AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Ternyata ini Rahasia Sukses Laskar Pelangi



Laskar Pelangi, sebuah karya fiksi berbentuk novel yang ditulis oleh Andrea Hirata, termasuk karya yang Best Seller. Sangat jarang karya fiksi bisa begitu, apalagi penulisnya masih pemula dan belum pernah menulis dan mempublikasikan karya sebelumnya.

Banyak penulis lain, bahkan yang sudah senior bertanya-tanya, mengapa hal itu berlaku untuk Andrea. Bukan karena “dengki”, tapi mereka ingin mengetahui kunci rahasia suksesnya.

Yah, selain karena faktor nasib, kesuksesan Laskar Pelangi yang sekaligus melambungkan nama penulisnya di kancah sastra, juga disebabkan oleh beberapa sebab eksternal lainnya.

Menurut Asrori S. Karni dalam buku Laskar Pelangi The Phenomenon, belakangan setelah ditelaah lebih saksama, Andrea menemukan beberapa rahasia ledakan karyanya. Siapa pun yang ingin menulis buku yang secara isi bermutu dan secara pasar laku, bisa belajar pada faktor yang memicu ledakan buku Andrea.



Asrori menyimpulkan ada empat faktor pokok yang membuat buku Andrea laku keras. Apa saja, cekidot, gan!


1. Teori Momentum


Spoiler for :

Artinya, Laskar Pelangi datangnya tepat memberikan warna baru, setelah masyarakat mulai bosan dengan warna lama.


2. Faktor Situasi
Spoiler for :

Ternyata tokoh-tokoh yang dihadirkan Andrea dalam Laskar Pelangi itu, seperti Bu Muslimah dan yang lainnya, benar-benar menginspirasi pembaca dan dapat dijadikan panutan dan teladan. Bahkan tokoh Bu Muslimah banyak didatangi warga, dan wartawan di dunia nyata, sekadar untuk ngobrol dan minta pendapat, wawancara, dan sebagainya.


3. Subtansi Buku
Spoiler for :

Nah, novel laskar pelangi ini isinya sesuai dengan apa yang dicari dan dibutuhkan masyarakat pada masa itu, yakni bagaimana tetap semangat belajar dalam kondisi keterbatasan. Laskar pelangi mengajarkan semua itu.


4. Pengaruh Media
Spoiler for :

Artinya, antara publikasi dan isi harus seimbang, yakni isinya berbobot, publikasinya juga gencar.
(*****)
Itulah 4 rahasia sukses Laskar Pelangi. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kepenulisan. Terima kasih sudah berkunjung.(*)

Spoiler for Referensi:
Diubah oleh Aboeyy 15-10-2019 16:11
0
10.2K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.