dan seluruh ketua BEM dari universitas lain sempat ditawari sejumlah uang agar tak turun ke jalan.

Baca juga: Klaim Mahasiswa, Ada Polisi Sambangi Rumah Ketua BEM sebelum Aksi Hari Ini

"Kalau untuk itu (ditawari uang) banyak banget mas, terkait dengan menjanjikan sesuatu lah untuk kita tidak aksi. Banyak banget," kata Abdul Basit saat menggelar unjuk rasa di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019), kemarin.

Abdul Basit enggan mengatakan siapa yang memberikan penawaran kepadanya. Tetapi yang jelas, kata Abdul Basit, ada salah satu orang yang menghubungi bahkan mendatanginya dan ketua BEM lain untuk meminta agar tak menggelar aksi.

"(Tawaran uang) minggu-minggu ini. Ketika ada isu mulai ada aksi di tanggal 20 Oktober 2019," tutur Abdul Basit.

Larangan demo lewat edaran

Sebelum demo digelar kemarin, mahasiswa sempat mendapat larangan dari pihak kampus masing-masing melalui surat edaran.

Abdul Basit mengatakan, dalam surat tersebut tertulis mahasiswa diminta untuk tidak menggelar unjuk rasa sejak tanggal 15 sampai dengan 20 Oktober 2019, atau tepatnya saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2014 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Baca juga: Redam Unjuk Rasa, Mahasiswa UNJ Sempat Ditawari Bikin Seminar dengan Dana Besar

"Ada berupa tulisan berupa edaran yang mana diminta untuk tidak turun aksi unjuk rasa dari tanggal 15 sampai 20 Oktober 2019," kata Abdul Basit.

Ditawarkan buat seminar dengan dana besar

Selain dihubungi dan datangi orang tak dikenal, Abdul juga sempat sempat diiming-imingi oleh pihak kampus untuk membuat seminar dengan dana yang besar.

"Apalagi pihak kampus, menawarkan kegiatan-kegiatan seminar, yang lumayan besar juga budgetnya," kata dia.

Cara tersebut dinilai agar mahasiswa tidak menggelar unjuk rasa sampai dengan pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Tapi saya kira, tujuan itu untuk tidak aksi pada hari ini atau sampai 20 Oktober 2019," tuturnya.

Menurut Abdul Basit, upaya larangan tersebut bukan hanya terjadi pada kampus UNJ, melainkan juga terjadi pada mahasiswa di universitas lainnya.

"Kampus lain juga sama. Kami ingin menegaskan bahwa mereka banyak yang menawarkan juga, kalau bisa aksinya dialihkan di kampus," katanya.

Ada ancaman

Hal yang sama turut dialami oleh Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Syarif Hidayatullah, Sultan Rivandi.

Pascaaksi mahasiswa yang terjadi di Gedung Parlemen, Senayan, beberapa waktu lalu yang berujung kerusuhan, dia banyak didatangi orang tak dikenal.

Baca juga: Aksi Mahasiswa Tuntut Perppu KPK, Hanya 2,5 Jam dan Tak Bisa Sampai ke Depan Istana

Sultan mengaku sempat diancam hingga ditawari sejumlah uang untuk tidak menggelar unjuk rasa.

"Secara pribadi dan mungkin secara umum mahasiswa merasa upaya penggembosan itu ada. Memang nyata. Saya rasakan juga secara pribadi. Ya ancaman dan ada mungkin tawaran (uang) serta godaan," katanya.

Namun, sebagai pemimpin dari mahasiswa lainnya, Sultan mengaku secara tegas menolak tawaran tersebut.

"Saya katakan dengan tegas bahwa idealisme tidak akan pernah terbeli, mental perjuangan menegakkan kebenaran tidak pernah tergadaikan dan itulah otentifikasi mahasiswa yang sebenarnya," tegasnya.

Sultan mengaku meski sempat adanya kekhawatiran, namun rasa itu berhasil dikalahkan dengan semangat mahasiswa untuk terus ingin menegakkan keadilan.

"Namun ke kekhawatiran saya dan kami terkondisikan karena mereka yang mau terus berjuang. Pada akhirnya kekhawatiran itu ditimbun oleh semangat," katanya.

https://megapolitan.kompas.com/read/...page=all#page2


LBH : Sesuai UU, Polisi Tidak Berwenang Izin Atau Tidak Izinkan Demo

INDOPOLITIKA.COM- Aksi kepolisian yang melarang masyarakat untuk demonstrasi sampai acara pelantikan Presiden selesai diprotes Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Direktur LBH Arif Maulana (LBH) menilai, sesuai pasal 13 UU nomor 9 tahun 1998, pada dasarnya aktivitas unjuk rasa tidak perlu izin kepolisian.

“Cukup menyampaikan surat pemberitahuan tertulis kepada kepolisian. Tidak perlu mendapatkan izin,” kata Direktur LBH Arif Maulana (18/10).

BACA JUGA:

106 Rumah & 1 Sekolah Terbakar Akibat Rusuh Di Wilayah Calon Ibukota NegaraPKS Kesel Kadernya Tak Kunjung Dilantik Jadi Wagub, Usul Revisi UU Pemda6.351 Siswa Madrasah di Lampung Pecahkan Rekor Muri
Karena itu dia mendesak Kepolisian memberikan keamanan dan perlindungan kepada pendemo. Polisi harus menjamin keamanan dan kelancaran aksi. Sehingga masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya dengan baik.

“Sekaligus kami desak supaya kepolisian tidak melakukan tindakan represif kepada partisipan demonstrasi,” ujarnya.

Dia juga mendesak Presiden Jokowi memastikan jaminan kebebasan berpendapat di Indonesia. Apalagi, presiden telah menyampaikan tidak pernah menginstruksikan kepada kepolisian untuk melarang warga melakukan aksi demonstrasi.

“Presiden harus menjamin kebebasan berekspresi itu sebagai bagian dari komitmen dan janjinya menjaga demokrasi,” ujarnya. (pit)



emang dikiranua mahasiswa itu manusia hina dina seperti cebong laknat? emoticon-fuck2
Diubah oleh wolfvenom88
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamang2172 dan 9 lainnya memberi reputasi
2
Halaman 1 dari 5
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:03
aduh berarti ente pas pilpres nanti pilih wowok aja bro emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 7 lainnya memberi reputasi
4 4
0
Lihat 1 balasan
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:07
ngapain juga demo. kalian masih blm bisa masuk dlm perhitungan. masih mahasiswa
profile-picture
davidcormac memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
Lapor Hansip
18-10-2019 17:09
Balasan post sudarmadji-oye
Quote:Original Posted By sudarmadji-oye
aduh berarti ente pas pilpres nanti pilih wowok aja bro emoticon-Embarrassment


junjungan lo kebiasaan bayar2 buzzer ya buat menjilat bool nya blog?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:12
namanya hobi ndak selalu bisa diukur dengan uang mas..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:13
mau demo demo aja lah... toh masy yg menilai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:14
narasinya mirip si banci cabul yg kabur ke arab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamang2172 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:14
Mending ditawari duid sama Tante Tante.....adememoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:15
sono rasain kursi dpr selama satu periode terus lu baca lagi omongan lu pas masih mahasiswa emoticon-Leh Uga


udah jelas jelas ga baik

ibarat rumah tangga, ada tamu dari luar eh anak anaknya malah pada berantem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davidcormac dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:21
Quote:Original Posted By wolfvenom88

emang dikiranua mahasiswa itu manusia hina dina seperti cebong laknat? emoticon-fuck2


emang dikiranya mahasiswa itu manusia hina dina seperti islamist laknat? emoticon-fuck2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:25
TS kalo bukan bujer, buktiin dong ikut demo d real life???

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:30
Dikasih duit? Yg ngasih sapa? Polisi? emoticon-Big Grin

Mahasiswa demo sih demo aja. Tapi jangan samakan dengan Demo Mahasiswa 98. Kmai melawan tirani yg melibas demokrasi, lah sekarang ini mendemo UU yg bisa di gugat ke MK. Lucu ah emoticon-Wakaka
Diubah oleh azirma.ayrus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 2 balasan
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:32

H - 2

Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...




Diubah oleh mahkotax.putra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:34
berita pertama: Namanya bargaining biasa di dunia perkampusan, entah si penom pernah makan bangku kuliah apa nggak. Jangankan ditawari seminar, beasiswa overseas pun bakal betebaran kalo ente "aktivis" beneran. Ini namanya upaya persuasif, otak polisi-senat moncer soal ginian, gak kayak si penom yang taunya cuma gebukin orang alias upaya represif biar bisa dipake buat jelek-jelekin pemerintah

Berita kedua: Cuk LBH itu Lembaga Bantuan Hukum, masak gak ngerti hukum? dan tolong LBH jangan ikut berpolitik praktis, untungnya apa sih?


emoticon-Malu emoticon-Malu
venom dongok
Diubah oleh joesatriyono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:35
yg ngemeng tukang bom emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan rgenpeninsula memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:36
Quote:Original Posted By wolfvenom88


junjungan lo kebiasaan bayar2 buzzer ya buat menjilat bool nya blog?


omongan teroris bomber pun ente percaya sangkin putus asanya

emoticon-Ngakak

besok tugas jilid 1 berakhir

siapkan kuotamu buat 5 thn lagi. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaran69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
Lapor Hansip
18-10-2019 17:38
Balasan post azirma.ayrus
Quote:Original Posted By azirma.ayrus
Dikasih duit? Yg ngasih sapa? Polisi? emoticon-Big Grin

Mahasiswa demo sih demo aja. Tapi jangan samakan dengan Demo Mahasiswa 98. Kmai melawan tirani yg melibas demokrasi, lah sekarang ini mendemo UU yg bisa di gugat ke MK. Lucu ah emoticon-Wakaka


Kalo demo thn 2004 - 2014 melibas apa ya
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan venomwolf memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:41
Jgn macam kampret yang bisanya bacit doang. Siapa yg tawarkan uang??? Sini tunjukin orgnya polisikan orgnya, kan gampang.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:44
Heran deh, mau sampe kapan para pecundang itu bisa move on, padahal bos mereka udah move on...

Inget ts, apapun pilihan dipilpres kemaren, tetap satu nkri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamang2172 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...
18-10-2019 17:44
Quote:Original Posted By kacung.arap
Pengakuan Mahasiswa, Ditawari Uang hingga Diancam Agar Tak Gelar Aksi...

semoga tidak ada yang meledug...


#cuma sekedarmengingatkan.


Quote:Original Posted By unwell
namanya hobi ndak selalu bisa diukur dengan uang mas..


Saja kira itoe siroep orson
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia